tugas sales representative
Berapa Potongan ATM BCA Per Bulan?

Sales Representative: Tugas, Jobdesk, Jenjang Karir dan Gaji

Diposting pada 1.976 views

Tugas Sales Representative – Dalam dunia bisnis dan marketing, Sales Representative merupakan ujung tombak untuk bidang penjualan. Tak bisa dipandang sebelah mata, mereka adalah garda depan yang memperkenalkan produk serta membangun brand awareness dari suatu perusahaan.

Dalam Bahasa Inggris, Sales dapat diartikan dengan menjual sedangkan representative diartikan dengan mewakili atau mengambarkan. Sehingga Sales Representative dapat diartikan sebagai seseorang yang menjual produk dari sebuah perusahaan baik itu jasa ataupun barang dan juga mewakili perusahaan itu sendiri.

Tak bisa dipandang sebelah mata, Sales Representative banyak dicari baik perusahaan besar maupun kecil yang tak hanya untuk memperkenalkan produknya namun juga untuk meningkatkan penjualan. Meskipun memiliki jobdesk yang  hampir sama dengan seorang marketing namun profesi Sales Representative memiliki jenjang karier yang menjanjikan. Menarik bukan ? Untuk lebih memahami mengenai apa itu Sales Representative, tugas dan jenjang kariernya mari kita simak ulasan berikut.

Apa itu Sales Reprentative ?

Sales Representative adalah seorang professional yang berada dalam suatu perusahaan yang memiliki tugas untuk memperkenalkan suatu produk atau jasa hingga menjualnya kepada masyarakat, pebisnis, organisasi hingga pemerintah.

Tugas Sales Reprentative

Tak hanya sebatas memperkenalkan dan menjual produk atau jasa dari suatu perusahaan, seorang Sales Representative memiliki tugas rinci yang dijabarkan sebagai berikut :

1. Membuka Pasar Baru

Sebelum melakukan penjualan barang, tugas pertama yang dilakukan oleh seorang Sales Representative adalah memperkenalkan produk atau jasa dari perusahaan agar dikenal oleh masyarakat luas.

Tidak asal memperkenalkan, setiap Sales Representative harus mampu mengenali jenis sasarannya dan mengetahui metode pengenalan seperti apa yang akan digunakan. Misalnya , mengunakan metode canvasing, door too door, atau beberapa cara lainnya agar product knowledge dapat tersampaikan dengan baik. Melakukan pengenalan produk kepada konsumen

2. Melakukan pengenalan produk kepada konsumen

Setelah membuka pasar baru, seorang sales representative harus dapat memastikan kalau informasi detail mengenai produk dapat tersampaikan dengan baik. Karena itu seorang sales representative harus menguasai product knowledge yang baik. Sehingga seorang Sales Representative yang handal tidak hanya bisa menjelaskan mengenai sutu produk namun juga menjawab semua pertanyaan dengan baik.

3. Menjual Produk Sesuai Target

Setelah produk dikenali dengan baik, Sales Representative harus dapat menjual produk yang ditawarkan tak hanya sekali namun juga berkali โ€“ kali. Karena setiap Sales Representative diberikan target yang harus dicapai setiap bulannya. Karena itu tak hanya menjaring konsumen baru, tapi pembeli yang loyal menjadi sasaran utama seorang Sales Representative.

4. Menjaga Hubungan Baik dengan Konsumen

Berbeda dengan marketing yang hanya memasarkan atau menjual produk, seorang Sales Representative memiliki tanggung jawab untuk tetap berkomunikasi baik kepada calon konsumen atau yang telah menjadi konsumen. Segala kendala dan permasalahan yang berkaitan dengan produk harus dapat diatasi dengan baik. Karena prinsip dari seorang Sales Reprensentative adalah menjaga hubungan yang baik dengan konsumen

5. Membantu Proses Pengiriman Barang Maupun Retur

Setelah konsumen memesan barang , Sales Representative harus memastikan barang tersebut diproses dengan baik kemudian dikirimkan ke konsumen tanpa kendala.

