Tips menjadi akuntan profesional
Tips Menjadi Akuntan Profesional

10 Tips Menjadi Akuntan Profesional yang Sukses

Diposting pada 132 views

Tips menjadi akuntan profesional – Akuntan merupakan profesi dengan pekerjaan yang berhubungan dengan catatan dan perhitungan mengenai keuangan. Profesi akuntan biasanya ditemui dalam sektor apapun seperti pemerintahan, perusahaan, atau organisasi. Artinya, profesi akuntan merupakan profesi yang selalu ada di bidang manapun bahkan non-profit sekalipun. Seorang akuntan biasanya bertugas untuk membuat catatan laporan keuangan.

Pekerjaan dalam bidang akuntan ini selalu dibutuhkan maka dari itu jurusan ini selalu ada di sekolah menengah kejuruan maupun di tingkat universitas dan termasuk dari jurusan yang paling banyak diminati karena prospek kerja akuntan yang sangat luas dan cukup banyak peluang pekerjaan di berbagai perusahaan.

Maka dari itu untuk kamu yang memiliki minat dan keahlian dalam bidang akuntan ada beberapa tips untuk menjadi akuntan professional yang sukses.

Tips Menjadi Akuntan Profesional

tips menjadi akuntan profesional

1. Mempunyai gelar akuntansi

Untuk kamu yang memiliki ketertarikan dan bakat dalam bidang akuntansi sebaiknya terus menekuni ilmu ini dan melanjutkan ke jenjang sekolah yang tinggi dan menjadi gelar sarjana akuntansi. Hal ini untuk meningkatkan ilmu mu mengenai bidang akuntansi.

Perusahaan juga akan lebih tertarik jika kamu memiliki latar belakang pendidikan akuntansi yang sesuai dengan posisi yang kamu lamar yaitu akuntan.

2. Mengikuti program internship

Kamu yang baru saja lulus dari perguruan tinggi dengan jurusan akuntansi, tak ada salahnya bergabung untuk program internship akuntan di berbagai perusahaan. Hal ini sangat berguna untuk menambah pengalaman dalam bidang akuntan sehingga diharapkan ilmu dan pengalaman bertambah dan nantinya akan menjadi seorang akuntan yang professional di perusahaan.

Baca juga : Cost Analysis (Akuntan Biaya) – Tugas, Persyaratan dan Gaji

3. Mengambil sertifikat CPA

Apa itu CPA? CPA merupakan Certified Public Accountant yaitu sebuah sertifikasi professional akuntansi di Indonesia untuk para akuntan publik. Bagi seorang akuntan yang memilikinya akan menambah nilai tambah bagi pemegangnya. Pemegang sertifikat professional seperti akan lebih dipercaya oleh perusahaan.

4. Kemauan terus belajar

Menjadi seorang akuntan professional tentu saja harus memiliki pengetahuan luas dan keterampilan yang menunjang seorang akuntan. Seorang akuntan harus memiliki kemauan untuk terus belajar dan menggali pengetahuan yang banyak. Jika memungkinkan ikutlah pelatihan maupun mengambil sertifikasi profesi akuntan.

5. Penghitungan akurat

Seorang akuntan yang professional tentu saja harus memiliki pengalaman yang cukup dan tentu saja harus akurat dalam menghadapi segala perhitungan. Karena akuntansi selalu berkaitan dengan angka, maka akuntan professional harus mampu membuat perhitungan yang akurat dan benar untuk perusahaan.

Baca juga : Accounting Staff – Jobdesk, Tugas, Kualifikasi dan Gajinya

6. Harus detail dan teliti

Sekali lagi, karena seorang akuntan akan selalu berhubungan dengan perhitungan angka dan laporan-laporan keuangan perusahaan maka dari itu seorang akuntan harus bekerja secara professional, detail, dan teliti agar segala perhitungan yang dilakukan tidak keliru.

7. Disiplin

Pekerjaan seorang akuntan akan terus berhubungan dengan laporan keuangan perusahaan. Seorang akuntan yang professional harus memiliki sikap disiplin dalam membua laporan secara tepat waktu. Jika kamu ingin jadi akuntan yang professional selain disipilin kamu juga tidak menyepelekan data sekecil apapun, taat pada regulasi, patuh pada kebijakan perusahaan.

8. Konsisten

Seorang akuntan professional juga harus memiliki sikap yang konsisten. Ia harus melalukan semua hal dengan konsisten seperti mulai dari prosedur akuntansi, metode yang digunakan, format penyajian, satuan ukuran, dan lain sebagainya.

9. Jujur

Tak hanya menjadi seorang akuntan professional. Setiap profesi apapun harus mementingkan seluruh aspek kejujuran. Untuk seorang akuntan, kejujuran dapat dilakukan dengan cara melaporkan laporan keuangan dengan sebenar-benarnya.

10. Skeptis

Skeptis, artinya seorang akuntan tidak boleh mudah percaya pada informasi yang tidak dilandaskan dengan data. Terlebih lagi pada kegiatan bisnis, seorang akuntan tidak boleh mudah  mengatakan “iya”.

Baca juga : Accounting Assistant Manager – Tugas, Persyaratan dan Gajinya

Menjadi seorang akuntan yang sukses dan professional selain harus mengikuti beberapa program seperti sertifikat profesi tetapi harus juga diimbangi dengan sifat dan karakter kita.

Seperti, selalu menerapkan kejujuran, kedisiplinan, dan ketelitian, konsisten, dan beberapa sikap yang harus ditumbuhkan pada seorang akuntan professional. Terlebih lagi seorang akuntan memiliki tugas dan tanggung jawab dengan hal yang berhubungan dengan keuangan dan angka.

Gambar Gravatar
Seorang Sarjana Bahasa dan Sastra yang suka menulis. Linked in