telemarketing officer

Telemarketing Officer: Tugas, Tanggung Jawab, Keahlian dan Gajinya

Diposting pada 39 views

Pengertian Telemarketing – Dalam dunia pemasaran saat ini begitu luas, apalagi kalau pemasaran tersebut berkaitan dengan dunia digital atau online. Begitu luasnya dunia pemasaran, terdapat salah satu pada bidang pemasaran dan termasuk pada bidang digital marketing yang semua orang tau dan sering digunakan yaitu telemarketing.

Telemarketing merupakan strategi marketing dengan cara kerja berupa menawarkan produk atau jasa kepada pelanggannya melalui telepon. Telemarketing memiliki arti gabungan dari dua kata yakni tele yang berarti jauh dan marketing berarti pemasaran.

Apabila diartikan secara menyuluruh, telemarketing merupakan aktivitas dalam memasarkan sebuah produk atau jasa lewat saluran komunikasi jarak jauh. Biasanya seseorang yang melakukan strategi ini disebut dengan telemarketer. Telemarketer tentu saja mempunyai tugas dan tanggung jawabnya dalam melakukan strategi ini.

Pada prinsipnya, telemarketing merupakan salah satu upaya marketing yang dinilai masih efektif selain menggunakan iklan pada media umum. Strategi marketing dengan menggunakan telemarketing ini sering dimanfaatkan oleh beberapa perusahaan besar untuk menawarkan atau mensosialisasikan produk atau jasanya.

Banyak sekali di Indonesia ahli pemasaran menganggap bahwa penawaran dengan cara telemarketing ini cenderung lebih mudah untuk diterima calon pelanggan karena konsep yang berbicara langsung pada calon pelanggan.

Tugas dan Tanggung Jawab Telemarketing

Setelah kita mengetahui pengertian dan penjelasan dari telemarketing. Telemarketing officer tentu saja mempunyai tugas dan tanggung jawab dalam melakukan strateginya.

Tugas utama dari seorang telemarketing atau BDA adalah melakukan penjualan lewat telepon produk layanan. Berikut akan kami jelaskan secara lengkap tugas dan tanggung jawab seorang telemarketing.

1. Berkomunikasi dengan pelanggan

Fokus utama seorang telemarketing adalah berkomunikasi dengan pelanggan. Komunikasi yang dimaksud ini adalah mulai dari menerima pesanan, menjawab pertanyaan dari pelanggan. mengatasi keluhan dari pelanggan dan memberikan saran kepada pelanggan.

Melakukan follow up menjadi tugas seorang telemarketing yang harus dilakukan dengan maksimal. Memastikan kembali kepada pelanggan terkait keinginannya seperti apa untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang sudah kamu tawarkan.

2. Melakukan penjualan dan menerima order

Tujuan berkomunikasi melalui telepon juga berguna untuk hal ini yang dimana ketika ada pelanggan menghubungi kamu, kamu bisa menjawab terkait produk atau jasa yang ditawarkan untuk pelanggan. Seorang telemarketing juga dapat melakukan penjualan sekaligus menerima order atau permintaan yang sedang diajukan pelanggan.

3. Mengumpulkan informasi berhubungan dengan produk dan jasa

Telemarketing juga harus mengumpulkan banyak informasi yang berhubungan dengan produk atau jasa yang akan ditawarkan pada pelanggan lewat telepon sehingga siap menghadapi setiap pertanyaan yang diajukan pelanggan. Ini bertujuan agar konsumen semakin mengerti tentang kegunaan atau fungsi dari barang dan jasa tersebut dan akhirnya tertarik untuk membeli.

Pelanggan tentu saja akan memberikan kritik atau saran yang akan disampaikan terkait produk. Telemarketing berperan penting dalam hal ini untuk menerimanya dengan baik.

Banyak sekali keuntungan yang bisa di capai oleh perusahaan yang menggunakan cara telemarketing ini. Namun, ada beberapa hal yang harus dimengerti oleh perusahaan dalam melakuakn telemarketing.

4. Memberikan motivasi untuk pelanggan

salah satu tugas dan tanggung jawab ini juga wajib dimiliki oleh seorang telemarketing. Mereka harus bisa memberikan motivasi menggunakan kata-kata yang baik dilakukan agar pelanggan bisa tertarik dengan produk atau jasa yang sedang ditawarkan sebab penjualan menjadi target utama dari pekerjaan telemarketing. Selain itu, motivasi ini dilakukan supaya pelanggan agar tetap setiap menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan.

5. Memberikan kemudahan pada konsumen

Seorang telemarketing juga wajin bisa memberikan segala kemudahan untuk para calon konsumen dan juga pelanggan dimana kemudahan tersebut diberikan agar mereka jadi semakin tertarik untuk membeli produk atau memakai jasa yang sedang ditawarkan seorang telemarketing perusahaan tersebut.

6. Menerima komplain dari pelanggan

Ketika para pelanggan kamu merasa kecewa atau produk atau jasa dari perusahaan kamu, maka orang pertama yang harus siap menghadapi komplain adalah seorang telemarketing.