Ketika barang sudah diterima dan digunakan, Sales Representative dapat menyakan mengenai kepuasan dalam mengunakan produk tersebut. Jika ternyata ada cacat produksi, sarankan kepada konsumen untuk melakukan pengembalian barang dan Sales Representative bertugas untuk mengawal proses retur tersebut.

6. Menjaga Nama Baik Perusahaan

Tak hanya dalam lingkungan kerja, seorang Sales Representative harus mampu untuk menjaga nama baik perusahaan dimanapun berada. Tak hanya dari ucapan dan tingkah laku, sebaikknya juga menjaga tulisan di social media. Hal ini harus dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan dari konsumen terhadap Sales Representative dan juga perusahaan.

Tanggung Jawab Sales Representative

Setelah mengetahui mengenai tugas dari seorang Sales Representative, berikut merupakan tanggung jawab utamannya :

1. Memastikan bahwa produk yang ditawarkan diketahui oleh masyarakat.

Seorang Sales Representative tak hanya memperkenalkan nama produk yang dibawannya, namun juga harus mampu memberikan informasi terkait manfaat dan cara pengunaan dari produk tersebut.

2. Memastikan Penjualan dan tujuan perusahaan  Sesuai dengan  Harapan

Tak hanya dekat dengan konsumen, Sales Representative harus menjalin kedekatan dengan distributor serta pedagang kecil. Satu sampai dua minggu setelah produk ditawarkan ke pasaran, Sales Representative harus memantau berapa jumlah penjualannya. Ketika dirasa jauh dari target perusahaan, segera perbarui strategi agar target penjualan dapat dikejar di akhir bulan.

3. Memastikan Hubungan Baik antara Pelangan dengan Perusahaan

Distributor dan pedagang kecil memiliki peran yang sangat penting dalam penjualan produk, karena itu Sales Representative harus mendapat menjaga hubungan baik antara perusahaan dengan pihak โ€“ pihak tersebut. Pengiriman barang tepat waktu, pemberian diskon, pemberian merchandise harus diperhatikan agar tidak mengecewakan kedua belah pihak.

4. Memastikan Alur Penjualan Benar

Sales Representative juga harus memantau pihak distributor serta menjual barang pada harga yang disarankan. Jangan sampai merugikan konsumen dengan menjual pada harga terlampau tinggi dari yang seharusnya. Selain itu saat pemesanan Sales Representative harus memastikan berapa jumlah yang dipesan , barang yang rusak serta yang harus dikembalikan. Jangan sampai terjadi kesalahan dalam prosesnya agar SOP dapat terlaksana dengan baik.

5. Menjaga Citra Perusahaan

Seorang Sales Representative harus menjaga nama baik perusahaan layaknya menjaga nama baik sendiri. Sales Representative dilarang memberikan informasi yang menyesatkan, menjelek โ€“ jelekan kompetitor serta bertutur kata kuran baik. Karena ketika seorang Sales Representative melakukan kesalahan saat bekerja maka perusahaan ikut bertanggung jawab terhadap hal tersebut.

Skill Untuk Menjadi Sales Representative

Tak hanya dikarenakan gaji serta bonus yang menjanjikan, profesi sebagai seorang  Sales Representative dapat dikatakan memiliki jenjang karier yang terbuka lebar. Untuk mejadi seorang Sales Representative yang handal berikut beberapa skill wajib yang harus dimiliki :

1. Ketrampilan Berbicara

Sales representative harus dapat berkomunikasi dengan baik, ramah dan informatif kepada konsumen. Memiliki dasar sebagai customer service merupakan dasar yang baik untuk memulai profesi ini.

2. Ketrampilan Mendengar

Tak hanya harus ramah dalam berbicara dan memberikan informasi, seorang Sales representative harus dapat mendengar segala masukan dan keluhan dari nasabah dengan sabar serta bijaksana.

