arti sales force

Arti Salesforce Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Diposting pada 395 views

Apa itu Salesforce? Arti Salesforce

Arti sales force – Dalam dunia bisnis khususnya bidang marketing adalah bagian atau ujung tombak paling penting bagi perusahan. Dalam dunia marketing pun sudah tak asing dengan istilah salesforce.

Untuk kamu yang berminat untuk terjun dalam dunia penjualan atau marketing harus mengetahui istilah-isitilah perusahaan seperti ini agar dalam bekerja pun kamu semakin paham dan maksimal dalam melakukan semua tugas.

Lantas bagaimana pengertian, arti, kegunaan, serta kelebihan dan kekurangan dari salesforce bagi tim penjualan sebuah perusahaan?  untuk itu mari simak arti salesforce berikut ini.

Salesforce adalah sebuah perusahaan yang menyediakan teknologi yang memiliki tool-tool dengan fungsi untuk memenuhi kebutuhan bisnis perusahaan.

Dalam hal ini untuk meningkatkan kinerja perusahaan semakin baik. Salesforce sendiri biasanya berhubungan pada tim penjualan, strategi penjualan, dan seluruh teknologi penjualan untuk mendorong bisnis berkembang dan tumbuh secara pesar.

Salesforce memiliki perangkat lunak bernama Customer Relationship Management (CRM). CRM inilah memiliki tool-tool yang sangat berguna bagi tim sales untuk membantu penjualan tim sales hingga mencapai target.

Sales force sangat berguna bagi perusahaan karena menggunakan tools ini perusahaan semakin dimudahkan dalam kegiatan analisa, pencatatan, dan pengelolaan berbagai macam aktifitas perusahaan baik internal atau eksternal.

Karena salesforce merupakan sesuatu yang berbasis teknologi atau lebih tepatnya sebuah perangkat lunak, maka sales foce memerlukan jaringan internet yang stabil sehingga dapat memperlancar kegiatan perusahaan tersebut.

Kelebihan salesforce pada perusahaan

Ada beberapa alasan mengapa perusahaan memerlukan salesforce untuk memperlancar kegiatan penjualannya. Berikut ini akan dijabarkan hal-hal yang menjadi alasannya:

1. Pengelolaan data jadi lebih baik

Menggunakan salesforce berguna untuk menjadikan pengelolaan data perusahaan semakin baik, ini karena salesforce memiliki tool CRM yang memang berfungsi untuk menata data menjadi lebih baik semua akan lebih dimudahkan dengan modul-modul yang disediakan oleh CRM. Tim penjualan pun akan bekerja lebih baik.

2. Kemampuan perusahaan bertahan jadi lebih baik

Artinya, perusahaan dapat memenuhi segala prinsip yang berkelanjutan dengan lebih baik. Seperti menggunakan salesforce, perusahaan dapat meningkatkan pelayanan pelanggan dan terbantu untuk mencapai tujuan perusahaan jadi lebih baik. Tingkat efesiensi operasional perusahaan jadi lebih otomatis.

Baca juga : 5 Strategi Closing Biar Deal Dagangan Laris

3. Memaksimalkan potensi calon pembeli

Salesforce akan berguna bagi perusahaan untuk mencapai potensi konsumen untuk melakukan pembelian sehingga penjualan perusahaan pun semakin optimal juga meningkatkan loyalitas pelanggan. Dengan CMS akan menghasilkan data dan informasi untuk membantu tim penjualan semakin memahami karakteristik dan kebutuhan konsumen.

4. Meningkatkan loyalitas pelanggan

Sales force mampu membantu untuk meningkatkan loyalitas pelanggan ini karena sales force menyediakan data base dengan sangat baik sehingga tim penjualan pun akan menemukan pelanggan yang tepat serta penjualan menjadi maju dan baik.

5. Menyediakan laporan dan data kampanye

Salesforce dapat menyediakan laporan dan data kampanye marketing. Sales force pun mampu melacak aplikasi yang tersedia di AppExchange. Perlu diketahui AppExchange adalah salah satu pelayanan yang memiliki fungsi untuk memperluasa sales force.

6. Meningkatkan margin laba

Menggunakan salesforce dapat meningkatkan efisiensi pembiayaan operasional kinerja tim penjualan. Maksudnya, dapat sebagai penghematan pada biaya pengeluaran perusahaan terkait dengan biaya-biaya pemasaran. Jika lebih efesien dalam biaya operasional, margin laba pun akan meningkat.

7. SDM sales dan marketing lebih tertata

Dengan salesforce, manajemen sumber daya manusia dalam tim sales dan marketing akan lebih dikelola dengan baik dan tertata. Informasi yang akan disediakan lebih realtime dan lebih cepat dalam pengambilan keputusan.

Kekurangan Salesforce

Jika poin-poin tersebut merupakan manfaat atau kelebihan dari salesforce, berikut ini akan dijabarkan juga mengenai kekurangan yang dimiliki salesforce. Di antaranya berikut ini.

  1. Harga yang cukup mahal, ini karena salesforce memiliki aplikasi CRM di mana aplikasi ini memiliki berbagai modul yang lengkap untuk mengelola kegiatan utama perusahaan.
  2. Salesforce juga membutuhkan perawatan tambahan.
  3. Salesforce membutuhkan kerja tambahan untuk selalu menyediakan segala informasi yang update.

Baca juga : 10 Tips Memilih Merek Bisnis Agar Sukses dan Untung Banyak

Nah itulah pengertian, kelebihan dan kekurangan tentang salesforce. Kamu juga dapat menguliknya dan belajar lebih lanjut di berbagai platform untuk meningkatkan pengetahuan mu terkait sales dan marketing perusahaan.

Gambar Gravatar
Seorang Sarjana Bahasa dan Sastra yang suka menulis. Linked in