biaya kuliah d1 perhotelan

Berapa Biaya Kuliah D1 Perhotelan? Ini Dia Ulasannya!

Diposting pada 748 views

Berapa Biaya Kuliah D1 Perhotelan? Ini Dia Ulasannya! – Jurusan perhotelan saat ini sedang banyak diminati oleh banyak kalangan. Industri perhotelan memiliki peluang yang cerah kedepannya. Hal inilah yang menjadi dasar banyak orang tertarik masuk pada jurusan perhotelan. Meskipun, untuk jenjang yang dipilih yaitu D1 perhotelan. Beberapa orang mungkin menganggap bahwa kuliah perhotelan mahal.

Sebenarnya, untuk perkuliahan di perhotelan tidak terlalu mahal. Karena, ilmu dan keterampilan yang didapatkan tersebut nantinya sangat berguna untuk bekerja.

Terlebih, pada jurusan D1 Perhotelan yang lebih mengedepankan pada keterampilan agar lulusan nantinya siap bekerja. Untuk anda yang ingin tahu lebih jelas mengenai biaya kuliah D1 perhotelan, bisa membaca lengkap artikel ini.

Perkuliahan Yang Dilakukan D1 Perhotelan

Pasti banyak yang ingin tahu bagaimana perkuliahan yang dilakukan untuk pendidikan D1 Perhotelan. Perlu diketahui, untuk perkuliahan D1 Perhotelan berjalan dalam waktu 1 tahun atau berarti 2 semester. Jadi, dalam dua semester tersebut memiliki masing-masing tujuan.

Seperti pada semester 1 yang lebih banyak berkaitan dengan pemberian materi. Materi yang disampaikan tidak terlalu banyak namun lebih pada pengenalan dan prakteknya langsung. Seperti materi tata boga,bahasa inggris dasar, front office, tata graha dan yang lainnya.

Sedangkan, untuk semester 2 mahasiswa akan melakukan On The Job Training Hotel. Ini dilakukan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa mengenai bagaimana proses bekerja nantinya. Jadi, diharapkan mahasiswa mempelajari pekerjaan dalam program magang tersebut.

Baca juga : 10 Universitas Dengan Jurusan Perhotelan Terbaik

Berapa Biaya Kuliah D1 Perhotelan?

Berkaitan dengan biaya, tentunya untuk jurusan D1 perhotelan tidak banyak mengeluarkan biaya. Karena, untuk pendidikannya hanya berlangsung selama 1 tahun saja. Untuk besaran biayanya yaitu berkisar Rp. 10.000.000 – Rp. 20.000.000 utuk . Jumlah tersebut merupakan pembayaran pendaftaran dan semester I serta II.

Berikut adalah contoh rincian biaya kuliah d1 perhotelan di Akademi Pariwisata Stipary :

Gambar : https://stipary.ac.id/pendaftaran/

Belum ditambahkan dengan biaya lainnya. Seperti untuk biaya praktek, biaya seragam dan yang lainnya. Meskipun begitu, secara keseluruhan untuk pengeluaran sampai dengan lulus program studi D1 jurusan perhotelan masih tergolong murah. Mengingat, ilmu pengetahuan dan keterampilan yang diberikan tidak semua memilikinya.

Gambar : https://polteksahid.ac.id/

Bagaimana Prospek Kerja D1 Perhotelan?

Dari sisi prospek kerjanya, industri perhotelan memiliki peluang yang begitu besar. Berikut ini beberapa prospek kerja untuk lulusan D1 Perhotelan:

1. Front Office

Jenjang pendidikan D1 memungkinkan untuk bisa memperoleh pekerjaan di industri perhotelan. Seperti menjadi front office hotel. Front office hotel bertugas untuk menerima dan melayani tamu dengan senyum,salam sapa. Penggunaan 3S harus selalu digunakan saat bertemu dengan tamu hotel.

Kemudian melayani mengenai keperluannya seperti untuk melakukan check-in,check-out atau yang lainnya. Front office juga melakukan penawaran produk hotel kepada tamu yang datang. Pekerjaan ini memiliki tanggung jawab yang besar karena harus tampil maksimal setiap saat.

2. Housekeeping

Salah satu prospek kerja dari lulusan D1 perhotelan yaitu menjadi housekeeping. Tugas dari housekeeping yaitu melakukan pembersihan, kerapihan dan memberikan keamanan serta keamanan kepada tamu. Terutama yang berkaitan dengan kamar maka harus dilakukan pembersihan secara benar.

Yang paling penting yaitu mengenai kebersihan, kerapihan dan kenyaman kamar. Karena, disinilah tamu dapat menilai apakah hotel yang ditempati berkualitas. Jadi, housekeeping harus paham bagaimana bersikap profesional kepada para tamu.

3. Sales hotel

Sales hotel merupakan salah satu pekerjaan yang memiliki peran besar. Tanpa adanya penjualan, maka hotel tidak akan mendapatkan keuntungan. Untuk itulah, dibutuhkan sales yang bertugas untuk melakukan penawaran produk kepada para konsumen.

Sebelum melakukan penawaran produk, harus melakukan perencanaan terlebih dahulu. Pekerjaan ini mengharuskan untuk bisa bekerja secara team. Karena, akan ada target penjualan yang harus dicapai. Sales hotel saling berkomunikasi dengan sales executive jika nantinya terdapat masalah agar bisa diatasi segera.

Baca juga : Rekomendasi Kuliah Perhotelan Yang Bagus, Ini Daftar Kampusnya

4. Cook Helper

Cook helper memiliki tugas untuk membantu chef dalam menyiapkan hidangan kepada tamu. Tugas dari cook helper yaitu mempersiapkan, menyediakan bahan dan cek stok bahan yang akan digunakan untuk membuat hidangan. Selain itu, cook helper juga bertugas untuk merapikan kembali peralatan yang digunakan.

Tugas cook helper tentu tidaklah mudah, karena harus saling membantu dengan chef. Meskipun begitu, pekerjaan ini cukup banyak dilirik oleh banyak millenials. Cook helper biasanya banyak dibutuhkan untuk keperluan perhotelan di kapal pesiar.

5. Waitress

Setiap hotel pasti tidak lepas dari adanya restaurant. Disinilah, peran dari waitress untuk membantu dalam mencatat dan menyajikan hidangan kepada tamu. Waitress juag bertugas untuk merapikan kembali meja dan kursi yang telah digunakan.

Untuk menjadi seorang waitress dibutuhkan skill komunikasi yang baik. Tidak sembarangan bisa menjadi waitress. Karena, jika memiliki komunikasi yang kurang baik akan memberikan citra buruk kepada hotel tersebut. Jadi, jika ingin bekerja menjadi waitress mak harus memiliki skill komunikasi yang baik.

Baca juga : Mengenal Lebih Dekat Jurusan Perhotelan Dan Pariwisata

Perkuliahan jurusan D1 perhotelan dilakukan dengan waktu yang cukup singkat. Meskipun begitu, lulusan diharuskan paham dan bisa mengimplementasikan apa yang dipelajari secara benar. Biaya kuliah D1 perhotelan diatas tentu tidak terlalu mahal. Karena, ilmu yang diberikan juga sangat bermanfaat untuk dapat digunakan dalam pekerjaan. Semoga bermanfaat!

Gambar Gravatar
Suka dengan kata dan cinta dengan karya.