3. Fleksibel

Berbeda dengan karyawan pada umumnya, seorang Sales representative dituntut untuk dapat bekerja secara fleksibel. Karena terkadang harus menyeseuaikan waktu dari konsumen, melayani di hari libur serta bekerja melebihi jam kerja yang sudah ditentukan. Karena itu jika ingin menjadi seorang Sales representative harus bersedia dengan resiko mengorbankan waktu pribadi yang ada.

4. Pantang Menyerah

Menawarkan suatu produk memiliki kesulitan tersendiri seperti ditolak oleh konsumen, mengabaikan informasi yang diberikan atau ditolak secara kurang pantas. Tantangan tersebut harus mampu ditakhlukan oleh seorang Sales representative yang handal. Profesi ini menuntut mental yang gigih serta tidak gampang menyerah terhadap segala kesulitan yang terjadi di lapangan.

Jobdesk Sales Representative

Pada umumnya seorang Sales representative memiliki job deskripsi sebagai berikut :

  • Mengunjungi customer yang potensial untuk pengembangan bisnis baru.
  • Mereview kembali sales performance sendiri setiap hari/minggu/bulan.
  • Melengkapi tugas pekerjaan administrasi, dan tugas prioritas yang di tugaskan oleh atasan.
  • Mencari dan memiliki client / customer potensial sendiri
  • Memastikan bahwa semua item produk telah dikirimkan kepada customer klien di tempat / di toko tepat waktu.
  • Bertanggung jawab dan melapor kepada atasan terkait
  • Membuat work plan, list customer yang diprioritaskan, membuat laporan setiap minggu, melaporkan klaim kunjungan dan memenuhi target dari perusahaan.

Jenjang Karier dan Gaji Sales Representative

Tak hanya berhenti sebagai seorang Sales representative yang berkerja di lapangan, namun profesi ini juga menawarkan jenjang karier yang cukup menjanjikan :

1. Junior Sales

Junior sales merupakan bagian dari profesi Sales representative yang baru memulai berkarir. Junior sales memiliki tugas untuk menginformasikan produk dari perusahaan kepada konsumen dengan target yang tidak terlalu besar. Jika penjualan selalu memenuhi target maka dapat dipromosikan ke jabatan yang lebih tinggi serta mendapatkan berbagai fasilitas. Gai yang ditawarkan mulai dari Rp. 4.500.000 belum termasuk bonus.

2. Senior Sales

Satu tingkat diatas junior sales, pada jenjang ini Sales representative telah memiliki database konsumen yang valid. Sehingga akan lebih mudah memenuhi target penjualan sekaligus mencari konsumen baru. Senior sales biasannya sudah difasilitasi dengan kendaraan serta alat komunikasi yang mumpuni. Gaji yang ditawarkan berada pada kisaran Rp. 7.000.000

3. Sales Management

Saat Sales representative telah menjadi sales management, ia bertugas untuk mengatur strategi penjualan yang harus dilakukan oleh lini dibawahnya. Ia bertanggung jawab merekrut serta melatih Sales representative yang handal dalam memasarkan serta memperkenalkan produk perusahaan. Dengan tanggung jawab yang cukup besar Sales management berhak dibayar senilai Rp. 10.000.000 ke atas.

4. Sales Leader

Sales Leader merupakan pimpinan dalam divisi penjualan, ia memiliki tanggung jawab pada kinerja Sales representative serta target penjualan yang diberikan oleh perusahaan. Tak hanya memiliki tujuan untuk memenuhi target, sales leader juga memiliki tugas membranding perusahaan tersebut agar dikenal dengan baik di masyarakat. Seorang sales leader dapat mencapai gaji Rp. 12.000.000 ke atas belum termasuk tunjangan serta bonus.

Baca juga artikel lain seputar “Tugas & Jobdesk Sales Representative” :

Gambar Gravatar
Seorang praktisi Pemasaran, SEO dan Digital Marketing. Suka dengan kata dan cinta dengan karya. Turut memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui beragam artikel pendidikan di kitapunya.net.