tugas admin legal

Tugas Admin Legal: Kualifikasi, Skills, Jenjang Karir, dan Gaji

Diposting pada 3,469 views

Admin legal adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengurus berbagai hal yang berkaitan dengan hukum di suatu perusahaan atau organisasi. Admin legal biasanya memiliki latar belakang pendidikan hukum atau pengalaman kerja di bidang hukum.

Pengertian Admin Legal

Admin legal adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk mengurus berbagai aspek hukum yang berkaitan dengan kegiatan perusahaan atau organisasi. Admin legal dapat melakukan berbagai tugas, seperti menyusun dan meninjau kontrak, surat kuasa, perjanjian kerjasama, dan dokumen hukum lainnya; mengurus perizinan, sertifikat, dan hak cipta; mengurus korespondensi dengan pihak eksternal, seperti klien, mitra, pemerintah, atau pengadilan; mengurus administrasi perkara hukum, seperti menyimpan bukti, dokumen, dan arsip; serta memberikan bantuan dan saran hukum kepada manajemen atau staf perusahaan.

Admin legal harus memiliki kualifikasi dan kompetensi yang sesuai dengan bidang hukum yang dihadapi oleh perusahaan atau organisasi. Admin legal harus memiliki latar belakang pendidikan hukum, minimal sarjana hukum (S.H.) atau diploma hukum.

Admin legal juga harus memiliki pengetahuan dan pemahaman yang luas tentang peraturan perundang-undangan yang berlaku, baik nasional maupun internasional. Selain itu, admin legal harus memiliki keterampilan komunikasi, negosiasi, analisis, penyelesaian masalah, dan manajemen waktu yang baik. Admin legal juga harus mampu bekerja secara mandiri maupun tim, serta beradaptasi dengan situasi yang berubah-ubah.

Admin legal adalah salah satu profesi yang penting dan menantang dalam dunia bisnis atau organisasi. Admin legal berperan sebagai penghubung antara perusahaan atau organisasi dengan pihak-pihak yang terkait dengan aspek hukum.

Admin legal juga berperan sebagai penjaga kepatuhan perusahaan atau organisasi terhadap hukum dan etika. Dengan demikian, admin legal dapat membantu perusahaan atau organisasi untuk menjalankan kegiatan secara efektif, efisien, dan bertanggung jawab.

Tugas Admin Legal

Beberapa tugas admin legal antara lain:

  1. Membuat dan menyimpan dokumen hukum, seperti kontrak, perjanjian, surat kuasa, dan lain-lain.
  2. Mengurus perizinan, sertifikat, dan dokumen resmi lainnya yang dibutuhkan oleh perusahaan atau organisasi.
  3. Menjaga hubungan baik dengan pihak eksternal, seperti klien, mitra, pemerintah, pengadilan, dan lain-lain.
  4. Memberikan bantuan dan saran hukum kepada manajemen atau karyawan terkait masalah hukum yang dihadapi oleh perusahaan atau organisasi.
  5. Melakukan riset hukum dan menyusun laporan atau analisis hukum sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau organisasi.
  6. Mengikuti perkembangan hukum dan peraturan yang berlaku dan memberikan informasi yang relevan kepada perusahaan atau organisasi.
  7. Mengatur dan mengawasi proses pengarsipan dan penyimpanan dokumen hukum secara terstruktur untuk memastikan aksesibilitas yang mudah dan kepatuhan terhadap kebijakan privasi dan keamanan data.
  8. Membantu dalam penyusunan dan peninjauan kontrak, serta memastikan kepatuhan terhadap ketentuan hukum dan peraturan yang berlaku.
  9. Mendukung dalam penyelidikan dan penelitian hukum terkait masalah perusahaan, termasuk pengumpulan data dan informasi yang relevan.
  10. Memastikan pengarsipan dan pemeliharaan catatan hukum yang akurat, seperti daftar litigasi, penyelesaian hukum, dan proses hukum yang sedang berlangsung.
  11. Menangani komunikasi internal dan eksternal yang berkaitan dengan masalah hukum, termasuk komunikasi dengan pengacara eksternal atau pihak terkait.

