pentingnya public relation

9 Alasan Pentingnya Public Relation Bagi Perusahaan

Diposting pada 11,809 views

9 Alasan Pentingnya Public Relation – Setiap perusahaan di Indonesia bahkan dunia ini pasti selalu menginginkan kemajuan dalam setiap usahanya. Berbagai cara pun dilakukan, mulai dari meningkatkan kualitas produk, promosi sampai menambah produk baru.

Selain itu, salah satu yang juga menjadi salah satu kunci kesuksesan sebuah perusahaan adalah membangun relationship (hubungan) yang baik dengan para stake holder dan masyarakat. Dalam tugas ini, ada peran penting dari seorang public relation.

Di era saat ini, public relation menjadi salah satu elemen penting yang wajib dimiliki sebuah perusahaan. Apalagi jika perusahaan tersebut termasuk kedalam perusahaan sedang atau besar.

Itu hanya satu contoh saja tentang pentingnya public relation, dibawah ini akan kami jelaskan tentang apa itu public relation, fungsi tujuan serta pentingnya public relation bagi perusahaan:

Apa itu Public Relation?

Public relation adalah suatu proses komunikasi yang bertujuan untuk membangun dan menjaga hubungan yang baik antara organisasi dengan publiknya. Public relation dapat dilakukan oleh berbagai macam organisasi, baik yang bersifat komersial, sosial, politik, maupun pendidikan. Public relation memiliki beberapa fungsi, antara lain:

  • Meningkatkan citra dan reputasi organisasi di mata publik
  • Menciptakan kesadaran dan pemahaman publik terhadap visi, misi, tujuan, dan kegiatan organisasi
  • Mempengaruhi opini, sikap, dan perilaku publik terhadap organisasi
  • Menjalin kerjasama dan kemitraan dengan berbagai pihak yang relevan dengan organisasi
  • Mengatasi krisis dan masalah yang dapat merugikan organisasi
  • Mengevaluasi dan mengukur efektivitas program public relation

Public relation memerlukan strategi dan teknik komunikasi yang tepat agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan.

9 Alasan Pentingnya Public Relation Bagi Perusahaan

Cukup banyak alasan mengapa peran dari Public Relation sangat penting bagi sebuah perusahaan. Ini dia beberapa alasanya:

1. Menjalin Hubungan yang Baik dengan Masyarakat (Publik)

Public relation bertugas untuk membangung hubungan dengan pihak luar perusahaan terutama masyarakat. PR merupakan perpanjangan tangan dari perusahaan yang akan menyampaikan, mensosialisasikan dan membuat program-program untuk membangun citra perusahaan yang baik.

Dengan citra perusahaan yang baik maka akan tumbuh kepercayaan terhadap sebuah produk atau layanan, tentu ini akan sangat menguntungkan bagi sebuah perusahaan.

2. Membangun Komunikasi Dengan Internal Perusahaan

Semua yang bekerja dalam organisasi memiliki job description masing-masing. Seorang PR juga memiliki pekerjaan yaitu membangun komunikasi di internal perusahaan dan turut menjaga agar setiap karyawan semakin solid.

Menjaga komunikasi berarti menjaga keharmonisan didalam internal perusahaan. Ketika terjadi masalah yang besar di dalam internal dan sifatnya rahasia maka PR bekerja agar masalah tersebut jangan sampai bocor ke publik, mengingat jika publik mengetahuinya dapat berdampak buruk.

3. Membangun Komunikasi Dengan Pihak Eksternal Perusahaan

PR bukan hanya bermanfaat untuk membangun komunikasi di internal perusahaan saja. Namun, juga bermanfaat untuk membangun komunikasi di eksternal perusahaan. Dimana, banyak sekali hubungan yang harus dikelola oleh PR ini. Sebagai contoh, hubungan perusahaan dengan pemerintah.

Hubungan yang baik tersebut sangat perlu untuk dilakukan secara berkala. Saat pemerintah akan mengeluarkan kebijakan, sebagai sektor industri tentu PR bisa memberikan masukan.

