kantor akuntan publik

Pengertian Kantor Akuntan Publik dan Jasa Yang Ada di Dalamnya

Diposting pada 96 views

Salah satu pekerjaan yang dianggap bergengsi adalah menjadi seorang akuntan publik. Akuntan publik akan bekerja di KAP atau kantor akuntan publik. Banyak orang yang tidak terbiasa dengan urusan keuangan dan perpajakan masih belum mengetahui apa pengertian kantor akuntan publik.

Kredibilitas dari perusahaan-perusahaan dapat dipengaruhi oleh kualitas informasi laporan keuangan. Hal tersebut juga dapat diketahui dari kualita seorang profesi akuntan publik yang digunakan untuk masalah audit dan memeriksa laporan keuangan perusahaan tersebut.

Pengertian Kantor Akuntan Publik

Kantor akuntan publik merupakan sebuah tempat bekerja bagi seseorang yang berprofesi sebagai akuntan publik untuk melakukan tugasnya. Pengertian kantor akuntan publik adalah wadah atau badan usaha untuk akuntan publik untuk menawarkan jasa.

Akuntan publik adalah seorang profesional yang memberikan dan menawarkan jasa berupa keahlian dalam bidang akuntansi yang sesuai dengan standar. Selain itu, akuntan publik juga harus memiliki izin dari Menteri Keuangan dan berhak untuk bekerja secara independen. 


Hal tersebut diatur dalam Undang-Undang Dasar Republik Indonesia No. 5 Tahun 2011 tentang Akuntan Publik. Dasar hukum lainnya terdapat dalam Peraturan Menteri Keuangan No. 154/PMK.01/2017. 

Di Indonesia, setiap akuntan publik wajib mendaftar sebagai anggta IAPI. IAPI merupakan asosiasi profesi resmi akuntan publik yang diakui oleh negara.

Jasa dalam Kantor Akuntan Publik

Masih banyak orang yang bingung dan keliru dengan perbedaan antara akuntan publik dan auditor. Akuntan publik merupakan sebuah profesi di bidang akuntansi. Sementara itu, auditor adalah istilah yang digunakan bagi seseorang yang bekerja sebagai akuntan publik. 

Auditor bekerja di KAP atau kantor akuntan publik. Auditor dalam penjelasan ini merupakan auditor independen. Terdapat dua bidang jasa yang biasanya dilakukan kantor akuntan publik. Dua bidang jasa yang disediakan oleh kantor akuntan publik, yaitu:

1. Jasa Atestasi

Jasa atestasi adalah jasa penjamin yang biasanya dilakukan oleh kantor akuntan publik. Caranya adalah dengan menerbitkan laporan tertulis sebagai suatu pertimangan dari pihak yang kompeten serta independen mengenai permasalahan atau pernyataan. 

Beberapa jasa yang termasuk ke dalam jasa atestasi, yaitu pemeriksaan keuangan proforma, review laporan keuangan, pemeriksaan laporan keuangan, serta audit umum mengenai laporan keuangan.

2. Jasa Non-atestasi

Jasa non-atestasi merupakan jasa yang diberikan oleh akuntan publik tanpa memberikan ringkasan temuan, pendapat, keyakinan serta opini pribadi lainnya. Jenis jasa ini berkaitan mengenai keuangan, manajemen, akuntansi, perpajakan, dan kompilasi. 

Contoh jasa yang diberikan adalah pengisian surat laporan pajak serta perencanaan pajak. Akuntan pajak memiliki peran sebagai seorang penasehat mengenai masalah perpajak serta memberikan pembelaan. 

Pembelaan diberikan jika perusahaan yang menerima jasa menghadapi permasalahan yang berhubungan dengan kantor pajak.

Perizinan dan Bentuk Badan Usaha Kantor Akuntan Publik

Izin usaha kantor akuntan publik diterbitkan secara resmi oleh Menteri Keuangan Republik Indonesia. Kantor akuntan publik dengan bentuk dana usaha perorangan perlu mengajukan permohonan untuk memperoleh izin usaha. Syarat-syarat agar kantor akuntan publik memperoleh izin usaha, yaitu:

  • Tergabung keanggotaan IAPI.
  • Memiliki izin sebagai akuntan publik.
  • Memiliki NPWP
  • Memiliki minimal dua orang auditor tetap yang memiliki tingkat pendidikan formal bidang akuntansi berijazah setara Diploma III paling rendah dan minimal satu orang memiliki ijazah sarjana.
  • Domisili pemimpin kantor akuntan publik sama dengan domisili kantor akuntan publik.
  • Mempunyai rancangan Sistem Pengendalian Mutu KAP yang telah memenuhi SPAP atau Standar Profesional Akuntan Publik
  • Memiliki bukti sewa atau kepemilikan kantor serta denah ruang kantor yang memperlihatkan bahwa kantor terisolasi dari aktivitas lainnya.
  • Membuat surat permohonan dan melengkapi formulir Permohonan Izin Usaha Kantor Akuntan Publik.
  • Membuat surat pernyataan dengan mencantumkan nama dan domisili kantor, alamat akuntan publik, serta tujuan pendirian kantor yang dilengkapi materai.
  • Membuat surat pernyataan yang menyatakan bahwa data persyaratan yang disampaikan benar dan dilengkapi dengan materai.

