tugas-dan-pekerjaan-public-relation

Public Relation – Tugas, Pekerjaan, Skills dan Gajinya

Diposting pada 98 views

Public Relation – Tugas, Pekerjaan, Skills dan Gajinya – Public relation atau bisa kita sebut sebagai humas ternyata sangat dibutuhkan di dalam dunia organisasi, perusahaan dan perkantoran. Sehingga prospek humas ini sangatlah besar dan selalu dibutuhkan.

Apalagi kamu memiliki skill yang memumpuni untuk menjadi public relation, tentu kamu akan banyak dicari oleh organisasi dan perusahaan. Namun sebelum itu, kamu harus mengetahui tugas dan pekerjaan public relation agar bisa tahu skill apa yang harus kamu miliki.

Ada banyak sekali tugas dan pekerjaan public relation. Dengan mengetahui semua tugas dan pekerjaan public relation, diharapkan kamu sedikit memiliki pencerahan kira kira pekerjaan apa yang nantinya hendak diambil. Berikut ini adalah tugas dan pekerjaan public relation.

Tugas dan Pekerjaan Public Relation

1. Menganalisis liputan dari berbagai media. Hal ini digunakan untuk referensi dalam mengambil sebuah kebijakan oleh pimpinan.

2. Melakukan perencanaan strategi mengenai kampanye dan publikasi. Strategi yang dibuat diharapkan dapat seefisien mungkin.

3. Menjawab serta menjelaskan segala pertanyaan yang datang dari pers, masyarakat dan organisasi lain.

4. Berperan sebagai jembatan antara organisasinya dengan organisasi luar.

5. Menyediakan data informasi kepada klien untuk proses promosi dan kampanye baru.

6. Melakukan perencanaan untuk kegiatan siaran pers dan media.

7. Melakukan pengorganisasian untuk kegiatan promosi seperti pameran, wisata, kunjungan dan open days.

8. Melakukan riset yang kemudian hasilnya didiskusikan bersama pemimpin.

9. Merancang strategi promosi, komunikasi, dengan melalui video, gambar, leaflet, website dan media lainnya.

10. Menjadi jembatan antara pemimpin dengan masyarakat, pemimpin dengan organisasi lain, dan pemimpin dengan anggota.

Di atas merupakan tugas pokok dari public relation. Tugas tersebut bisa meluas, tergantung dari pemimpin. Karena seorang humas atau public relation merupakan tangan kanan dari seorang pemimpin. Mungkin saja nantinya kamu akan disuruh untuk menggantikan tugas pemimpin dengan menghadiri rapat dan lain sebagainya.

Selain tugas yang telah dibeberkan di atas, ada pula beberapa pekerjaan seorang public relation. Memang sedikit berbeda antara tugas dan jobdesc atau pekerjaan seorang PR.

Berikut ini adalah pekerjaan (jobdesc) seorang humas di suatu organisasi.

1. Melakukan pengembangan strategi di jaringan media komunikasi, entah itu berbentuk online maupun offline. Kegunaan strategi ini adalah untuk memilih teknik mana yang cocok untuk meningkatkan mutu perusahaan.

2. Memahami persaingan, kompetensi dan tingkat kesulitan dalam menembus dinding bisnis. Setelah memahami persaingannya, kemudian seorang humas harus bisa memberikan solusi atas permasalahannya.

3. Melakukan evaluasi kerja dan menetapkan strategi komunikasi kepada masyarakat. Selain itu, hubungan dengan divisi pemasaran harus berjalan agar strategi marketing nantinya dapat terbentuk.

4. Mengembangkan ide yang inovatif untuk kemajuan perusahaan. Ide tersebut nantinya bisa didiskusikan bersama pimpinan untuk memperoleh hasil terbaik. Ini membutuhkan pemikiran yang kritis dan pintar pintar dalam mencari peluang.

Job desc dari seorang humas tentunya fleksibel, bisa jadi tugas utamamu akan tergantikan dengan tugas yang diberikan oleh pimpinan. Bahkan bisa dikatakan, seorang public relation lebih penting ketimbang wakil pimpinan.

Tanggung Jawab Public Relation

Seorang humas bertangggung jawab untuk menjelaskan kepada masyarakat sedetail detailnya namun dengan cara sesimple simplenya. Hal ini untuk membangun ketertarikan masyarakat dan juga untuk mendapatkan simpati mereka.

Selain itu, humas atau public relation harus dapat membuat program guna kelangsungan hubungan organisasi dan masyarakat. Program program tersebt juga mengandung unsur “citra” agar organisasi tersebut dapat dipandang baik oleh mereka.

