pengertian housekeeping hotel

Pengertian Dari Housekeeping Hotel Secara Umum

Diposting pada 66 views

Pengertian dari housekeeping yaitu bagian dari departemen yang memiliki tanggung jawab untuk mengatur, menata peralatan, menjaga kebersihan, memberikan kenyamanan yang berkaitan dengan kamar serta memberikan kenyamanan bagi pelanggan. Peranan dari housekeeping pada perhotelan merupakan salah satu yang paling penting.

Housekeeping memiliki struktur organisasi yang disesuaikan dengan besaran dari hotel tersebut. Semakin besar hotelnya, maka kebutuhan dari housekeeping akan menjadi lebih meningkat.

Ternyata, masih banyak pengertian housekeeping mulai dari secara umum, khusus dan menurut para ahli. Ingin tahu lebih jelasnya? Baca selengkapnya ada di bawah ini. 

Pengertian Housekeeping Secara Umum

Pengertian housekeeping secara umum yaitu bagian yang memiliki peranan penting dalam melakukan pengaturan rumah tangga hotel. Sehingga, hal ini memberikan suasana yang nyaman dan aman bagi penghuni hotel. Dari pengertian tersebut, tentu sangat jelas bahwa housekeeping menjadi peranan yang cukup penting dan harus selalu ada dalam hotel.

Housekeeping menciptakan suasana yang baik untuk para penghuni hotel. Hal ini dilakukan agar memberikan user experience yang baik bagi para penggunanya. User experience yang baik akan memberikan citra baik bagi perusahaan.

Baca juga : Tugas Housekeeping Hotel dan Pembagian Kerjanya

Pengertian Housekeeping Secara Khusus

Housekeeping secara khusus memiliki dua arti yang dipisahkan. Yaitu house memiliki arti gedung,rumah, wisma, hotel. Sedangkan, untuk keeping memiliki artian untuk memelihara, menjaga, merawat. Secara keseluruhan, dua hal tersebut jika disatukan memiliki sebuah arti yang jelas.

Jadi, housekeeping hotel adalah bagian yang membantu untuk menjaga kebersihan, mengatur peralatan, memberikan dekorasi agar hotel tampak rapi, menarik dan bersih. Serta, membuat pengalaman terbaik bagi para penghuninya. Secara keseluruhan, tanggung jawab dari housekeeping yaitu untuk memaksimalkan pemeliharaan, perawatan dan kebersihan hotel secara menyeluruh.

Pengertian Housekeeping Menurut Para Ahli

Beberapa ahli juga menyampaikan pendapatnya mengenai pengertian housekeeping. Berikut ini beberapa pendapatnya:

1. Darsono (1994)

Beliau berpendapat pengertian housekeeping hotel yaitu bagian yang memiliki tanggung jawab terhadap kebersihan, kenyamanan, kerapihan, ruangan umum, bar, restoran dan yang terdapat di hotel. Dari pendapat tersebut, bisa mendapatkan tafsiran bahwa bagian housekeeping harus memperhatikan banyak hal.

Bukan hanya membantu untuk memberikan kebersihan hotel saja. Tetapi, juga harus memperhatikan hal yang lainnya seperti kerapihan dari kamar. Serta, membuat kenyamanan hotel bagi para penghuninya. Jika hotel nyaman, maka akan lebih disenangi oleh tamu hotel yang berkunjung.

2. Rumekso (2002:1)

Housekeeping berarti bagian dari hotel yang bertugas dan bertanggung jawab terhadap kebersihan, kerapihan, keindahan dan kenyaman semua area hotel. Baik untuk area yang di luar gedung maupun di dalam gedung, begitu juga dengan kamar-kamar dari tamu, ruangan yang disewa oleh para tamu untuk dihuni.

Termasuk juga dengan restaurant, office dan toilet dari ruangan maupun hotel. Pengertian tersebut menjelaskan secara jelas mengenai housekeeping dan tugasnya. Pemahaman ini menjelaskan bahwa housekeeping tetap memiliki tanggung jawab yang besar bagi perusahaan.

3. Djihan, T.M. (1993)

Dirinya berpendapatan, Housekeeping adalah salah satu bagian yang terdapat di hotel untuk menangani hal berkaitan dengan kerapian, kebersihan, keindahan, kelengkapan kamar dan area umum lainya agar seluruh tamu dan karyawan merasakan nyaman berada di hotel.

Pengertian tersebut menjelaskan bahwa tugas dari housekeeping bukan hanya untuk tamu saja. Namun, untuk semua orang yang berada di hotel tersebut harus merasa nyaman. Caranya dengan melakukan pembersihan semua area dan menjaga kerapihan dari area gedung hotel.

4. Rizal Dan Saksono (2006:15)

Mereka berpendapat bahwa housekeeping merupakan bagian yang terbagi dalam beberapa seksi. Yaitu Housekeeping Office section, Room section, General Linen, Laundry Section, Public Area Section, Gardening And Flower Section.

Pendapat ini memiliki artian bahwa housekeeping didalamnya terdapat beberapa seksi yang bergerak sesuai dengan bidangnya. Jadi, masing-masing bidang berjalan untuk menyelesaikan pekerjaan masing-masing. Hal ini dilakukan untuk memberikan efisiensi dalam pekerjaan.

5. Dimyati (2002:59)

Menurutnya, housekeeping merupakan bagian yang memiliki tugas untuk memelihara, kerapian, kebersihan, restoran, bar, kelengkapan kamar tamu, tempat umum hotel juga termasuk dengan tempat bagi karyawan namun bukan untuk kitchen area atau lainnya yang tidak menjadi tanggung jawab standarnya.

Pengertian tersebut menjelaskan bahwa peranan housekeeping masih tetap berkaitan dengan pemeliharaan, kerapihan dan kebersihan. Hanya saja, untuk beberapa bagian yang memang tidak menjadi tanggung jawabnya maka bukan pekerjaannya. Dengan begitu, aktivitas pekerjaan yang dilakukan akan menjadi lebih jelas.

6. Menurut Kamus Istilah Pariwisata Dan Perhotelan

Pengertian housekeeping adalah pembersihkan, pemeliharan, penataan ruangan dengan perlengkapan nya sesuai dengan area yang terdapat di hotel. Pengertian tersebut menunjukan bahwa housekeeping memiliki tugas untuk memberikan pelayanan dalam kebersihan dan pemeliharaan.

Tujuannya jelas, karena kebersihan dan kenyamanan merupakan salah satu hal yang paling penting. Terutama untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi para tamu hote. Untuk itu, pelayanan kepada tamu memang harus dilakukan dengan baik.

Baca juga : Persyaratan Kerja Di Hotel Lengkap Untuk Semua Bagian

Itulah ulasan lengkap mengenai pengertian dari housekeeping. Sekarang, anda sudah mengetahui pengertiannya secara lengkap. Meskipun terdapat beberapa perbedaan dari pengertiannya namun tujuan utamanya masih tetap sama. Semoga bermanfaat!