tugas humas dalam perusahaan

Tugas dan Tanggung Jawab Humas dalam Perusahaan

Diposting pada 24 views

Tugas dan Tanggung Jawab Humas dalam Perusahaan – Pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang hubungan masyarakat atau yang biasa kita singkat dengan humas. Menurut IPRA “International Public Relations Association” humas ialah fungsi dari ciri manajemen yang terencana dan berkelanjutan.

Melalui organisasi dan lembaga swasta atau publik untuk mendapatkan pengertian, simpati, dan dukungan dari mereka yang terkait atau mungkin ada hubungannya dengan penelitian opini publik diantara mereka.

Tugas dan Tanggung Jawab Humas dalam Perusahaan

Peranan dan program kerja humas untuk menciptakan opini publik yang menguntungkan semua pihak. Kegiatan atau fungsi Humas Internal adalah sebagai berikut.

  1. Pembuatan media monitoring berita
  2. Pembuatan berita pada surat kabar
  3. Pelatihan dan sosialisasi
  4. Penerimaan kunjungan
  5. Kunjungan media dan pameran

Selain itu adapun fungsi dari Humas eksternal adalah sebagai berikut.


  1. Penanggung jawab kegiatan komunikasi kedua belah pihak
  2. Penunjang tercapainya tujuan yang ditetapkan oleh manajemen organisasi
  3. Menjaga hubungin agar tetap terjalin komunikasi
  4. Penghubung antara pihak internal dan eksternal
  5. Memberikan Pemahaman kepada publik mengenai informasi dimana tempat dia bekerja.

Tugas pokok humas pada sebuah organisasi di antaranya:

  1. Menciptakan Kesan/Image; kesan yang didapatkan seseorang terhadap seseorang, produk, atau situasi, sesuai dengan tingkat pengetahuan orang tersebut.
  2. Pengetahuan dan Edukasi; Humas sangat berperan dalam memberikan informasi kepada publik internal dan publik eksternal dengan menyediakan informasi yang akurat dan dalam format yang mudah dipahami.
  3. Menciptakan Ketertarikan (Interest); Humas juga harus mampu menciptakan ketertarikan publik terhadap situasi tertentu yang berdampak besar pada organisasi.
  4. Speak to Publik; Humas bertanggungjawab dalam memberikan penjelasan kepada publik atas situasi atau kejadian sehingga sikap menentang, ketidakpedulian yang ada di sekitarnya dapat berubah menjadi pengertian dan penerimaan.
  5. Meraih Simpati; Humas harus bisa menyampaikan informasi secara jelas kepada publik untuk meraih simpati.

Baca juga: Tugas Public Relation

Kualifikasi Untuk Menjadi Seorang Humas

Seiring perkembangan zaman yang sudah beralih pada zaman modern. Profesi humas sangatlah diperlukan bagi berbagai elemen organisasi pada perusahaan. Sebab, dengan adanya era globalisasi, sebuah perusahaan harus mampu menjaga citra dan selalu meningkatkan citra baik dimata masyarakat.

Selain itu juga untuk menjalin hubungan baik dengan perusahaan lain. Oleh karena itu, profesi humas haruslah memilki standart kemampuan yang memadai dan cocok bagi perusahaannya. Berikut akan kami jelaskan kualifikasi yang cocok bagi humas untuk perusahaan.

1. Kemampuan berkomunikasi yang baik dan benar

Kemampuan ini harus dimiliki oleh seorang humas atau public relations yang dimana sangat berpengaruh penting jika bertemu orang yang diajak berbicara. Apalagi orang penting ketika kamu membahas suatu hal yang sangat penting maka kamu wajib menyeimbangi pembahasan tersebut.

2. Kemampuan Mengorganisasikan

Kemampuan mengorganisasikanKemampuan ini adalah sebuah kemampuan untuk mengelola SDM atau menejerial anggota organisasi saat terjadi suatu masalah tertentu atau pada kondisi yang membutuhkan humas.

3. Kemampuan bergaul atau menjaga relasi

Selain memiliki kemampuan berbicara dengan baik dan benar, seorang humas juga harus memiliki. Dengan memiliki kemampuan untuk bergaul, seorang humas dapat menjalin hubungan kerjasama dengan berbagai lini masyarakat ataupun lini divisi perusahaan. oleh karena itu tentu, wajin hukumnya untuk seorang humas pandai berbicara.

4. Kepribadian utuh dan jujur

Seorang humas haruslah memiliki kepribadian yang jujur. Karena, kepribadian jujur yang ada pada diri seorang humas tentu saja akan meningkatkan kredibilitas.