Terakhir, bertanggung jawab kepada manajer dalam hubungan diplomasi antar kedua organisasi atau masyarakat. Dan juga ia harus bisa mencegah adanya konflik di antara kedua belah pihak dengan cara negosiasi yang baik.

Baca juga : Kegiatan Public Relation

Keahlian Yang Harus Dimiliki Public Relation

Untuk menjalankan segala jenis tugas dan pekerjaan public relation, ada beberapa kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang public relation. Kompetensi kompetensi tersebut nantinya akan menunjang keberhasilan dari setiap tugas dan pekerjaan public relation lakukan. Berikut ini adalah kompetensi seorang humas.

1. Dapat membangun jaringan dengan organisasi lain. Skill yang dibutuhkan adalah komunikasi dan negosiasi. Mendapatkan informasi dari organisasi bisa dilakukan dengan mengirim pesan email, wawancara langsung atau searching google.

2. Handal dalam melakukan pemonitoran pemberitaan yang ada di media offline maupun online. Menggali informasi serta membagikan informasi perusahaan harus dilakukan oleh seorang humas yang berkompeten.

3. Memiliki teman dengan orang orang penting atau stakeholder. Kamu harus bisa menarik di mata orang orang yang menurut perusahaan kamu penting. Semisal seorang wartawan ataupun blogger. Karena merekalah yang berhak dalam menyebarluaskan informasi.

4. Kemampuan stalker, menggali informasi sedalam dalamnya dengan cara googling merupakan salah satu tugas dan pekerjaan public relation. Kamu harus memiliki kelincahan dalam mengosek informasi melalui media online.

5. Mengerti keadaan, apa yang harus dibagikan ke media sosial. Hal ini dikarenakan humas adalah ujung tombak perusahaan.

Baca juga : Perbedaan Public Relation dengan Marketing

Gaji Public Relation

Setelah membaca mengenai tugas dan pekerjaan public relation di atas, apakah kamu tertarik untuk menjadi seorang humas? Gaji seorang humas juga lumayan besar loh. Hal ini dikarenakan tanggung jawab, tugas dan pekerjaan public relation cukup kompleks dan susah. Gaji yang bisa didapatkan berkisar antara Rp. 3.500.000 hingga Rp. 6.200.000 per bulannya. Namun rata rata biasanya berkisar Rp. 4.500.000 an.

Adapun sektor sektor yang membutuhkan jasa humas adalah produsen, konsultan, agen pemasaran, perusahaan, distributor, organisasi, perkantoran dan lain sebagainnya. Rasa rasanya hampir setiap institusi pasti membutuhkan seorang humas, jadi bisa dipastikan prospek kerja public relation cukup besar.

Syarat Menjadi Public Relation

Untuk menjadi seorang humas, kamu harus bergelar S1 dengan jurusan ilmu komunikasi, hubungan masyarakat, sosiologi, jurnalistik, dan lain sebagainnya. Apakah diluar jurusan itu masih tetap menjadi seorang humas? Jawabannya masih tetap bisa, yang terpenting adalah skill yang kamu miliki dibutuhkan oleh perusahaan.

Terkadang perusahaan perusahaan multi nasional atau bahkan perusahaan kecil sekalipun membutuhkan humas yang mampu berbahasa inggris dengan baik. Hal ini dikarenakan kamu seorang humas harus bisa berselancar di dunia online dengan menggunakan bahasa internasional.

Softskill Wajib bagi Public Relation

Guna menunjang tugas dan pekerjaan public relation, kamu harus memiliki soft skill yang akan dibutuhkan. Berikut ini adalah softskill wajib bagi public relation.

  • Memiliki kemampuan IT
  • Kreatif
  • Dapat mempresentasikan laporan dengan baik
  • Sebagai seorang prakarsa
  • Memiliki kemampuan interpersonal yang baik
  • Dapat berkomunikasi dengan baik entah itu lisan maupun tulis
  • Memiliki sudut pandang luas
  • Kesadaran agenda media yang berbeda
  • Dapat merencanakan hal dengan baik
  • Dapat bernegosiasi
  • Dapat memprioritaskan hal terpenting

Nah di atas merupakan tugas dan pekerjaan public relation yang harus kamu ketahui. Sebagai tambahannya, kamu juga perlu memperhatikan tanggung jawab, kompetensi, skill, dan gaji dari pekerjaan sebagai humas. Memang humas merupakan pekerjaan yang penuh tanggung jawab, karena kamu adalah center dari perkembangan perusahaan.

Baca juga : Pentingnya Public Relation Bagi Perusahaan