pekerjaan borongan yang bisa dikerjakan dari rumah

17 Pekerjaan Borongan yang Bisa Dikerjakan di Rumah

Diposting pada 104 views

Pekerjaan Borongan yang Bisa Dikerjakan di Rumah – Ketika kebutuhan hidup semakin banyak dan kondisi keuangan yang terbatas, kita pasti membutuhkan penghasilan tambahan. Apalagi ada anak yang minta susu dan jajan, “Bapak, saya mau jajan mobil Pajero!”.

Jajannya aja mobil pajero, bapakknya perlu kerja banting tulang siang dan malam ya kan. Nah, salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan mencari pekerjaan borongan. Pekerjaan borongan identik dengan pekerjaan yang bisa dikerjakan oleh siapapun seperti membuat souvenir, membuat tas, membuat tikar dan masih banyak lagi.

Dalam artikel ini kita akan membahas lebih dalam lagi tentang apa itu pekerjaan borongan, kelebihan dan kekurangan serta jenis-jenis pekerjaan borongan yang bisa dikerjakan di rumah. Check it out!

Apa itu Pekerjaan Borongan?

Pekerjaan borongan adalah jenis pekerjaan yang dibayar berdasarkan hasil atau output, bukan berdasarkan waktu atau jam kerja.

Pekerjaan borongan biasanya dilakukan oleh pekerja lepas, kontraktor, atau konsultan yang bekerja secara mandiri atau dalam tim. Pekerjaan borongan memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan, baik bagi pekerja maupun bagi pemberi kerja.

Pekerjaan borongan ini biasanya dapat dikerjakan di rumah dengan waktu yang fleksibel, jadi bisa dikerjakan kapan saja. Tetapi, tetap ada target-targetnya.

Apakah pekerjaan borongan bisa dikerjakan di rumah?

Ini adalah pertanyaan yang sering diajukan oleh banyak orang yang ingin mencari penghasilan tambahan tanpa harus keluar rumah. Pekerjaan borongan adalah pekerjaan yang dibayar berdasarkan hasil atau jumlah produk yang dihasilkan, bukan berdasarkan waktu kerja. Biasanya, pekerjaan borongan dilakukan oleh pekerja yang bekerja di pabrik, bengkel, atau tempat produksi lainnya. Namun, dengan perkembangan teknologi dan internet, kini ada juga pekerjaan borongan yang bisa dikerjakan di rumah, seperti menulis artikel, mendesain grafis, menerjemahkan dokumen, atau membuat konten digital.

Pekerjaan borongan yang bisa dikerjakan di rumah memiliki beberapa keuntungan, antara lain:

  • Fleksibel. Anda bisa mengatur sendiri waktu dan tempat kerja Anda, sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda. Anda juga bisa menyesuaikan jumlah pekerjaan yang Anda ambil dengan kapasitas dan kemampuan Anda.
  • Hemat biaya. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi, makan siang, atau biaya lainnya yang biasanya dikeluarkan jika bekerja di luar rumah. Anda juga bisa menghemat waktu perjalanan dan menghindari kemacetan.
  • Menambah pengalaman dan keterampilan. Dengan mengerjakan pekerjaan borongan di rumah, Anda bisa belajar hal-hal baru dan meningkatkan keterampilan Anda di bidang tertentu. Anda juga bisa memperluas jaringan dan relasi Anda dengan klien atau mitra kerja dari berbagai latar belakang dan lokasi.

Pekerjaan Borongan yang Bisa Dikerjakan di Rumah

Pekerjaan borongan cocok untuk Anda yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan, fleksibel dalam mengatur waktu, dan memiliki keterampilan tertentu. Berikut adalah beberapa pekerjaan borongan yang bisa dikerjakan di rumah:

1. Membuat Kotak Packaging Produk

Jika Anda memiliki keterampilan dalam membuat kerajinan tangan, Anda bisa mencoba pekerjaan borongan ini. Anda bisa membuat kotak packaging produk untuk berbagai macam barang, seperti makanan, kosmetik, perhiasan, dan lain-lain.

Anda bisa mendapatkan bahan-bahan yang dibutuhkan dari toko kertas atau online. Anda juga bisa menyesuaikan desain kotak sesuai dengan permintaan pelanggan atau menggunakan template yang sudah tersedia. Anda bisa menawarkan jasa Anda melalui media sosial, marketplace, atau website pribadi.

2. Pengemasan Produk

Pengemasan produk adalah proses mengemas produk-produk tertentu dengan menggunakan bahan-bahan seperti plastik, kertas, karton, atau kain. Pengemasan produk bertujuan untuk melindungi produk dari kerusakan, kotoran, atau pencurian, serta untuk meningkatkan nilai jual dan daya tarik produk.