Dalam hal ini, usahakanlah agar kamu bisa menyelesaikan masalah ini mulai dari menyatakan permohonan maaf, membayar kompensasi atau ganti rugi, serta solusi lainnya agar permasalahan yang dialami calon pelanggan tidak sampai menjalar pada atasan kamu.

7. Memberikan pemahaman dan kesadaran pada pelanggan

Tidak selamanya telemarketing harus mencapai closing pada setiap kegiatan teleponnya. Jika memang calon pelanggan tidak memerlukan produk ataupun jasa Anda, maka Anda harus bisa memberikan informasi ataupun pemahaman terkait kelebihan produk ataupun jasa yang Anda tawarkan.

Dengan begitu, calon pelanggan yang sedang butuh produk atau jasa produk perusahaaan Anda akan datang dengan sendirinya karena mereka sudah mengetahui manfaat yang akan mereka dapatkan jika mereka menggunakan produk atau jasa Anda. Jadi, teknik dalam memberikan pemahaman dan kesadaran atas produk Anda bisa dijadikan teknik yang baik dalam bernegosiasi dengan pelanggan via telepon.

Kualifikasi Menjadi Telemarketing Officer

Beberapa ahli pemasaran menyatakan bahwa penawaran yang dilakukan melalui telemarketing cenderung lebih mudah diterima karena calon konsumen diajak berkomunikasi secara personal. Meski terbilang cukup efektif, nyatanya tidak sedikit yang gagal dengan strategi ini. Penyebab kegagalan ini biasanya karena calon konsumen yang dihubungi bukan pembeli potensial terhadap produk ataupun staff telemarketingnya tidak memiliki kemampuan yang cukup.

Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang harus ditempuh agar telemarketing sukses dilakukan:

1. Pengetahuan Tentang Produk yang Ditawarkan

Agar sukses melakukan telemarketing, jelas telemarketer harus menguasai segala hal yang terkait produknya. Pengetahuan tentang produk (product knowledge) ini akan membuat konsumen lebih mudah diyakinkan.

2. Riset Tentang Calon Konsumen

Tidak semua orang suka dihubungi melalui telepon, apalagi jika konteksknya adalah penawaran barang atau jasa. Ketidaksukaan ini bisa terjadi karena calon konsumen sibuk, merasa terganggu, tidak menginginkan produk dan lain sebagainya.

Untuk menghindari hal ini, mungkin perusahaan bisa melakukan riset dulu. Riset ini bisa dilakukan melalui kuisioner via email atau saat pengunjung mengunjungi website perusahaan. Dengan riset yang memadai, maka telemarketing bisa dilakukan dengan tepat sasaran.

3. Attitude yang Baik

Inti dari telemarketing adalah komunikasi langsung antara telemarketer dan calon konsumen. Sebisa mungkin hindari menggunakan nada tinggi ataupun kata negatif. Pembicaraan melalui telepon seringkali membuat orang salah paham. Jadi pastikan telemarketer memiliki attitude yang baik, luwes dan ramah. Dengan begini, calon konsumen akan merasa lebih nyaman.

4. Komunikasi yang Efektif dan Efisien

Karena kita tidak pernah tahu apakah calon konsumen sedang sibuk atau tidak, maka pastikan mengemas semua pertanyaan yang diinginkan dalam komunikasi yang efektif dan efisien. Penggunaan 5W bisa dilakukan untuk mendapatkan informasi dari calon konsumen.

5. Beri Kesan Lebih Personal

Apakah kegiatan telemarketing selalu berkaitan dengan penawaran produk? Jawabannya memang iya. Tapi bukan berarti seorang telemarketer tidak boleh menghubungi calon konsumen hanya untuk memberikan ucapan yang lebih personal.

Komunikasi yang lebih personal dengan ucapan selamat ulang tahun, hari raya ataupun bertanya kabar bisa dilakukan sesekali. Ini akan menciptakan kesan lebih bersahabat dan personal. Konsumen akan merasa diperhatikan oleh perusahaan.

Gaji Karyawan Telemarketing

Tugas telemarketing tidaklah semudah orang bayangkan. Dengan tanggungan yang banyak, gaji seorang telemarketing seharusnya ada diatas UMR.

Tapi bagi seorang telemarketing officer yang baru pertama kali bekerja, biasanya gaji yang didapatkan kisaran UMR. Dari berbagai referensi data yang ada gaji seorang humas di Indonesia sangat bervariatif, dimulai dari Rp 3.500.000 sampai dengan Rp 4.500.000.

Besaran gaji tersebut tergantung pada skala perusahaan yang ditangani. Untuk perusahaan besar dengan skala lebih luas. Pada dasarnya banyak faktor yang dijadikan pertimbangan untuk menentukan besaran gaji. Termasuk pengalaman yang dimiliki kandidat.

Baca juga :

Gambar Gravatar
Seorang praktisi Pemasaran, SEO dan Digital Marketing. Suka dengan kata dan cinta dengan karya. Turut memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui beragam artikel pendidikan di kitapunya.net.