Admin legal harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, baik lisan maupun tulisan. Admin legal juga harus memiliki pengetahuan hukum yang luas dan mampu menganalisis masalah hukum secara kritis dan logis.

Selain itu, admin legal harus memiliki keterampilan administrasi yang baik, seperti mengelola data, dokumen, dan waktu dengan efisien dan rapi. Admin legal juga harus memiliki integritas, etika, dan profesionalisme yang tinggi dalam menjalankan tugasnya.

Admin legal adalah salah satu profesi yang penting dan menantang di dunia kerja saat ini. Admin legal dapat memberikan kontribusi yang besar bagi kelancaran dan kesuksesan operasional perusahaan atau organisasi.

Jika Anda tertarik untuk menjadi admin legal, Anda dapat mencari informasi lebih lanjut tentang persyaratan, peluang, dan prospek karir di bidang ini.

Kualifikasi Admin Legal

  1. Memiliki gelar Sarjana Hukum atau bidang terkait.
  2. Pengalaman kerja sebagai admin legal atau posisi administratif terkait di departemen hukum akan menjadi nilai tambah.
  3. Memahami dasar-dasar hukum perusahaan dan pemahaman umum tentang proses hukum.
  4. Kemampuan komunikasi yang baik, baik lisan maupun tulisan, dengan kemampuan bahasa Inggris yang baik.
  5. Keterampilan organisasi yang tinggi dengan perhatian terhadap detail.
  6. Kemampuan dalam mengelola waktu, multitasking, dan bekerja dalam tenggat waktu yang ketat.
  7. Mahir dalam penggunaan perangkat lunak kantor, seperti Microsoft Office.
  8. Kemampuan bekerja secara mandiri maupun dalam tim.

Jenjang Karir Admin Legal

Sebagai seorang Admin Legal, ada beberapa jenjang karir yang dapat diikuti dengan pengalaman dan pengembangan keterampilan yang tepat. Berikut adalah beberapa jenjang karir yang umum dalam bidang admin legal:

1. Admin Legal Junior

Posisi awal sebagai Admin Legal, di mana Anda akan bekerja di bawah pengawasan langsung dari staf senior atau pengacara. Anda akan bertanggung jawab untuk melakukan tugas administratif dasar dan mendukung departemen hukum dalam kegiatan sehari-hari.

2. Admin Legal Senior

Setelah beberapa tahun pengalaman sebagai Admin Legal Junior, Anda dapat naik ke posisi Senior. Pada level ini, Anda akan memiliki tanggung jawab yang lebih besar, seperti mengelola proyek hukum yang lebih kompleks, mengkoordinasikan tim admin legal, dan berinteraksi lebih banyak dengan mitra internal dan eksternal.

3. Spesialis Hukum (Legal Specialist)

Dengan pengalaman yang luas dan pengetahuan hukum yang mendalam, Anda dapat memilih untuk menjadi seorang Spesialis Hukum. Sebagai seorang spesialis, Anda akan mengkhususkan diri dalam bidang tertentu, seperti hukum perusahaan, hukum kontrak, hukum ketenagakerjaan, atau hukum kekayaan intelektual. Anda akan menjadi ahli dalam bidang tersebut dan memberikan saran serta solusi hukum yang lebih kompleks.

4. Koordinator Hukum (Legal Coordinator)

Dalam perjalanan karir sebagai admin legal, Anda juga dapat mencapai posisi Koordinator Hukum. Sebagai seorang Koordinator Hukum, Anda akan mengelola operasi harian departemen hukum, mengoordinasikan kegiatan dan proyek hukum, dan menjadi titik kontak utama antara departemen hukum dan departemen lain di perusahaan.

5. Manajer Hukum (Legal Manager)

Dalam tahap karir yang lebih lanjut, Anda dapat mencapai posisi Manajer Hukum. Sebagai Manajer Hukum, Anda akan menjadi pemimpin departemen hukum, mengelola tim, merumuskan kebijakan dan prosedur hukum, serta memberikan arahan strategis kepada perusahaan dalam hal kepatuhan hukum.

6. Manajemen Eksekutif (Executive Management)

Dengan pengalaman yang luas dan kemampuan kepemimpinan yang terbukti, Anda dapat mencapai posisi manajemen eksekutif di perusahaan. Di level ini, Anda akan menjadi bagian dari tim manajemen tingkat atas dan berkontribusi dalam pengambilan keputusan strategis perusahaan secara keseluruhan.