Jika Anda memiliki keterampilan dalam mengemas produk dengan rapi dan cepat, Anda bisa menjadikannya sebagai pekerjaan borongan di rumah.

Anda bisa menerima jasa pengemasan produk dari produsen-produsen yang membutuhkan bantuan untuk mengemas produk-produk mereka, seperti makanan, minuman, kosmetik, mainan, atau peralatan rumah tangga.

Harga jasa pengemasan produk bervariasi tergantung dari jenis, ukuran, dan jumlah produk yang dikemas, tetapi rata-rata berkisar antara Rp 500 hingga Rp 5.000 per buah atau per kilogram.

3. Menjual E-Book

Jika Anda memiliki bakat menulis dan minat pada topik tertentu, Anda bisa mencoba pekerjaan borongan ini. Anda bisa menulis e-book tentang apa saja, seperti novel, cerpen, buku resep, buku motivasi, buku pelajaran, dan lain-lain.

Anda bisa menggunakan aplikasi atau software yang mudah digunakan untuk membuat e-book, seperti Canva, Google Docs, atau Calibre. Anda bisa menjual e-book Anda melalui platform digital, seperti Amazon Kindle, Google Play Books, Kobo, atau website pribadi.

4. Pembuat Stick Drum

Jika Anda memiliki keterampilan dalam membuat stick drum, Anda bisa menjadikannya sebagai pekerjaan borongan di rumah. Stick drum adalah alat yang digunakan untuk memainkan drum, dan biasanya terbuat dari kayu atau bambu.

Anda bisa membuat stick drum dengan menggunakan alat-alat sederhana seperti gergaji, pisau, amplas, dan lem kayu. Anda bisa menjual stick drum yang Anda buat ke toko-toko musik, sekolah-sekolah, atau komunitas-komunitas musik.

Harga stick drum bervariasi tergantung dari kualitas dan ukurannya, tetapi rata-rata berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 50.000 per pasang.

5. Borongan Membuat batu bata

Batu bata adalah salah satu bahan bangunan yang banyak digunakan untuk membuat rumah, pagar, atau tembok. Anda bisa membuat batu bata sendiri di rumah dengan menggunakan tanah liat, pasir, air, dan cetakan.

Proses pembuatan batu bata meliputi mencampur bahan-bahan, memasukkan adonan ke dalam cetakan, mengeringkan batu bata di bawah sinar matahari, dan membakar batu bata di tungku. Anda bisa menjual batu bata yang sudah jadi ke toko bangunan atau konsumen langsung.

6. Borongan Membuat paving

Paving adalah lapisan permukaan jalan atau trotoar yang terbuat dari beton atau aspal. Anda bisa membuat paving di rumah dengan menggunakan semen, pasir, kerikil, air, dan cetakan.

Proses pembuatan paving meliputi mencampur bahan-bahan, memasukkan adonan ke dalam cetakan, mengeringkan paving di bawah sinar matahari, dan menumpuk paving yang sudah jadi.

Anda bisa menjual paving yang sudah jadi ke pemerintah, perusahaan, atau konsumen langsung.

7. Borongan Membuat tas selempang

Tas selempang adalah tas yang digunakan untuk membawa barang-barang kecil seperti dompet, handphone, atau buku. Anda bisa membuat tas selempang di rumah dengan menggunakan kain, benang, jarum, mesin jahit, dan aksesori.

Proses pembuatan tas selempang meliputi memotong kain sesuai pola, menjahit kain menjadi bentuk tas, menambahkan resleting atau kancing, menempelkan tali atau rantai, dan menghias tas dengan bordir atau manik-manik. Anda bisa menjual tas selempang yang sudah jadi ke toko aksesoris atau konsumen langsung.

8. Ghost writer

Ghost writer adalah orang yang menulis buku, artikel, cerita, atau konten lainnya atas nama orang lain. Anda bisa menjadi ghost writer di rumah dengan menggunakan komputer, internet, dan kemampuan menulis.

Proses menjadi ghost writer meliputi menerima pesanan dari klien, melakukan riset tentang topik yang diminta, menulis sesuai dengan gaya dan tujuan klien, mengirimkan hasil tulisan ke klien, dan menerima bayaran sesuai dengan kesepakatan. Anda bisa mencari klien dari situs-situs freelance atau rekomendasi dari orang lain.

