cara agar diterima kerja di hotel

5 Cara Agar Diterima Kerja Di Hotel Berbintang

Diposting pada

Cara Agar Diterima Kerja Di Hotel – Peluang bisnis perhotelan di Indonesia menjadi salah satu yang menguntungkan. Bagaimana tidak, Indonesia terkenal dengan banyak sekali pariwisatanya. Tidak ada salahnya, jika anda tertarik untuk memulai bekerja di dunia perhotelan. Hanya saja, masih banyak masyarakat yang belum paham bagaimana untuk bisa bekerja di hotel.

Industri perhotelan menjadi salah satu yang diminati oleh para millenials. Alasannya, bukan hanya keren saja melainkan juga gaji yang didapatkan. Jadi, banyak yang berbondong-bondong ingin mencari tahu bagaimana bisa bekerja di hotel. Nah, untuk anda yang sedang mencari cara agar diterima kerja di hotel maka kami akan membahasnya secara lengkap disini.

5 Cara Agar Diterima Kerja Di Hotel

Sebelum anda memulai bekerja, harus tahu terlebih dahulu bagaimana cara agar bisa bekerja di hotel. Berikut ini beberapa caranya:

1. Memahami Keterampilan Yang Dimiliki

Hal pertama yang harus dipahami agar bisa diterima kerja di hotel yaitu memiliki keterampilan sesuai pada bidangnya. Dalam sebuah pekerjaan, keterampilan merupakan salah satu hal yang paling penting. Karena, pada setiap pekerjaan tentu akan melakukan aktivitas sesuai pada pekerjaannya. Khususnya, dalam bidang perhotelan yang sudah memiliki pekerjaan masing-masing.


Sebagai contoh, saat bekerja menjadi seorang Front Office maka harus siap untuk bisa berkomunikasi dengan baik. Front office bertugas menyambut dan melayani tamu yang datang. Jika tidak bisa berkomunikasi dengan baik, maka pelayanan yang diberikan akan menjadi kurang optimal. Disinilah, peran dari keterampilan menjadi salah satu faktor yang paling penting.

Baca juga : Gaji Kerja Di Hotel Lengkap Semua Bagian

2. Fokus Pada Bidang Yang Di Inginkan

Selanjutnya, jika ingin diterima kerja di hotel maka harus fokus pada bidang yang di inginkan. Jika anda bekerja tidak sesuai pada bidang yang diinginkan tentu akan rumit. Sebagai contoh, anda seorang front office maka fokuslah pada pekerjaan bagian depan saja. Jangan memiliki pikiran untuk berpindah ke bidang yang lainnya.

Hal ini akan menjadi kesulitan bagi anda nantinya. Karena, bidang yang lainnya berbeda dengan apa yang anda pikirkan. Contohnya, engineering hotel bertugas untuk melakukan maintenance, perbaikan terhadap masalah yang berkaitan dengan instalasi, alat dan mesin.

Maka, jika seorang front office kemudian menjadi engineering terbayang apa yang akan dilakukan? Tidak relevan dan nantinya akan merugikan perusahaan. Lebih baik, fokus pada satu bidang dan memberikan pelayanan yang terbaik.

3. Memenuhi Persyaratan Yang Diperlukan

Tips agar diterima kerja di hotel berbintang selanjutnya adalah dengan memperhatikan persyaratan yang diperlukan. Sebelum melakukan pendaftaran, ada baiknya nada membaca persyaratan yang tertera terlebih dahulu. Setiap perusahaan menetapkan standar masing-masing dalam merekrut pegawainya. Seperti di perhotelan yang mengharuskan untuk memenuhi beberapa persyaratan. Persyaratan umumnya adalah sebagai berikut:

  • Jenjang pendidikan minimum SMK/SMA/Sederajat Dan Jurusan Perhotelan/Pariwisata
  • Berusia antara 20 – 35 Tahun
  • Memiliki penampilan yang menarik
  • Tidak Berkacamata
  • Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik

Persyaratan diatas hanyalah secara umum untuk melakukan pendaftaran d hotel. Secara khusus, nantinya akan ada penambahan syarat sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Sebagai contoh, untuk mendaftar di bagian Front Office maka diharuskan memiliki kemampuan berbahasa Indonesia dan Inggris baik secara lisan maupun tulisan dengan baik.

Atau, jika mendaftar pekerjaan di bidang engineering maka harus memiliki pengalaman serta kemampuan dalam melakukan maintenance alat,mesin dan instalasi berkaitan dengan perhotelan.

Baca juga : Jam Kerja Karyawan Hotel – Ketahui Sebelum Melamar Kerja di Hotel

4. Pahami Jam Kerja

Salah satu hal yang paling penting dalam bekerja di hotel yaitu memahami jam kerjanya. Setiap bidang memiliki jam kerja masing-masing dengan aktivitas yang berbeda-beda. Perhotelan saat ini banyak yang menerapkan sistem jam kerja dalam 3 shift. Yaitu shift pagi, siang dan shift malam.

Jumlah jam kerja setiap harinya yaitu 8 jam atau jam kerja normal yang berjalan di Indonesia. Kemudian, beberapa hotel juga menerapkan untuk bisa datang 30 menit sebelum masuknya shift. Sebagai contoh, jika pekerja masuk pada shift pagi pukul 07:00 maka jam 06:30 sudah harus berada di hotel. Karena, hal ini untuk meminimalisir terjadinya keterlambatan serta mencegah terjadinya overtime pada shift sebelumnya.

5. Mempelajari Budaya Perusahaan

Bagian lain yang harus anda pahami yaitu mengenai budaya perusahaan. Beberapa perusahan menerapkan sisi kedisiplinan yang tinggi dalam proses bekerja. Jadi, sebagai karyawan harus memahami hal ini dengan benar. Contohnya, jika ada keterlambatan datang atau izin yang tidak disertai keterangan maka nantinya akan diberikan sanksi. Hal ini berlaku di hampir semua perusahaan perhotelan.

Disisi lain, anda juga harus memahami mengenai budaya perusahaan berkaitan dengan overtime. Tidak jarang, pegawai dituntut untuk bekerja melebihi batas normalnya. Lantas, apakah itu akan diganti dengan uang? Beberapa perusahaan mungkin memberikan pergantian jam dengan uang atau istilahnya lemburan.

Namun, ada juga perusahaan yang memberikan ganti berupa hari libur kepada pegawainya. Jadi, setiap perusahaan memiliki budaya yang berbeda dalam hal overtimenya. Ini penting untuk anda pelajari dan ketahui pada perusahaan yang nantinya anda ingin mendaftar bekerja.

Baca juga : Persyaratan Kerja Di Hotel Lengkap Untuk Semua Bagian

Sekarang, anda sudah paham ya mengenai cara kerja di hotel. Untuk itu, jangan ragu untuk memulai bekerja di hotel. Persiapkan semuanya dengan sebaik mungkin, agar anda bisa mencapai cita-cita bekerja di hotel yang sesuai pada bidangnya. Semoga sukses!

Gambar Gravatar
Seorang praktisi Pemasaran, SEO dan Digital Marketing. Suka dengan kata dan cinta dengan karya. Turut memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui beragam artikel pendidikan di kitapunya.net.