mata kuliah perhotelan

Mata Kuliah Jurusan Perhotelan – Ini Yang Akan Dipelajari

Diposting pada 402 views

Mata Kuliah Jurusan Perhotelan – Ini Yang Akan Dipelajari – Industri perhotelan menjadi salah satu yang paling banyak diminati oleh para millenials saat ini. Hal ini menjadikan minat terhadap jurusan perhotelan menjadi lebih meningkat. Di Indonesia sendiri, banyak sekali sekolah tinggi yang terdapat jurusan perhotelannya.

Masing-masing mereka menyediakan kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar internasional. Karena apa? Karena lulusan perhotelan nantinya diharapkan mampu bersaing dalam lingkup internasional.

Tidak dapat dipungkiri, jika prospek kerja dari lulusan perhotelan memang luas. Untuk itu, sangat penting bagi mahasiswa nantinya mempelajari dengan benar mata kuliahnya. Pada kesempatan ini, kami akan membahas apa saja mata kuliah perhotelan yang nantinya akan dipelajari pada perkuliahan.

Mata Kuliah Perhotelan Lengkap

Dibawah ini akan kami berikan informasi secara lengkap mengenai mata kuliah yang dipelajari dalam jurusan perhotelan. Berikut mata kuliahnya:

Mata Kuliah Perhotelan Semester 1

Pada semester 1, mahasiswa lebih banyak diberikan materi mengenai pengenalan dan pengantar yang berkaitan dengan jurusan perhotelan. Karena, bisa saja beberapa mahasiswa baru bukan berasal dari SMK Perhotelan atau pariwisata, sehingga masih sangat awam dengan dunia perhotelan. Selain itu, mulai semester 1 juga sudah diharuskan untuk memahami tata cara dalam bersikap dan berkomunikasi.

Tentunya, diharuskan untuk mempelajari bahasa inggris juga. Pada semester 1 ini, mahasiswa juga harus lebih aktif mencari tahu lebih jauh mengenai dunia perhotelan. Mahasiswa harus aktif tidak bergantung pada apa yang disampaikan oleh dosen. Berikut ini mata kuliahnya:

  1. Pendidikan Agama Islam/Hindu/Katolik/Budha/Kristen/Kong Hu Cu
  2. Pendidikan Pancasila
  3. Pengenalan Komputer
  4. Pemahaman lintas budaya
  5. Pengenalan Komputer
  6. Tata Graha Dasar
  7. Bahasa Inggris

Baca juga : Nama Posisi atau Bagian Kerja Di Hotel dan Struktur Organisasinya

Mata Kuliah Perhotelan Semester 2

Di semester 2 karena masih dalam tahap pengenalan setidaknya masih harus butuh pemahaman lebih lanjut. Di semester ini, mahasiswa akan mempelajari mengenai cara berkomunikasi yang baik, kemudian mempelajari mengenai front office, manajemen hotel dan berbahasa.

Di semester ini, setidaknya sebagai mahasiswa jurusan perhotelan sudah harus memiliki niat yang sungguh-sungguh. Sudah tidak ada lagi pemikiran bahwa anda salah jurusan. Melainkan, harus lebih semangat belajar karena sudah mulai harus berpikir lebih dalam mengenai perhotelan.

Berikut ini mata kuliahnya:

  1. Pendidikan Kewarganegaraan
  2. Bahasa Indonesia
  3. Pengantar Manajemen
  4. Ilmu Alamiah Dasar
  5. Sistem Informasi Perhotelan
  6. Kewirausahaan
  7. Tata Graha Lanjutan
  8. Dasar Front Office

Baca juga : 10 Universitas Dengan Jurusan Perhotelan Terbaik

Mata Kuliah Perhotelan Semester 3

Di Semester 3 mahasiswa akan dihadapkan pada materi yang lebih kompleks. Seperti bagaimana etika saat berbisnis, kemudian memahami mengenai korespondensi perhotelan. Serta diharuskan untuk melakukan pemahaman mengenai front office lanjutan dari yang sebelumnya.