9. Membuat kerajinan plastik

Kerajinan plastik adalah produk-produk yang dibuat dari bahan plastik bekas seperti botol, gelas, sendok, atau sedotan. Anda bisa membuat kerajinan plastik di rumah dengan menggunakan gunting, lem tembak, cat, dan imajinasi.

Proses membuat kerajinan plastik meliputi membersihkan plastik bekas dari kotoran atau label, memotong plastik menjadi bentuk-bentuk yang diinginkan, menyambungkan plastik dengan lem tembak, mewarnai plastik dengan cat sesuai selera, dan memberikan sentuhan akhir seperti glitter atau stiker. Anda bisa menjual kerajinan plastik yang sudah jadi ke toko souvenir atau konsumen langsung.

10. Penjahit Borongan

Penjahit borongan adalah orang yang menerima jasa menjahit pakaian atau barang-barang lainnya dengan harga per potong atau per kilogram.

Jika Anda memiliki mesin jahit dan keterampilan dalam menjahit, Anda bisa menjadikannya sebagai pekerjaan borongan di rumah. Anda bisa menerima pesanan menjahit dari orang-orang yang ingin membuat pakaian baru atau memperbaiki pakaian lama, atau dari produsen-produsen pakaian yang membutuhkan jasa penjahit untuk menyelesaikan produksinya.

Harga jasa penjahit bervariasi tergantung dari jenis, bahan, dan model pakaian atau barang yang dijahit, tetapi rata-rata berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 100.000 per potong atau per kilogram.

11. Jasa Desain Grafis

Jika Anda memiliki keterampilan dalam desain grafis dan menguasai software seperti Photoshop, Illustrator, atau CorelDraw, Anda bisa mencoba pekerjaan borongan ini.

Anda bisa menawarkan jasa desain grafis untuk berbagai keperluan, seperti logo, banner, poster, kartu nama, brosur, undangan, kaos, dan lain-lain.

Anda bisa menyesuaikan harga sesuai dengan tingkat kesulitan dan waktu pengerjaan. Anda bisa menawarkan jasa Anda melalui media sosial, marketplace, atau website pribadi.

12. Jasa Penulisan

Jika Anda memiliki keterampilan dalam menulis dan menguasai bahasa Indonesia atau bahasa asing dengan baik, Anda bisa mencoba pekerjaan borongan ini.

Anda bisa menawarkan jasa penulisan untuk berbagai jenis konten, seperti artikel, blog post, review produk, caption media sosial, skenario video, copywriting iklan, terjemahan teks, dan lain-lain.

Anda bisa menyesuaikan harga sesuai dengan jumlah kata dan tingkat kesulitan. Anda bisa menawarkan jasa Anda melalui media sosial, marketplace, atau website pribadi.

13. Usaha Rumahan Cuci Sepatu

Jika Anda memiliki keterampilan dan peralatan untuk membersihkan sepatu, Anda bisa membuka usaha rumahan cuci sepatu. Anda bisa menawarkan jasa Anda kepada teman, tetangga, atau orang-orang di media sosial. Anda bisa menentukan tarif sendiri, misalnya Rp 10.000 per pasang sepatu. Anda juga bisa menambahkan layanan lain, seperti pewangi, poles, atau perbaikan sepatu.

14. Jasa Penerjemah

Jika Anda menguasai lebih dari satu bahasa, Anda bisa menjadi penerjemah freelance. Anda bisa menerjemahkan berbagai jenis dokumen, seperti artikel, buku, skripsi, surat, atau subtitle film. Anda bisa mencari klien melalui situs-situs freelance, seperti Sribulancer, Projects.co.id, atau Upwork. Anda bisa menentukan tarif sendiri, misalnya Rp 50 per kata atau Rp 100.000 per halaman.

15. Borongan Melipat Amplop, Katalog, Brosur

Jika Anda memiliki ketelitian dan kesabaran, Anda bisa menerima pekerjaan borongan melipat amplop, katalog, atau brosur. Pekerjaan ini biasanya ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan yang ingin mengirimkan surat atau promosi kepada pelanggan atau calon pelanggan mereka.

Anda bisa mencari pekerjaan ini melalui iklan-iklan di koran, internet, atau media sosial. Anda biasanya akan dibayar berdasarkan jumlah amplop, katalog, atau brosur yang berhasil dilipat.

16. Borongan Laundry Kiloan

Jika Anda memiliki mesin cuci dan setrika di rumah, Anda bisa membuka usaha laundry kiloan. Anda bisa menawarkan jasa Anda kepada orang-orang di sekitar rumah Anda yang tidak punya waktu atau tenaga untuk mencuci dan menyetrika pakaian mereka sendiri. Anda bisa menentukan tarif sendiri, misalnya Rp 5.000 per kilogram atau Rp 10.000 per setelan.