Skills Yang Harus Dimiliki seorang Admin Legal

Seorang admin legal adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengurus berbagai hal yang berkaitan dengan hukum di suatu perusahaan atau organisasi. Admin legal harus memiliki beberapa skills yang dapat membantu mereka dalam menjalankan tugasnya dengan baik dan efisien. Berikut adalah beberapa skills yang harus dimiliki seorang admin legal:

1. Komunikasi yang baik

Seorang admin legal harus mampu berkomunikasi dengan baik dengan berbagai pihak, baik internal maupun eksternal, seperti klien, pengacara, notaris, pihak berwenang, dan lain-lain.

Komunikasi yang baik meliputi kemampuan untuk menyampaikan informasi dengan jelas, tepat, dan sopan, serta mendengarkan dan memahami kebutuhan dan harapan dari pihak lain.

2. Pengetahuan hukum yang luas.

Seorang admin legal harus memiliki pengetahuan hukum yang luas, terutama yang berkaitan dengan bidang usaha atau kegiatan dari perusahaan atau organisasi tempat mereka bekerja.

Pengetahuan hukum yang luas dapat membantu mereka dalam membuat dan mengelola dokumen hukum, seperti kontrak, perjanjian, surat kuasa, surat pernyataan, dan lain-lain. Selain itu, pengetahuan hukum yang luas juga dapat membantu mereka dalam menyelesaikan masalah atau konflik hukum yang mungkin timbul.

3. Keterampilan administrasi yang baik

Seorang admin legal harus memiliki keterampilan administrasi yang baik, seperti mengatur jadwal, menyimpan dan mengarsipkan dokumen, membuat laporan, mengurus perizinan, dan lain-lain.

Keterampilan administrasi yang baik dapat membantu mereka dalam menjaga kerapian, ketertiban, dan keamanan dari dokumen dan data hukum yang ada di perusahaan atau organisasi.

4. Keterampilan teknologi informasi yang memadai

Seorang admin legal harus memiliki keterampilan teknologi informasi yang memadai, seperti mengoperasikan komputer, internet, email, aplikasi perkantoran, aplikasi hukum, dan lain-lain.

Keterampilan teknologi informasi yang memadai dapat membantu mereka dalam mempermudah dan mempercepat proses kerja mereka, serta meningkatkan kualitas dan akurasi dari dokumen dan data hukum yang mereka buat atau kelola.

5. Sikap profesional dan etis

Seorang admin legal harus memiliki sikap profesional dan etis dalam bekerja. Sikap profesional dan etis meliputi kemampuan untuk bekerja dengan disiplin, tanggung jawab, integritas, loyalitas, kerjasama, dan rasa hormat. Sikap profesional dan etis juga meliputi kemampuan untuk menjaga kerahasiaan dan kepentingan dari perusahaan atau organisasi tempat mereka bekerja.

Itulah beberapa skills yang harus dimiliki seorang admin legal. Dengan memiliki skills tersebut, seorang admin legal dapat memberikan kontribusi yang positif bagi perusahaan atau organisasi tempat mereka bekerja.

Tips Sukses Berkarir Sebagai Admin Legal

Salah satu profesi yang menarik dan menantang di bidang hukum adalah admin legal. Admin legal adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengurus berbagai hal administratif yang berkaitan dengan kegiatan hukum, seperti membuat surat, menyusun dokumen, mengatur jadwal, dan lain-lain. Admin legal juga harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup tentang hukum, agar dapat membantu para pengacara, notaris, atau konsultan hukum dalam menyelesaikan kasus-kasus yang mereka tangani.

Untuk menjadi admin legal yang profesional, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan dan diperhatikan. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda untuk memulai dan mengembangkan jenjang karir sebagai admin legal.

1. Tempuh Syarat Pendidikan dan Ikuti Sertifikasi

Meskipun tidak ada persyaratan khusus untuk menjadi admin legal, namun memiliki latar belakang pendidikan di bidang hukum akan sangat membantu.