Mahasiswa juga nantinya akan memahami materi mengenai tata boga dasar. Karena perhotelan juga berkaitan langsung dengan hidangan. Untuk itu, diharapkan pada semester 3 bisa menyelesaikan perkuliahan dengan baik. Berikut ini mata kuliahnya:

  1. Etika Bisnis
  2. Korespondensi Perhotelan
  3. Teknisi Supervisi
  4. Front Office Lanjutan
  5. Bahasa Asing Pilihan Dasar
  6. Tata Boga Dasar
  7. Bahasa Inggris Profesi Lanjutnan
  8. Tata Hidangan Dasar

Baca juga : 10 Alasan Memilih Jurusan Perhotelan Yang Patut Dipertimbangkan

Mata Kuliah Perhotelan Semester 4

Pada semester ini, mahasiswa lebih diberikan materi mengenai program lanjutan. Artinya, yang sudah dipelajari pada semester sebelumnya akan dilanjutkan kembali. Namun, tidak menutup kemungkinan ada beberapa materi baru yang diberikan.

Beberapa materi baru yang mungkin akan ditambahkan seperti pengenalan usaha wisata, pengenalan kapal pesiar, akuntansi perhotelan dan yang lainnya. Dengan penambahan materi tersebut, tentu mendorong untuk menghasilkan SDM yang berkualitas. Berikut ini materinya:

  1. Pengenalan Kapal Pesiar
  2. Pengenalan SPA
  3. Tata Boga Lanjutan
  4. Tata Hidangan Lanjutan
  5. Pengenalan MICE
  6. Akuntansi Perhotelan
  7. Bahasa Asing Pilihan Lanjuntan
  8. Pengenalan Usaha perjalanan wisata

Mata Kuliah Perhotelan Semester 5

Di semester ini, tidak banyak yang akan diajarkan. Mengapa demikian? Karena, pada semester 5 mahasiswa akan melakukan Praktek Kerja Lapangan. Melakukan implementasi terhadap apa yang telah dipelajari sebelumnya. Praktek kerja lapangan sendiri dilakukan selama 1 semester. Nantinya, terdapat dua program PKL yang akan dilakukan.

Dalam 1 semester tersebut, harus melakukan dua program PKL untuk menyelesaikan mata kuliahnya. Jadi, bisa dengan PKL di hotel, kapal pesiar dan yang lainnya. Terpenting sesuai dengan jurusannya yaitu perhotelan. Berikut ini mata kuliahnya:

  • PKL Divisi Makanan Dan Minuman
  • PKL Divisi Kamar

Baca juga : 10 Prospek Kerja Perhotelan Dari Manajer Sampai CS

Mata Kuliah Perhotelan Semester 6

Semester terakhir, tentu berkaitan langsung dengan tugas akhir. Tetapi, bukan hanya mengerjakan tugas akhir saja namun ada juga beberapa materi kuliah tambahan. Hal ini penting, agar setelah PKL dilakukan bisa memahami kembali beberapa hal yang penting.

Seperti mempelajari Statistik, penulisan karya ilmiah, metode penelitian, manajemen SDM, Manajemen Keuangan dan yang lainnya. Beberapa material tersebut sangat penting agar nantinya SDM yang dihasilkan mampu bersaing dengan tingkatan internasional. Berikut mata kuliah perhotelan semester 6:

  1. Tugas Akhir
  2. Manajemen Pemasaran
  3. Manajemen Keuangan
  4. Manajemen Divisi Kamar
  5. Manajemen SDM
  6. Penulisan Karya Ilmiah
  7. Statistik

Itulah pembahasan lengkap mengenai mata kuliah perhotelan yang nantinya akan dipelajari pada jurusan perhotelan. Tentunya, bisa saja setiap institusi memiliki perbedaan dalam penerapan mata kuliahnya.

Setidaknya, pembahasan diatas bisa menjadi referensi bagi anda untuk mengenal lebih dahulu seperti apa nantinya perkuliahan yang akan berlangsung. Semoga bermanfaat!

Baca juga : Biaya Kuliah Perhotelan – Ini Dia Perkiraan di 6 Kampus Ternama

Gambar Gravatar
Suka dengan kata dan cinta dengan karya.