Tujuannya, agar industri yang berjalan nantinya tidak terjadi masalah. Bukan hanya dengan pemerintahan saja, melainkan juga harus menjalin hubungan dengan konsumen, supplier dan lainnya yang tergabung dalam industri tersebut.

4. Membangun Citra Baik Untuk Perusahaan

Penggunaan Public Relation bagi perusahaan sangatlah penting. Salah satunya untuk membangn citra yang baik terhadap perusahaan. Dalam setiap sesi pertemuan di media atau pers, maka PR yang akan menyampaikan informasi. Disinilah, peranan tersebut begitu penting untuk dapat diterima oleh masyarakat.

Penyampaian yang baik dari PR akan berdampak pada audiens. Jika dalam hal ini audience masyarakat, maka produk dari perusahaan bisa berdampak langsung. Itulah sebabnya, seorang PR harus bisa menyampaikan secara benar dan tepat dengan bahaya yang baik.

Jika Citra yang baik diperlihatkan, kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan akan meningkat. Begitu juga dari sisi konsumen yang akan terus menggunakan produk miliki perusahaan.

5. Agar Menjangkau Lebih Banyak Konsumen

Semua perusahaan pasti selalu berusaha untuk menjangkau banyak konsumen. Lalu, apa yang telah dilakukan oleh perusahaan tersebut? Apakah hanya dengan promosi saja? Tentu saja tidak bukan.

Inilah pentingnya Public Relation dalam perusahaan. Dengan adanya Public Relation maka bisa melakukan hubungan yang baik dengan banyak kalangan.

Bagaimana caranya? Seperti ikut serta dalam kegiatan komunitas, event dan yang lainnya. Secara tidak langsung, hal ini juga sebagai bentuk promosi yang berguna untuk meningkatkan awareness (kesadaran) konsumen terhadap perusahaan kita.

6. Menjalin Hubungan dengan Para Investor

Investor memiliki andil yang cukup besar bagi pertumbuhan dan keberlangsungan sebuah perusahaan. Tanpa adanya investor yang masuk perusahaan bisa saja kekurangan modal dan berimbas pada sedikitnya keuntungan yang di dapat.

Itulah pentingnya mengapa perusahaan selalu mencoba untuk bisa mendapatkan investor. Siapa yang juga memiliki pengaruh dari mau tidaknya investor untuk berinvestasi? Public Relations jawabannya.

Meskipun perusahaan tersebut berada di Indonesia, namun tidak ada salahnya PR mencari investor di luar negeri. PR berperan menawarkan perusahaan kepada mereka yang mungkin tertarik untuk memberikan suplai investasi. Itulah sebabnya, para PR juga harus memiliki kemampuan berbahasa asing yang tinggi.

Bukan hanya mencari investor saja, namun bagi investor yang sudah bergabung juga harus tetap menjalin komunikasinya. Caranya dengan memberikan informasi mengenai perusahaan secara berkala. Dengan begitu, investor akan tetap percaya kepada perusahaan yang telah diinvestasikan. Disinilah, peran dari PR sangat penting bagi perusahaan.

7. Sebagai Tim Riset

Public Relation juga penting bagi perusahan sebagai tim riset. Mengapa demikian? Sebuah perusahaan tentunya akan memiliki strategi dalam mencapai tujuannya. PR bisa memberikan masukan mengenai strategi apa yang nantinya akan digunakan oleh perusahaan untuk mencapai tujuan tersebut.

Kemudian PR bisa mencoba untuk melakukan riset mengenai produknya kepada publik. Setelah itu, memberikan data tersebut kepada perusahaan. Fungsinya, agar antara perusahaan dan masyarakat memiliki rasa kepercayaan yang tinggi. Satu sama lain saling menyakinkan untuk bisa mendapatkan tujuan masing-masing.

8. Mendorong pertumbuhan dan inovasi bisnis

Public relation dapat membantu bisnis untuk menciptakan peluang baru dan meningkatkan daya saing di pasar, dengan cara mengidentifikasi tren, isu, dan peluang yang relevan dengan bisnis. Public relation juga dapat membantu bisnis untuk mengembangkan produk, layanan, atau solusi yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan dan preferensi publik.