Anda dapat menempuh pendidikan formal di perguruan tinggi atau universitas yang menyelenggarakan program studi hukum, atau mengambil kursus-kursus singkat yang berkaitan dengan hukum.

Selain itu, Anda juga dapat mencari sertifikat-sertifikat yang dapat menunjukkan kompetensi Anda sebagai admin legal, seperti sertifikat administrasi hukum, sertifikat paralegal, atau sertifikat sekretaris hukum.

2. Perbanyak Pengalaman dan Portofolio

Salah satu cara untuk meningkatkan kredibilitas dan keterampilan Anda sebagai admin legal adalah dengan memiliki pengalaman dan portofolio yang baik. Anda dapat mencari pekerjaan atau magang di berbagai lembaga atau organisasi yang bergerak di bidang hukum, seperti kantor pengacara, notaris, konsultan hukum, perusahaan, pemerintah, atau LSM.

Dengan bekerja atau magang di tempat-tempat tersebut, Anda akan mendapatkan kesempatan untuk belajar banyak hal tentang administrasi hukum, serta membangun jaringan profesional dengan para pelaku hukum.

Selain itu, Anda juga dapat membuat portofolio yang berisi contoh-contoh hasil kerja Anda sebagai admin legal, seperti surat-surat, dokumen-dokumen, atau laporan-laporan yang telah Anda buat atau susun.

3. Kembagkan Keterampilan dan sikap Profesional

Sebagai admin legal, Anda dituntut untuk memiliki keterampilan dan sikap yang profesional dalam menjalankan tugas-tugas Anda. Beberapa keterampilan yang penting untuk dimiliki adalah keterampilan komunikasi, keterampilan organisasi, keterampilan komputer, keterampilan penelitian, dan keterampilan analisis. Selain itu, Anda juga harus memiliki sikap yang positif, proaktif, teliti, tanggap, dan bertanggung jawab dalam bekerja sebagai admin legal.

4. Kembangkan diri dan karir

Karir sebagai admin legal tidak berhenti sampai di situ saja. Anda dapat terus mengembangkan diri dan karir Anda dengan mengikuti perkembangan hukum yang terjadi di sekitar Anda.

Anda dapat membaca buku-buku, majalah-majalah, atau artikel-artikel tentang hukum, menghadiri seminar-seminar atau workshop-workshop yang berkaitan dengan hukum, atau bergabung dengan komunitas-komunitas profesional yang bergerak di bidang hukum.

Dengan demikian, Anda akan selalu update dengan informasi-informasi terbaru tentang hukum, serta meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Anda sebagai admin legal.

5. Jeli melihat peluang dan suka tantangan

Menjadi admin legal tentu saja memiliki peluang dan tantangan tersendiri. Peluangnya adalah Anda dapat bekerja di berbagai sektor yang membutuhkan jasa admin legal, seperti sektor swasta, publik, maupun sosial. Anda juga dapat memiliki kesempatan untuk berkarir lebih tinggi sebagai pengacara, notaris, atau konsultan hukum jika Anda memiliki kualifikasi yang sesuai.

Tantangannya adalah Anda harus siap menghadapi berbagai situasi yang kompleks dan dinamis yang terkait dengan hukum, serta bersaing dengan para admin legal lainnya yang juga memiliki kompetensi yang tinggi.

Demikianlah beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk memulai dan mengembangkan jenjang karir sebagai admin legal.

Kisaran Gaji Admin Legal

Salah satu profesi yang banyak dicari oleh perusahaan adalah admin legal. Admin legal adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengurus berbagai dokumen dan perizinan yang berkaitan dengan kegiatan usaha perusahaan. Admin legal juga harus memastikan bahwa semua dokumen dan perizinan tersebut sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

Namun, berapa sih kisaran gaji seorang admin legal? Apakah profesi ini cukup menjanjikan dari segi finansial? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita perlu melihat beberapa faktor yang mempengaruhi besarnya gaji seorang admin legal, seperti:

1. Tingkat pendidikan

Umumnya, perusahaan lebih memilih admin legal yang memiliki latar belakang pendidikan hukum, baik itu sarjana hukum (S.H.) maupun diploma hukum. Hal ini karena admin legal harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup tentang hukum bisnis, kontrak, perpajakan, dan lain-lain.

