tugas dan gaji sales hotel

Tugas Dan Gaji Sales Hotel Bintang 2, 3, 4 dan 5

Diposting pada 79 views

Tugas Dan Gaji Sales Hotel – Siapa yang tidak mengenal pekerjaan sales? Pasti semua orang sudah mengenal pekerjaan yang satu ini ya. Sales merupakan pekerjaan yang berkaitan dengan menjual produk maupun jasa. Sales hotel melakukan penjualan terhadap produk yang dimiliki oleh hotel kepada calon pembeli. Tentunya, cukup banyak tugas dari sales hotel.

Sales hotel memiliki beberapa tugas wajib yang harus dilakukan. Tujuannya tetap yaitu untuk melakukan penjualan produk hotel sebanyak mungkin. Tahukah anda berapa besaran gaji sales hotel? Agar paham lebih lengkap, ada baiknya anda membaca penjelasan mengenai tugas dan gaji sales hotel pada artikel ini.

Apa Saja Tugas Sales Hotel?

Pasti, beberapa dari anda masih belum paham mengenai tugas dari sales hotel. Berikut beberapa tugasnya:

1. Mempromosikan Produk Hotel

Sales hotel memiliki tugas untuk melakukan promosi produk hotel. Dalam melakukan produk hotel, sales hotel harus bekerja secara profesional. Semua dilakukan dengan benar dan tidak membawa image yang buruk. Karena, jika membawa citra yang buruk akan berpengaruh kepada hotel.

Diharuskan untuk selalu membawa image yang baik, agar hotel lebih dikenal baik oleh masyarakat. Untuk melakukan promosi produk bisa secara langsung atau dengan cara online. Sales diharuskan menggunakan strategi marketing yang telah disepakati bersama dengan sales Executive. Serta, diharuskan untuk mencapai target yang ditentukan.

2. Menjamin Kepuasan Pelanggan

Sales bertugas untuk menjamin kepuasan terhadap pelanggan. Kepuasan dari pelanggan merupakan suatu hal yang sangat penting. User Experience yang baik sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Hal ini untuk memberikan citra yang baik dan membuat tamu tersebut kembali membeli produknya. Jadi, sales harus selalu menjamin kepuasan pelanggan.

3. Melakukan Pendekatan Dengan Mitra Kerja

Sales juga bertugas untuk melakukan pendekatan dengan mitra kerja. Saat ini, hotel bisa dilakukan pemesanan menggunakan banyak OTA ( Online Travel Agencies). Disinilah, peran dari sales agar bisa melakukan pendekatan dengan para OTA. Tentunya, agar para tamu semakin lebih mudah dalam melakukan pemesanan hotel. Dengan begitu, target penjualan akan semakin mudah tercapai.

Baca juga : Jam Kerja Karyawan Hotel

Berapa Besaran Gaji Sales Hotel?

Dibalik tugas yang dilakukan, ada gaji yang sesuai untuk sales hotel. Ini dia besaran gaji untuk sales hotel:

1. Gaji Sales Hotel Bintang 2

Pada hotel bintang 2, kinerja dari sales hotel perlu diperhatikan. Karena, sales hoel memiliki peranan untuk membantu proses penjualan produk lebih banyak. Terlebih, untuk peningkatan hotel agar semakin lebih dikenal oleh banyak orang. Sales hotel dapat melakukan penawaran secara langsung dilapangan.

Sales hotel harus berusaha agar bisa membuat hotel lebih dikenal oleh masyarakat. Kemudian, jika terdapat target penjualan maka harus dicapai. Skill berkomunikasi sangat dibutuhkan jika menjadi sales hotel. Gaji dari sales hotel bintang 2 berkisar Rp. 2.200.000 – Rp. 2.500.000 per bulannya. Belum termasuk dengan insentif tambahan jika melebihi target.

2. Gaji Sales Hotel Bintang 3

Hotel bintang 3 memiliki pelayanan yang cukup baik dengan harga terjangkau. Inilah yang harus dipahami oleh sales hotel agar bisa menjual produknya. Untuk menjual produk di hotel bintang 3 harus paham mengenai targetnya. Karena, jika berkaitan dengan hotel bintang 3 bukan hanya masyarakat lokal saja yang menjadi tamunya.

Namun, beberapa daerah juga bisa menjadi sasaran untuk penjualan produk. Sale hotel mempromosikan produk melalui cara offline dan online dalam mengejar target. Kemudian, juga diharuskan untuk menuliskan laporan kegiatan setiap harinya. Gaji yang diberikan berkisar Rp. 2.500.000 – Rp. 3.500.000 per bulannya.

3. Gaji Sales Hotel Bintang 4

Hotel bintang 4 menawarkan banyak sekali fasilitas terbaik untuk para tamu. Kinerja dari sales hotel diharuskan untuk selalu optimal. Utamanya, menawarkan produk kepada pembeli sesuai dengan targetnya. Sales hotel diharuskan untuk memahami bahasa Inggris secara lisan dan tulisan. Karena, penawaran produk juga dilakukan pada orang asing.

Mengingat, hotel bintang 4 banyak dikunjungi oleh pebisnis atau pengusaha dan orang berkelas. Jadi, juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik serta profesional. Gaji untuk sales hotel bintang 4 berkisar Rp. 4.000.000 – Rp. 6.000.000 per bulannya.

4. Gaji Sales Hotel Bintang 5

Fasilitas terbaik dan kemewahan ditawarkan pada hotel bintang 5. Orang yang berkunjung ke hotel bintang 5 tentu bukanlah yang sembarangan. Jadi, kerja sales hotel bintang 5 memang cukup berat. Harus menawarkan produk kepada client yang memiliki kualitas tinggi. Skill komunikasi dengan bahasa inggris diperlukan oleh sales.

Tentunya, agar bisa menawarkan produk dengan baik kepada client. Selain itu, sales hotel harus berusaha mencapai target yang telah direncanakan oleh Sales Executive. Jadi, tanggung jawab seorang sales memang besar untuk mencapai keuntungan hotel. Sebanding, dengan gaji yang diberikan mencapai Rp. 6.000.000 – Rp. 8.000.000 per bulannya.

Baca juga : Daftar Gaji Kerja Di Hotel

Apakah Gaji Tersebut Sudah Termasuk Tunjangan?

Gaji sales hotel diatas belum termasuk dengan tunjangan yang diberikan oleh perusahaan. Nantinya, sales hotel akan mendapatkan tambahan uang tunjangan. Seperti tunjangan transportasi, kesehatan, uang makan dan yang lainnya. Jadi, gaji diatas merupakan uang pokok bulanan yang diberikan.

Besaran dari tunjangan yang diberikan kepada karyawan disesuaikan dengan perusahaan masing-masing. Begitu juga dengan pemberiannya apakah dilakukan setiap bulan atau beberapa bulan sekali sesuai kebijakan masing-masing.

Secara keseluruhan, total pendapatan yang didapatkan tentu sudah termasuk cukup tinggi.Itulah ulasan mengenai tugas dan gaji sales hotel secara lengkap. Ternyata, meskipun menjadi sales gaji yang didapatkan juga cukup banyak. Jadi, jika memang tertarik untuk bekerja menjadi sales hotel maka tidak ada salahnya untuk mencoba. Semoga bermanfaat!

Baca juga : Gaji Daily Worker Di Hotel