17. Borongan Membuat Souvenir

Souvenir adalah barang-barang kecil yang diberikan sebagai kenang-kenangan atau tanda terima kasih kepada tamu-tamu yang datang ke acara-acara tertentu, seperti pernikahan, ulang tahun, wisuda, dan lain-lain. Souvenir bisa berupa apa saja, mulai dari gantungan kunci, gelas, bantal, boneka, hingga tanaman hias.

Jika Anda memiliki kreativitas dan keterampilan dalam membuat souvenir, Anda bisa menjadikannya sebagai pekerjaan borongan di rumah. Anda bisa menawarkan jasa pembuatan souvenir ke orang-orang yang sedang mengadakan acara, atau membuka toko online untuk menjual souvenir yang Anda buat. Harga souvenir bervariasi tergantung dari jenis, bahan, dan desainnya, tetapi rata-rata berkisar antara Rp 5.000 hingga Rp 50.000 per buah.

Dimana Mencari Pekerjaan Borongan Yang Bisa Dikerjakan di Rumah?

Pekerjaan borongan adalah pekerjaan yang dibayar berdasarkan hasil atau output, bukan berdasarkan waktu atau jam kerja. Pekerjaan borongan biasanya cocok untuk pekerjaan yang bersifat proyek, seperti konstruksi, desain, penerjemahan, penulisan, dan sebagainya. Pekerjaan borongan juga memberikan fleksibilitas dan kebebasan bagi pekerja, karena mereka bisa menentukan sendiri jadwal, tempat, dan cara kerjanya.

Namun, dimana mencari pekerjaan borongan yang sesuai dengan keahlian dan minat kita? Berikut adalah beberapa sumber yang bisa kita manfaatkan untuk mencari pekerjaan borongan:

1. Situs web lowongan kerja

Banyak situs web lowongan kerja yang menyediakan kategori pekerjaan borongan atau freelance, seperti Jobstreet, JobsDB, Karir.com, Glints, dan sebagainya. Kita bisa mencari pekerjaan borongan yang sesuai dengan bidang, lokasi, gaji, dan syarat yang kita inginkan. Kita juga bisa mengunggah CV dan portofolio kita di situs web tersebut untuk menarik perhatian pemberi kerja.

2. Platform pekerjaan online

Ada juga platform khusus yang menyediakan pekerjaan borongan secara online, seperti Sribulancer, Projects.co.id, Fastwork, Workana, Freelancer.com, Upwork, Fiverr, dan sebagainya. Di platform ini, kita bisa menawarkan jasa kita sebagai pekerja borongan kepada klien dari berbagai negara dan bidang. Kita juga bisa melihat rating dan ulasan dari klien sebelumnya untuk menilai kredibilitas dan kualitas pekerjaan kita.

3. Media sosial

Media sosial juga bisa menjadi sumber untuk mencari pekerjaan borongan, terutama jika kita memiliki akun yang aktif dan menarik. Kita bisa mempromosikan jasa kita sebagai pekerja borongan di media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, LinkedIn, YouTube, dan sebagainya. Kita juga bisa bergabung dengan komunitas atau grup yang terkait dengan bidang pekerjaan kita untuk mencari informasi atau referensi tentang pekerjaan borongan.

4. Jaringan profesional

Selain media online, kita juga bisa memanfaatkan jaringan profesional kita secara offline untuk mencari pekerjaan borongan. Kita bisa menghubungi mantan kolega, teman kuliah, relasi bisnis, atau orang-orang yang berpengaruh di bidang pekerjaan kita untuk menanyakan tentang peluang pekerjaan borongan yang tersedia. Kita juga bisa menghadiri acara-acara networking seperti seminar, workshop, pameran, atau kompetisi yang berkaitan dengan bidang pekerjaan kita untuk memperluas jaringan profesional kita.

Demikian beberapa sumber yang bisa kita gunakan untuk mencari pekerjaan borongan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Kelebihan dan Kekurangan Pekerjaan Borongan bagi Pekerja

Kelebihan pekerjaan borongan bagi pekerja adalah:

  • Fleksibilitas waktu dan tempat kerja. Pekerja borongan dapat menentukan sendiri kapan dan di mana mereka ingin bekerja, selama dapat menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan batas waktu dan standar kualitas yang ditetapkan.
  • Kebebasan dalam menentukan tarif dan cara kerja. Pekerja borongan dapat menawarkan harga yang sesuai dengan kemampuan dan pengalaman mereka, serta dapat memilih metode dan alat kerja yang mereka anggap paling efektif dan efisien.
  • Peluang untuk meningkatkan keterampilan dan pengalaman. Pekerja borongan dapat mengambil berbagai macam proyek yang sesuai dengan minat dan bidang keahlian mereka, sehingga dapat memperluas wawasan dan jaringan profesional mereka.

