jurusan perhotelan dan pariwisata

Mengenal Lebih Dekat Jurusan Perhotelan Dan Pariwisata

Diposting pada 63 views

Mengenal Lebih Dekat Jurusan Perhotelan Dan Pariwisata – Industri pariwisata menjadi salah satu yang paling meningkat saat ini. Banyak lulusan SMA/SMK yang ingin berkarir dalam industri pariwisata. Sebelum masuk dalam dunia industri pariwisata alangkah baiknya belajar lebih lanjut. Bagaimana caranya? Yaitu dengan masuk kuliah dan memilih jurusan perhotelan dan pariwisata.

Pada jurusan ini, nantinya akan membahas lebih dalam mengenai perhotelan dan pariwisata. Pada perkuliahan nantinya akan diberikan pengetahuan dan keterampilan sesuai pada bidang masing-masing. Nah, untuk anda yang tertarik ingin masuk pada jurusan ini maka harus memahami dengan jelas. Artikel ini akan membahasnya secara lengkap khusus untuk anda.

Apa Saja Mata Kuliah wajib Jurusan Perhotelan Dan Pariwisata?

Pada perkuliahan jurusan perhotelan dan pariwisata terdapat beberapa mata kuliah wajib yang nantinya akan diajarkan. Berikut mata kuliahnya:

1. Public Relation

Salah satu pembelajaran yang cukup penting yaitu mengenai public relation. Pembelajaran materi ini penting agar bisa melakukan penyampaian dengan baik.

Nantinya, dalam public relation akan diajarkan banyak hal yang berkaitan dengan menyampaikan kepada publik. Seperti cara berpakaian yang profesional, media komunikasi yang digunakan dan masih banyak yang lainnya.

2. Bahasa Asing

Sudah pasti, mata kuliah wajib yang salah satunya akan didapat yaitu bahasa asing. sangat penting bagi mahasiswa yang kuliah di jurusan ini untuk bisa memahami bahasa asing.

Setidaknya, memahami bahasa Inggris sebagai bahasa asingnya. Karena, nantinya para lulusan diharapkan bisa bersaing secara internasional. Hal ini memungkinkan agar dapat bekerja di luar negeri.

3. Manajemen Perhotelan

Mata kuliah wajib selanjutnya yaitu tentang manajemen perhotelan. Manajemen yang baik akan sangat membantu kondisi dari hotel. Untuk itu, pembelajaran ini penting agar bisa mengambil ilmunya.

Menentukan strategi, mengambil keputusan akan sangat berpengaruh pada sebuah hotel. Jadi, diharapkan para mahasiswa paham terhadap manajemen dari hotel tersebut.

4. Manajemen Pariwisata

Selain manajemen perhotelan, juga harus paham mengenai manajemen pariwisata. Sektor pariwisata dan perhotelan menjadi kesatuan yang harus dipahami. Pada materi ini akan dibahas bagaimana potensi bisa dimaksimalkan dengan baik. Serta ada materi lainnya yang berkaitan dengan sektor pariwisata.

5. Pemasaran Produk

Bukan hanya mengenai manajemen, mahasiswa juga diharapkan mampu memasarkan produk dari perusahaan. Pemasaran produk bukan hanya menjual, tetapi materi ini mengajarkan bagaimana menentukan strategi yang akan digunakan pada perusahaan. Serta, mempelajari mengenai perencanaan dalam memasarkan produk.

6. Tata Boga

Perhotelan dan pariwisata sangat berkaitan secara langsung dengan makanan dan minuman. Jadi, nantinya akan ada materi tata boga untuk memahami lebih dalam mengenai makanan dan minuman. Seperti bagaimana pengolahan makanan, produk yang digunakan dan yang lainnya.

7. Room Division

Pada materi ini, akan berkaitan secara langsung dengan operasional dari hotel. Seperti kebersihan, kerapihan dan pelayanan terhadap tamu. Pemahaman mengenai materi ini penting agar nantinya bisa mengimplementasikan dengan baik saat berkarir di industri perhotelan dan pariwisata.

Baca lebih lanjut : Mata Kuliah Jurusan Perhotelan – Ini Yang Akan Dipelajari

Berapa Besaran Biaya Kuliah Jurusan Perhotelan Dan Pariwisata?

Sudah pasti, banyak dari anda yang ingin tahu berapa biaya yang dikeluarkan untuk perkuliahan perhotelan dan pariwisata. Berkaitan dengan biayanya, untuk juusan yang satu ini memang cukup mahal.

Karena, dibutuhkan berbagai macam fasilitas baik untuk bisa menunjang pembelajaran. Perhotelan dan pariwisata juga membutuhkan dosen yang berkualitas serta berpengalaman.

Umumnya, untuk biaya yang dikeluarkan yaitu berkisar Rp. 1 – 7 juta rupiah / semester untuk universitas yang menggunakan sistem UKT. Tentu saja biaya kuliah akan disesuaikan dengan kemampuan orang tua.

Biaya tersebut merupakan biaya pendaftaran ulang dan biaya semester saja. Belum termasuk dengan biaya lainnya dalam perkuliahan nantinya. Meskipun begitu, dengan biaya yang dikeluarkan tetap sebanding dengan pengetahuan dan keterampilan yang nantinya akan didapatkan.

Bagaimana Prospek Kerja Jurusan Perhotelan Dan Pariwisata?

Dibalik biaya yang dikeluarkan tersebut, jurusan ini juga memiliki prospek kerja terbilang luas. Berikut beberapa prospek kerjanya:

1. Manager Hotel

Nantinya, prospek kerja untuk jurusan perhotelan dan pariwisata bisa mendaftar menjadi manager hotel. Meskipun, membutuhkan syarat dan ketentuan yang tinggi agar bisa memegang sebuah hotel. Setidaknya, jika sudah masuk pada jurusan ini memiliki dasarnya dan paham bagaimana melakukan manajemen hotel dengan baik.

2. Front Office Hotel

Jika ingin bekerja dalam industri perhotelan, maka bisa mendaftar sebagai front office hotel. Tentunya, banyak dari hotel yang sangat membutuhkan lulusan jurusan ini. Karena dinilai lebih paham bagaimana harus profesional dalam menerima tamu dan sudah paham mengenai pekerjaan yang akan dilakukan.

3. Sales Executive

Jika anda memiliki kelebihan di komunikasi yang baik, maka bisa mendaftar menjadi sales executive. Posisi ini memiliki tanggung jawab yang besar berkaitan dengan pemasaran produk hotel. Selain itu, harus menentukan bagaimana strategI yang akan digunakan agar bisa mencapai target penjualan yang telah direncanakan.

4. Konsultan Pariwisata

Bagi lulusan pariwisata, banyak sekali peluang kerja yang bisa didapatkan. Salah satunya yaitu menjadi konsultan pariwisata. Bagaimana maksudnya? Jadi, konsultan pariwisata bertugas menyelesaikan masalah maupun memberikan saran terkait dengan pariwisata.

Baca lebih lanjut : 10 Prospek Kerja Perhotelan Dari Manajer Sampai CS

Semua pariwisata yang beroperasi saat ini pasti memiliki konsultan pariwisata, hal ini dilakukan agar pariwisata bisa berkembang.Sekarang, anda sudah mengenal lebih jauh ya mengenai jurusan perhotelan dan pariwisata.

Jurusan ini saat ini sedang menjadi idaman bagi para millenials. Jadi, anda sudah bisa menentukan apakah ingin masuk ke jurusan ini atau tidak. Jika Ya, maka segeralah mendaftar di Institusi yang menyediakan jurusan ini. Semoga bermanfaat!