gaji casual hotel

Gaji Casual Hotel Perhari di Beberapa Bagian Kerja

Diposting pada 368 views

Gaji Casual Hotel Perhari di Beberapa Bagian Kerja – Tahukah anda apa itu kerja casual? Kerja casual merupakan pekerjaan yang hanya dalam rentang waktu tertentu saja. Casual hotel merupakan salah satu contohnya. Bekerja menjadi casual di hotel tidak terlalu buruk, justru banyak sekali manfaatnya. Selain mendapatkan pengalaman, juga bisa mendapatkan gaji tambahan.

Biasanya, hotel membutuhkan pekerja casual dalam beberapa keperluan. Seperti untuk menggantikan pegawai tetap yang sedang berhalangan hadir, atau terdapat event-event besar. Banyak sekali pekerjaan casual hotel seperti Front Office, housekeeping dan yang lainnya. Sebenarnya, berapa gaji casual hotel? Informasi lebih lengkapnya ada di bawah ini.

Sebelumnya saya juga pernah menulis kisah saya kerja casual di hotel bintang 5. Penasaran akan cerita dan tugas-tugas yang diberikan kepada saya? Selengkapnya baca di : Pengalaman Kerja Casual Bagian Service di Hotel Bintang 5 Jogja

Berapa Gaji Casual Hotel?

Banyak dari anda yang mungkin ingin memperhatikan terlebih dahulu besaran gajinya. Berikut ini gaji casual hotel:

1. Gaji Casual Hotel Bagian Front Office

Bagian front office menjadi salah satu yang harus siap setiap saat. Untuk itu, casual hotel untuk bagian front office biasanya sangat dicari. Bagian ini bertugas untuk bertemu secara langsung dengan tamu. Kemudian, melayani keperluan seperti check-in, check-out serta melakukan penawaran produk hotel.

Bukan hanya itu saja, front office juga bertugas untuk membantu permasalahan dari tamu. Jika ingin menjadi casual front office setidaknya harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Gaji casual front office berkisar Rp. 75.000 – Rp. 100.000 per harinya.

Baca juga : Gaji Resepsionis di Hotel Bintang 2, 3, 4, dan 5 Lengkap

2. Gaji Casual Hotel Bagian Housekeeping

Pekerjaan housekeeping berperan untuk memberikan pengalaman terbaik kepada para tamu. Yaitu dengan membersihkan, merapikan bagian kamar serta seluruh hotel yang menjadi tanggung jawabnya. Seperti untuk towel, peralatan kamar semuanya harus dilakukan pengecekan secara cepat dan tepat.

Housekeeping bekerja secara tim untuk mempercepat pekerjaan. Housekeeping juga diharuskan memiliki komunikasi yang baik. Karena, nantinya jika ada kebutuhan dari tamu akan dibantu oleh housekeeping. Gaji casual housekeeping berkisar RP. 70.000 – Rp. 90.000 per harinya. Dihitung berdasarkan shift yang berjalan.

3. Gaji Casual Hotel Bagian Sales

Peran dari sales hotel sangat penting untuk memberikan penjualan produk hotel. Melakukan penjualan produk hotel tentu tidaklah mudah. Dibutuhkan strategi khusus dan sasaran dari produk tepat. Bekerja menjadi casual sales berarti membantu mencapai target penjualan. Biasanya, SE akan memberikan arahan mengenai target harian yang harus dicapai.

Untuk itu, pekerjaan menjadi sales tidak mudah karena harus bekerja berdasarkan target. Kemudian, sales juga diharuskan untuk membuat laporan aktivitas yang dilakukan setiap harinya. Besaran gaji casual sales yaitu berkisar Rp. 80.000 – Rp. 110.000 per harinya.

Baca juga : Gaji Sales Executive di Hotel Bintang 2, 3, 4, dan 5

4. Gaji Casual Hotel Bagian waitress

Tugas dari waitress melayani dan membantu kebutuhan tamu yang berkaitan dengan restoran. Jadi, saat tamu datang maka tugas waitres untuk membantu tamu. Membantu memberikan pilihan menu kemudian mencatatnya dan memberikan kepada bagian memasakan. Setelah makanan selesai dibuat, waitress menghidangkannya kepada tamu.

Nantinya, saat tamu terhadap menu tambahan atau lainnya maka bisa meminta bantuan kepada waitress. Jika dilihat, pekerjaan waitress memang tidak mudah. Namun, tanggung jawabnya cukup besar karena melayani tamu haruslah profesional. Jika waitress profesional, maka memberikan pengalaman baik bagi tamu. Besaran gajinya yaitu mulai dari Rp. 70.000 – Rp. 85.000 per harinya.

5. Gaji Casual Hotel Bagian Cook Helper

Bagian yang tidak kalah pentingnya pada sebuah hotel yaitu cook helper.  Menjadi seorang cook helper diharuskan memahami mengenai kebutuhan dalam memasak. Seperti mampu menyiapkan alat, bahan untuk memasak. Serta, bertanggung jawab terhadap stock bahan untuk memasak.

Cook helper juga diharuskan untuk merapikan kembali peralatan yang telah digunakan untuk memasak. Kemudian, jika nantinya chef membutuhkan bantuan maka cook helper harus siap untuk membantu. Gaji dari cook helper yaitu berkisar Rp. 85.000 – Rp. 120.000 per harinya. 

6. Gaji Casual Hotel Bagian Banquet

Gedung hotel tidak terlepas dari kegiatan seperti wedding, meeting dan lainnya. Jika skalanya kecil, mungkin bisa diselesaikan oleh team hotel. Tetapi, bagaimana jika skalanya besar dan harus selesai dengan cepat? Banquet merupakan orang yang membantu dalam keperluan event, membuat dekorasi, penjamuan tamu dan yang lainnya.

Casual hotel banquet biasanya membutuhkan waktu hanya beberapa hari saja. Karena, yang dilakukan biasanya untuk keperluan event yang besar. Banquet diharuskan memahami dengan benar bagaimana persiapan bisa dilakukan sesuai pada rencananya. Gaji seorang banquet yaitu berkisar Rp. 80.000 – Rp. 120.000 per harinya.

Baca juga : Gaji Daily Worker Di Hotel Lengkap Semua Bidang!

Apakah Bekerja Menjadi Casual Hotel Akan Mendapatkan Tunjangan?

Berkaitan dengan tunjangan, jika bekerja menjadi casual hotel tentu bukan pegawai tetap. Jadi, jika bekerja hanya dalam hitungan hari saja maka tidak mendapatkan tunjangan kerja. Namun, bisa saja seorang casual hotel akan mendapatkan gaji tambahan.

Tergantung pada kebijakan dari hotel tersebut apakah memberikan tunjangan atau tidak. Jika diberikan tunjangan, besarannya juga sesuai dengan kebijakan hotel.Jadi, apakah anda tertarik untuk bekerja menjadi casual hotel?

Gaji casual hotel disesuaikan dengan bidang masing-masing. Setelah membaca artikel ini, tentunya anda memiliki pilihan tersendiri. Setidaknya, menjadi casual hotel bisa mendapatkan gaji yang sesuai pada tugasnya. Semoga bermanfaat!

Gambar Gravatar
Suka dengan kata dan cinta dengan karya.