tugas marketing communication

Tugas Utama Marketing Communication Disertai Skills dan Persyaratan

Diposting pada 849 views

Tugas Marketing communication – Profesi marketing communication atau biasa disingkat menjadi Marcom merupakan sebuah bagian dari salah satu divisi perusahan yang amat penting dan vital dalam perkembangan sebuah perusahaan. Untuk lebih jelasnya berikut ini akan dijabarkan singkat mengenai pengertian marketing communication.

Marketing Communication terdiri dari dua kata yaitu marketing dan communication yang memiliki pengertian sebagai profesi yang memiliki tanggung jawab untuk memberikan informasi yang memiliki tujuan untuk meningkatkan brand atau konsumen dengan secara langsung atau tidak langsung supaya memiliki pasar tepat yang dituju. Dalam marketing communication kunci penting profesi ini adalah komunikasi

Marketing communication merupakan sebuah strategi yang digunakan oleh perusahaan atau individu untuk mencapai target pasar dengan berbagai jenis komunikasi.

Komunikasi di sini mencakup dalam apa yang harus dikatakan (pesan), media (di mana pesan itu dikatakan), dan target (pada siapa pesan itu dikatakan). Untuk lebih jelasnya berikut ini akan diuraikan mengenai tugas marketing communication secara detail.


Tugas Marketing Communication

Berikut ini adalah beberapa tugas utama seorang marketing communication dalam perusahaan.

1. Merencanakan dan membuat promosi

Tugas seorang marketing communication ialah harus mampu dalam merencanakan dan membuat sebuah promosi sebuah produk perusahaan. Ia harus membuat strategi promosi sebaik dan seefektif mungkin.

Biasanya promosi sebuah produk akan dilakukan pada hari-hari besar seperti Idul Fitri, Natal, Imlek, dan lain sebagainya.

Sebagai seorang marketing communication ia harus memiliki skill presentasi yang baik sehingga menghasilkan sebuah promosi yang dapat berdampak positif bagi perusahaan.

2. Merencanakan dan menjalankan iklan

Marketing communication memiliki tugas dan tanggung jawab dalam merencanakan, membuat, dan menjalankan iklan produk perusahaan.

Ia dituntut untuk membuat iklan yang memberikan informasi sebuah produk secara lengkap dan mendorong untuk meningkatkan penjualan dengan menggunakan pendekatan soft selling atau hard selling.

Sebuah iklan tersebut lantas diiklankan melalui berbagai media seperti facebook, Instagram, dan lainnya di sini seorang marketing communication juga harus cakap dalam penggunaan sosial media tersebut.

3. Melakukan riset pasar

Melakukan dan menjalankan riset pasar pada perusahaan untuk mengetahui kebutuhan pasat. Riset pasar ini sangat penting dilakukan oleh seorang marketing agar perusahaan mengetahui kebutuhan konsumen dan memberi kepuasan atas apa yang dibutuhkannya.

4. Melakukan pemasaran langsung

Tak hanya merencakan promosi, iklan, dan lainnya seorang Marcom memiliki tugas untuk melakukan pemasaran secara langsung pada konsumen.

Ia diwajibkan untuk melakukan penawaran produk melalui database email, telepon, fax, dan berbagai cara pemasaran langsung lainnya.

5. Mengatur dan mengelola anggaran pemasaran

Skill ketelitian dan perhitungan ekstra hati-hati juga dibutuhkan untuk menunjang tugas seoang marketing communication kali ini. Tugas mengatur dan mengelola anggaran pemasaran tidaklah mudah.

Ia barus menyesuaikan dan mengatur budget pemasaran perusahaan sebaik dan seefisien mungkin untuk bahan iklan dan promosi yang akan dilakukan.

6. Mengembangkan dan membangun merek perusahaan

Menjadi tugas marketing communication selanjutnya untuk dapat membangun dan mengembangkan merk perusahaan agar mendapatkan nilai tersendiri di mata konsumen.

Merek merupakan hal yang sangat penting sebagai identitas sebuah produk perusahaan karena sangat berpengaruh juga pada segala aspek penjualan dan kepercayaan publik.

7. Memberikan laporan analisis produk

Memberikan laporan terkait analisis produk dan layanan. Hal ini berkaitan pada apakah produk yang dihasilkan telah sesuai dan memenuhi kebutuhan pasar atau belum. Analisis ini juga berguna untuk lebih mengembangkan produk tersebut.

8. Menjaga hubungan baik pada pihak lain

Marketing communication wajib untuk menjaga hubungan baik pada seluruh pihak yang terlibat langsung atau tidak pada perkembangan perusahaan. Hal ini sangat penting untuk memperkuat hubungan dan menambah citra perusahaan semakin baik.

Baca juga : Tugas Marketing – Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Tingkatannya

Skill yang Dibutuhkan Marketing Communication

Jika kamu tertarik untuk menggeluti profesi dan bagian dari marketing communication ada beberapa hal yang harus diperhatikan terkait keahlian yang harus dimiliki seorang marketing communication. Keahlian tersebut antara lain:

a. Public speaking/komunikasi yang baik

Marketing communication wajib memiliki keahlian dalam berbicara di depan umum secara cakap dan lancar. Ini karena tugas marketing communication sudah pasti 90% akan berhubungan dengan presentasi pada konsumen dan komunikasi dengan orang banyak.

b. Peka dan empati

Marketing communication wajib memiliki keahlian satu ini. Biasanya seorang marketing memiliki hubungan langsung dengan konsumen sehingga lebih peka dan memiliki rasa empati. Peka dan empati dapat ditunjukkan pada komunikasi nonverbal seperti ekspresi wajah, bahasa tubuh, dan suara.

c. Desain grafis

Tak semua perusahaan mengharuskan kandidat marketing communication untuk menguasai desain grafis. Tapi Jika kamu memiliki cukup keahlian dalam bidang tersebut hal ini sangat penting dan menambah nilai plus. Ini karena keahlian desain terkadang dibutuhkan untuk marketing communication membuat promosi atau iklan pada produk perusahaan.

d. Memiliki wawasan luas terhadap pemasaran digital

Pesatnya dunia digital menuntut berbagai pemasaran tak hanya dilakukan secara offline tetapi juga online. Hal ini sangat penting untuk para marketing communication dalam memanfaatkan dunia digital sebagai media pemasaran.

Maka dari itu ia harus menguasai secara baik berbagai pemasaran digital mulai dari penggunaan sosial media hingga berbagai cara iklan melalui digital.

Baca juga : Marketing Executive: Pengertian, Tugas, Syarat dan Kualifikasi

Kualifikasi / Persyaratan Marketing Communication

Berikut ini adalah persyaratan / requirement yang sering dipakai oleh banyak HRD dalam mencari karyawan untuk posisi marketing communication :

  • Lulusan S1 Manajemen Pemasaran / Ilmu Komunikasi / Ekonomi.
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik.
  • Memiliki attitude yang baik.
  • Berorientasi pada pelanggan.
  • Mampu menjaga nama baik perusahaan.
  • Update dengan informasi terkini.
  • Cepat dan tanggap dengan kondisi dan perubahan perusahaan.
  • Dapat menjalin hubungan yang baik dengan media dan pers.
  • Lancar dalam berbahasa inggris.

Sekian 8 tugas marketing communication beserta skill yang dibutuhkan. Semoga artikel ini dapat memberikan wawasan terbaru mengenai marketing communication bagi kita semua.

Baca juga artikel terkait “Tugas Marketing Communication” :

Gambar Gravatar
Seorang Sarjana Bahasa dan Sastra yang suka menulis. Linked in