Selain itu, admin legal juga harus bisa berkomunikasi dengan baik dengan pihak-pihak terkait, seperti notaris, pengacara, pemerintah, dan klien. Tentu saja, tingkat pendidikan yang lebih tinggi akan memberikan nilai tambah bagi admin legal dan berpengaruh pada besarnya gaji yang diterima.

2. Pengalaman kerja

Pengalaman kerja juga menjadi salah satu faktor yang menentukan kisaran gaji seorang admin legal. Semakin lama seseorang bekerja sebagai admin legal, semakin banyak pula pengalaman dan jaringan yang dimiliki. Hal ini akan meningkatkan kredibilitas dan kompetensi admin legal di mata perusahaan.

Selain itu, pengalaman kerja juga akan membantu admin legal untuk menyelesaikan berbagai masalah dan tantangan yang mungkin dihadapi dalam pekerjaannya. Oleh karena itu, pengalaman kerja yang lebih banyak akan berdampak pada kenaikan gaji seorang admin legal.

3. Jenis perusahaan

Jenis perusahaan juga berpengaruh pada kisaran gaji seorang admin legal. Biasanya, perusahaan-perusahaan besar atau multinasional akan memberikan gaji yang lebih tinggi bagi admin legal dibandingkan dengan perusahaan-perusahaan kecil atau lokal.

Hal ini karena perusahaan-perusahaan besar atau multinasional memiliki skala usaha yang lebih luas dan kompleks, sehingga membutuhkan admin legal yang lebih profesional dan handal. Selain itu, perusahaan-perusahaan besar atau multinasional juga memiliki standar dan sistem penggajian yang lebih baik dan transparan bagi karyawan-karyawannya.

4. Lokasi kerja

Lokasi kerja juga mempengaruhi kisaran gaji seorang admin legal. Umumnya, admin legal yang bekerja di kota-kota besar atau ibu kota akan mendapatkan gaji yang lebih tinggi dibandingkan dengan admin legal yang bekerja di kota-kota kecil atau daerah.

Hal ini karena kota-kota besar atau ibu kota memiliki biaya hidup yang lebih tinggi dan persaingan yang lebih ketat di pasar kerja. Selain itu, kota-kota besar atau ibu kota juga memiliki peluang dan kesempatan yang lebih banyak bagi admin legal untuk mengembangkan karir dan kompetensinya.

Berdasarkan beberapa faktor di atas, kita bisa mengestimasi kisaran gaji seorang admin legal di Indonesia. Rata-rata gaji seorang admin legal di Indonesia adalah Rp 4.500.000 per bulan (data per Juni 2021). Namun, angka ini bisa berbeda-beda tergantung pada faktor-faktor yang telah disebutkan sebelumnya.

Sebagai contoh, admin legal yang memiliki latar belakang pendidikan S.H., pengalaman kerja 3 tahun, bekerja di perusahaan multinasional, dan berlokasi di Jakarta bisa mendapatkan gaji sekitar Rp 7.000.000-Rp 10.000.000 per bulan. Sementara itu, admin legal yang memiliki latar belakang pendidikan D.H., pengalaman kerja 1 tahun, bekerja di perusahaan lokal, dan berlokasi di Bandung bisa mendapatkan gaji sekitar Rp 3.000.000-Rp 4.000.000 per bulan.

Dari uraian di atas, kita bisa melihat bahwa profesi admin legal cukup menarik dan menjanjikan dari segi gaji. Namun, tentu saja, gaji bukanlah satu-satunya hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih profesi. Admin legal juga harus memiliki minat, bakat, dan passion dalam bidang hukum dan administrasi. Selain itu, admin legal juga harus terus belajar dan mengembangkan diri agar bisa bersaing dan beradaptasi dengan perkembangan zaman.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang tertarik untuk menjadi seorang admin legal atau ingin mengetahui lebih banyak tentang profesi ini. Terima kasih telah membaca.

Baca juga:

Gambar Gravatar
Tim Editorial KitaPunya.net adalah seorang profesional di bidang Manajemen, Teknologi Digital dan Marketing dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. KitaPunya.net saat ini menjadi situs pendidikan dan karir yang selalu berusaha memberikan inforamasi akurat, terpecaya dan terupdate.