Cara Menjadi Akuntan Publik

Bagi Anda yang ingin menjadi akuntan publik, tentu Anda harus memenuhi persyaratan yang ada. Syarat-berdasarkan Undang-Undang No. 5 Tahun 2011 Pasal 5 Ayat 1 mengenai profesi akuntan publik, yaitu:

  • Memiliki sertifikat tanda lulus yang sah. USAP hanya dikeluarkan oleh Ikatan Akuntan Publik Indonesia atau universitas-universitas yang memiliki akreditas untuk membuka pendidikan profesi akuntan publik.
  • Memiliki pengalaman praktik dalam bidang audit umum laporan keuangan dengan jumlah jam paling sedikit 1000 jam dalam 5 tahun terakhir dan 500 jam terbang. Pengalaman harus disahkan oleh pimpinan kantor akuntan publik.
  • Wajib menyerahkan bukti tanda menyelesaikan PPL atau Pendidikan Profesional Berkelanjutan paling sedikit 60 satuan kredit PPL dalam dua tahun terakhir.
  • Menjadi anggota IAPI dengan kartu keanggotaan.
  • Harus memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP.
  • Berdomisili di wilayah Republik Indonesia yang dibuktikan dengan kepemilikan KTP.
  • Tidak pernah mendapatkan sanksi berupa pencabutan izin.
  • Tidak berada dalam pengampunan.
  • Tidak pernah dipidana dengan kekuatan hukum tetap akibat tindak pidana kejahatan yang diancam pidana penjara selama lima tahun atau lebih.
  • Membuat serta melengkapi formulir Surat Permohonan Izin Akuntan Publik. Selain itu, harus membuat surat pernyataan bahwa tidak merangkap jabatan seperti yang dimaksud dalam pasal 46 dan membuat surat pernyataan yang menyatakan bahwa data persyaratan disampaikan secara benar dilengkapi dengan materai.

Peran dan Tugas Akuntan Publik

Seorang akuntan publik memiliki peran yang penting. Berikut merupakan penjelasan mengenai peran akuntan publik, yaitu:

  • Menyajikan laporan yang berhubungan dengan kepemilikan sumber daya yang dimiliki oleh suatu badan.
  • Mengendalikan serta mengarahkan sumber daya yang dimiliki oleh organisasi atau perusahaan dengan cara yang efektif.
  • Memberi keputusan yang berhubungan dengan pemakaian sumber daya. Keputusan yang diberikan termasuk juga dengan melakukan identifikasi pada bidang keputusan yang rumit serta menetapkan sasaran dan tujuan.
  • Tugas atau job desk dari seorang akuntan publik juga sangat jelas. Beberapa uraian pekerjaan akuntan publik, yaitu:
  • Memeriksa laporan kepemilikan aset perusahaan. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari terjadinya penyitaan aset akibat aset ilegal atau aset tidak sah secara hukum.
  • Memeriksa laporan keuangan yang telah disusun oleh akuntan pada perusahaan yang bersangkutan. Tugas akuntan publik adalah melakukan pemeriksaan jika ditemukan kesalahan pada laporan keuangan supaya sesuai dengan standar yang berlaku.
  • Selain melakukan pemeriksaan keuangan, akuntan publik juga bisa membantu mengenai pelaporan perpajakan. Tujuannya adalah untuk menghindari kesalahan, seperti tax amnesty atau SPT tahunan yang tidak valid. Akuntan publik akan membantu perusahaan supaya bisa membayar pajak dengan jumlah minimal berdasarkan undang-undang yang berlaku.
  • Memberikan informasi dari hasil laporan keuangan suatu perusahaan yang dibuka untuk umum.
  • Mampu memberikan cara agar perusahaan bisa melakukan alokasi sumber daya terbatas, seperti aset, pegawai, dan modal dengan efektif dan efisien.
  • Mampu memberikan saran serta solusi yang tepat dari kondisi keuangan perusahaan. Contohnya jika terjadi inflasi yang mengakibatkan pengambilan keputusan harus dilakukan dengan benar dan tepat.

Seorang akuntan publik yang bekerja di pengertian kantor akuntan publik sangat membantu perusahaan-perusahaan dalam laporan keuangan yang valid. Seorang akuntan publik tentu harus selalu memiliki ketelitian dalam melakukan pemeriksaan laporan keuangan.

Baca juga artikel terkait “Pengertian Kantor Akuntan Publik” :

Gambar Gravatar
Seorang praktisi Pemasaran, SEO dan Digital Marketing. Suka dengan kata dan cinta dengan karya. Turut memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui beragam artikel pendidikan di kitapunya.net.