Kelemahan pekerjaan borongan bagi pekerja adalah:

  • Tidak ada jaminan pendapatan tetap dan tunjangan. Pekerja borongan tidak mendapatkan gaji bulanan, bonus, cuti, asuransi, pensiun, dan tunjangan lainnya yang biasa diberikan kepada pekerja tetap. Pendapatan pekerja borongan bergantung pada jumlah dan jenis proyek yang mereka ambil, serta kemampuan mereka dalam bernegosiasi dengan pemberi kerja.
  • Tidak ada perlindungan hukum dan sosial. Pekerja borongan tidak memiliki kontrak kerja yang mengikat secara hukum, sehingga lebih rentan terhadap penipuan, pemutusan hubungan kerja secara sepihak, atau perselisihan dengan pemberi kerja. Pekerja borongan juga tidak memiliki organisasi atau serikat pekerja yang dapat membela hak-hak mereka.
  • Tanggung jawab yang lebih besar. Pekerja borongan harus bertanggung jawab penuh atas pekerjaan yang mereka lakukan, termasuk mengurus perizinan, perpajakan, administrasi, manajemen proyek, dan penyelesaian masalah yang mungkin timbul. Pekerja borongan juga harus siap menghadapi risiko seperti keterlambatan pembayaran, perubahan permintaan, atau kegagalan proyek.

Kelebihan dan Kekurangan Pekerjaan Borongan Bagi Pemberi Kerja

Kelebihan pekerjaan borongan bagi pemberi kerja adalah:

  • Hemat biaya dan waktu. Pemberi kerja dapat menghemat biaya operasional, seperti gaji, tunjangan, fasilitas, peralatan, dan pajak yang harus dibayarkan kepada pekerja tetap. Pemberi kerja juga dapat menghemat waktu dalam merekrut, melatih, dan mengawasi pekerja.
  • Fleksibilitas dalam memilih dan mengganti pekerja. Pemberi kerja dapat memilih pekerja borongan yang paling sesuai dengan kebutuhan dan anggaran proyek mereka, serta dapat mengganti pekerja jika hasilnya tidak memuaskan atau jika ada perubahan rencana.
  • Akses ke sumber daya yang lebih luas dan berkualitas. Pemberi kerja dapat mendapatkan pekerja borongan yang memiliki keterampilan, pengalaman, dan spesialisasi yang lebih beragam dan tinggi daripada pekerja tetap. Pemberi kerja juga dapat memanfaatkan jaringan profesional dan reputasi pekerja borongan untuk meningkatkan kredibilitas dan visibilitas proyek mereka.

Kelemahan pekerjaan borongan bagi pemberi kerja adalah:

  • Kurangnya kontrol dan koordinasi. Pemberi kerja tidak dapat mengontrol sepenuhnya proses dan hasil pekerjaan borongan, karena pekerja borongan bekerja secara mandiri atau dalam tim sendiri. Pemberi kerja juga harus berkomunikasi dengan banyak pekerja borongan yang mungkin memiliki gaya dan preferensi kerja yang berbeda-beda.
  • Kurangnya loyalitas dan komitmen. Pekerja borongan tidak memiliki ikatan emosional atau kesetiaan yang kuat terhadap pemberi kerja, karena mereka bekerja untuk banyak klien yang berbeda. Pekerja borongan juga dapat meninggalkan proyek di tengah jalan jika mereka mendapatkan tawaran yang lebih menarik atau mengalami konflik dengan pemberi kerja.
  • Risiko kualitas dan keamanan. Pemberi kerja harus memastikan bahwa pekerja borongan memiliki kualifikasi, sertifikat, lisensi, dan asuransi yang sesuai dengan standar industri dan peraturan pemerintah. Pemberi kerja juga harus melindungi hak cipta, rahasia dagang, dan data sensitif yang terkait dengan proyek mereka dari kemungkinan kebocoran atau penyalahgunaan oleh pekerja borongan.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa ide pekerjaan borongan yang bisa dikerjakan di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat dan menginspirasi Anda untuk mencoba salah satu atau beberapa pekerjaan borongan tersebut. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Baca juga:

Gambar Gravatar
Seorang praktisi Pemasaran, SEO dan Digital Marketing. Suka dengan kata dan cinta dengan karya. Turut memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui beragam artikel pendidikan di kitapunya.net.