9. Meningkatkan loyalitas dan kepuasan pelanggan

Public relation dapat membantu bisnis untuk mempertahankan dan meningkatkan loyalitas pelanggan, dengan cara memberikan pelayanan yang berkualitas, responsif, dan ramah. Public relation juga dapat membantu bisnis untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, dengan cara mendengarkan masukan, saran, atau keluhan mereka dan memberikan solusi yang memuaskan.

Peran Public Relation dalam Sebuah Bisnis

Peran public relation dalam sebuah bisnis:

  • Membangun dan menjaga citra positif perusahaan di mata publik, baik internal maupun eksternal
  • Menyampaikan informasi dan pesan-pesan perusahaan secara efektif dan konsisten melalui berbagai media dan saluran komunikasi
  • Membina hubungan baik dengan berbagai stakeholder, seperti pelanggan, mitra, pemasok, media, pemerintah, masyarakat, dan lain-lain
  • Mengelola krisis dan isu-isu sensitif yang dapat mempengaruhi reputasi dan kepercayaan publik terhadap perusahaan
  • Meningkatkan kesadaran dan pengenalan merek perusahaan serta produk atau jasa yang ditawarkan
  • Mendukung pencapaian tujuan dan strategi bisnis perusahaan dengan mengkampanyekan nilai-nilai, visi, misi, dan budaya perusahaan

10 Contoh Kegiatan Public Relation di perusahaan

Berikut ini adalah 10 contoh kegiatan public relation di perusahaan:

  • Membangun dan menjaga hubungan baik dengan media massa, seperti mengirimkan siaran pers, mengadakan konferensi pers, atau mengundang wartawan untuk meliput kegiatan perusahaan.
  • Membuat dan menyebarkan konten yang menarik dan informatif tentang perusahaan, seperti artikel, blog, newsletter, podcast, video, atau infografis.
  • Mengelola media sosial perusahaan, seperti membuat dan memposting konten, berinteraksi dengan pengikut, atau mengadakan kompetisi atau giveaway.
  • Mengadakan atau berpartisipasi dalam acara yang berkaitan dengan perusahaan, seperti pameran, seminar, webinar, workshop, atau launching produk.
  • Membuat dan mengimplementasikan strategi komunikasi krisis, seperti menyiapkan pernyataan resmi, menjawab pertanyaan media, atau memberikan klarifikasi.
  • Menjalin dan memperkuat hubungan dengan stakeholder internal dan eksternal perusahaan, seperti karyawan, pelanggan, mitra, pemasok, investor, atau pemerintah.
  • Membuat dan mengukur indikator kinerja public relation, seperti jumlah liputan media, jumlah pengunjung website, jumlah pengikut media sosial, atau tingkat kepuasan stakeholder.
  • Melakukan riset dan analisis tentang pasar, kompetitor, tren, atau isu yang berpengaruh terhadap perusahaan.
  • Menyediakan bantuan dan saran kepada manajemen perusahaan tentang masalah public relation, seperti reputasi, citra, atau etika.
  • Melakukan pelatihan atau coaching kepada karyawan perusahaan tentang keterampilan public relation, seperti berbicara di depan umum, menulis konten, atau berkomunikasi dengan media.

Dengan begitu, tujuan perusahaan akan lebih mudah tercapai.Bagaimana, sekarang anda sudah paham ya mengenai pentingnya Public Relation. Setiap organisasi perusahaan pasti memiliki PR untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Kesuksesan dari PR akan mempengaruhi kualitas dari perusahaan.

Jurusan Terkait

Ilmu Komunikasi | Manajemen Bisnis

Pekerjaan Terkait

Admin Marketing

Gambar Gravatar
Tim Editorial KitaPunya.net adalah seorang profesional di bidang Manajemen, Teknologi Digital dan Marketing dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. KitaPunya.net saat ini menjadi situs pendidikan dan karir yang selalu berusaha memberikan inforamasi akurat, terpecaya dan terupdate.