Kredibilitas ini biasanya akan di genggam oleh rekan kerja atau orang diluar sana yang berhubungan dengan pekerjaan humas dikantor kamu. Jika humas yang tidak jujur, akan menurunkan kredibilitas dimata orang lain dan menurunkan citra baik.

5. Memiliki imajinasi yang kuat

Seorang humas juga harus memiliki nilai imajinasi yang tinggi. Karena sebuah imajinasi yang tinggi sangat diperlukan dalam tugas humas. Biasanya, seorang humas dituntut harus biasa untuk membuat sebuah event seperti pameran, workshop, seminar, dan sebagainya.

6. Kreatif

Seorang humas juga harus kreatif, karena kreatif merupakan komponen yang paling penting dari sukses atau tidakna sebuah merek produk atau perusahaan. Menjadi seorang humas juga harus memiliki kemampuan sebagai orang yang dapat menyelesaikan masalah yang dimana jika ada masalah serumit apapun dia harus bisa menemukan solusinya.

7. Kemampuan menghadapi situasi krisis

Saat krisis menghalangi jalannya suatu organisasi, perusahaan pun akan menghadapi risiko yang serius, salah satunya rusaknya reputasi perusahaan. oleh karena itu, humas harus memiliki kemampuan untuk mempertahankan ketenangan perusahaan serta mengembangkan rencana strategis dengan cepat untuk mengelola situasi krisis. Tidak heran apabila agensi dan perusahaan mencari talenta Humas/PR yang mampu menawarkan solusi kepada CEO.

8. Kemampuan analisis berita

Humas memiliki suatu tugas yang penting, yaitu memastikan bahwa pesan-pesan dari perusahaan sampai ke media. Namun, ketika berita sudah ditayangkan pekerjaan tapi pekerjaan belum selesai, humas perlu melakukan kunjungan ke media atau situs perusahaan.

Memastikan bahwa berita atau kontennya dibaca secara meluas, atau memilih media yang perlu di prioritaskan. Mengelola situs menjadi satu-satunya cara humas untuk memahami proses tulisan berita.

Selain itu, editornya mengelola jadwal kegiatannya dan apa yang perlu disampaikan agar media mau menulis tentang perusahaan tempat kamu bekerja.

9. Mudah Bernegosiasi

Tidak hanya humas yang harus memiliki keahlian ini. Secara umumpun, keahlian ini lebih baik dimiliki banyak orang agar mudah dalam hal tawar-menawar. Selain itu bernegosiasi juga memiliki peluang dimana dapat menguntungkan diri sendiri atau dapat membantu orang lain dalam mengambil keputusan yang sesuai.

Oleh karena itu, praktisi humas juga diharuskan memiliki keahlian dan pandai dalam bernegosiasi dalam suatu hal apapn untuk mencapai kesepakatan yang sesuai dengan keinginan perusahaan.

Kemampuan ini sangat penting, misalnya dalam sebuah event mereka harus menyewa gedung, menyewa sound, mencari supplier untuk berbagai kebutuhan dalam event tersebut.

10. Kemampuan dalam menjalin relasi dengan media

Tentu saja kemampuan ini juga wajib dimiliki oleh Humas/PR untuk menjadi modal dasar lainnya. Mempunyai pemahaman, pengetahuan serta keterampilan untuk mengenal media yang baik.

Tak hanya itu, humas juga harus mengenal media konvensional, sosial, dan apapun jenis media itu dan beserta dengan karakter masing-masing media. Jenis-jenis media yang cocok dengan tujuan yang ingin dicapai perusahaan, gaya, dan keunikan.

Termasuk referensi masing-masing media. Untuk itu, bila mantan wartawan terjun ke dunia humas (hubungan masyarakat) tentu hal itu akan menjadi nillai tambah. Sebab dia telah mengerti sistem dalam dunia pers dan sudah memahami peta media di Indonesia.

Baca juga: Pentingnya Public Relation Bagi Perusahaan

Gaji Seorang Humas

Tugas humas tidaklah semudah orang bayangkan. Dengan tanggungan yang banyak, gaji seorang humas seharusnya ada diatas UMR.

Tapi bagi seorang staff humas yang baru pertama kali bekerja, biasanya gaji yang didapatkan ada UMR. Dari berbagai referensi data yang ada gaji seorang humas di Indonesia sangat bervariatif, dimulai dari Rp 6.200.000 sampai dengan Rp 9.000.000.

Besaran gaji tersebut tergantung pada skala perusahaan yang ditangani. Untuk perusahaan besar dengan skala lebih luas. Pada dasarnya banyak faktor yang dijadikan pertimbangan untuk menentukan besaran gaji. Termasuk pengalaman yang dimiliki kandidat.

Baca juga: