definisi public relation

Definisi Public Relation Menurut Para Ahli dan Organisasi Dunia

Diposting pada 534 views

Definisi Public Relation Menurut Para Ahli – Public relation atau biasa disebut sebagai humas sangat dibutuhkan dalam sistem organisasi. Entah itu di organisasi kampus maupun dunia kerja, public relation selalu eksis dan menjadi jembatan dari antar 2 organisasi demi memenuhi kepentingan.

Namun ternyata definisi public relation menurut para ahli itu sangatlah luas, jadi penjelasan dari para ahli tersebut apakah kamu bisa memahaminya atau tidak.

Public relation menurut para ahli digunakan sebagai rujukan untuk menentukan tugas tugas dari public relation. Sehingga nantinya suatu organisasi tidak kebingungan dalam memberikan peran humas kepada organisasi. Berikut ini adalah definisi public relation menurut para ahli.

Definisi Public Relation Secara Umum

Public Relation adalah divisi dari sebuah organisasi yang berperan sebagai jembatan antara kedua organisasi yang saling berkepentingan. Public relation sendiri biasa disebut sebagai humas atau hubungan masyarakat.

Jadi bisa dibilang humas adalah penyampai dan penerima pesan dari suatu organisasi, instutisi, atau kelompok masyarakat.

Baca juga : Public Relation – Tugas, Pekerjaan, Skills dan Gajinya

Definisi Public Relation Menurut Para Ahli

1. Wilcox dan Cameron

Public relation adalah sebuah fungsi manajemen atas sebuah sikap baik yang direncanakan dan dilaksanakan secara berkelanjutan oleh setiap organisasi demi mendapatkan saling pengertian, dukungan, dan simpati dari masyarakat yang terkait dengan cara melakukan evaluasi opini masyarakat tentang organisasi tersebut untuk mencapai kerjasama yang produktif dan efisien.

Definisi tersebut dikutip dalam buku Dasar Dasar Public Relations.

2. Howard Bonham

Publik relation merupakan suatu seni untuk menciptakan pengertian publik yang lebih baik, yang dapat memperdalam kepercayaan publik terhadap seseorang atau organisasi tertentu.

Definisi tersebut diambil dari Kustadi Suhandang :2004:44 yang dimana Howard sendiri adalah seorang penulis bisnis dan keuangan yang bekerja pernah bekerja di riset independen, Texas, Amerika Serikat.

3. Maria

Menurut Maria, public relation adalah sebuah fungsi manajemen yang khusus membantu menumbuhkan dan memupuk komunikasi bersama, dukungan, pengertian, dan kerja sama di antara sebuah organisasi dan masyarakat.

Disini public relation melibatkan tentang manajemen, merespon opini masyarakat, menjelaskan dan mempertegas tanggung jawab pemimpin guna melayani masyarakat, membantu manajer agar memantau serta mendayagunakan perubahan, sebagai alarm, dan menggunakan teknik berkomunikasi sepantasnya.

4. James E Grunig

Public Relation menurut James E Grunig adalah cara melatih komunikasi antara organisasi dan masyarakatnya.

Sebagai tambahan, ia adalah seorang yang memenangkan penghargaan dari Public Relations Society of America dan seorang penulis. Grunig juga pernah menjadi profesor di departemen komunikasi di universitas maryland.

5. Frank Jefkins

Public relation menurut para ahli seperti Frank Jefkins adalah sekumpulan bentuk komunikasi terencana intra dan ekstra organisasi yang berfungsi untuk mencapai sebuah tujuan yaitu terciptanya pengertian bersama.

6. Jefkins dan Daniel Yadin

Menurut mereka berdua, public relation adalah sistem komunikasi yang berfungsi menumbuhkan niat baik.

Sebenarnya definisi awalnya dikemukakan oleh Jefkins, kemudian disempurnakan oleh Daniel Yadin dalam bukunya Public Relations edisi kelima.

7. Edward L. Bernays

Public relation menurut para ahli lainnya, semisal seperti Edward L. Bernays adalah usaha yang bertujuan memberi informasi pada masyarakat, membujuk masyarakat untuk mengubah tindakan dan sikapnya, dan berbagai usaha untuk mengintegrasikan tindakan dan sikap dari masalah dengan manusia dan dari manusia terhadap masalah.

Upaya awal Bernays dalam mendefinisikan public relation ialah pada bukunya yang berjudul Propaganda dan Crystallizing Public Opinion. Ia mendapatkan perhatian khusus karena ia berhasil menteorisasikan bidang humas dan mendefinisikannya. 

8. Scott M. Cutlip dan Allen H. Center

Menurut mereka berdua, public relation adalah sebuah fungsi manajemen untuk menilai sikap masyarakat, melakukan identifikasi kebijakan sebuah organisasi untuk mementingkan kepentingan orang banyak, serta merencanakan dan melaksanakan berbagai program kegiatan guna mendapatkan pengetahuan dan dukungan dari masyarakatnya

9. J. C. Seidel

Public relations adalah sebuah proses berkesinambungan yang terdiri dari berbagai usaha manajemen agar itikad baiknya didengar oleh pelanggan, karyawan, dan masyarakat umum sehingga manajemen perusahaan tersebut mendapatkan pengertian dari mereka.

Mungkin timbul pertanyaan, bagaimana caranya definisi tersebut bisa berjalan dengan baik di sebuah organisasi? caranya ialah menganalisis dan mengevaluasi kinerja serta membuat pernyataan yang diplomatis. 

10. Cutlip, Center dan Broom

Definisi public relation menurut para ahli yang satu ini adalah sebuah fungsi manajemen yang bertujuan membangun dan menjaga hubungan baik serta bermanfaat antara organisasi dan masyarakat. 

Berhasil dan gagalnya suatu organisasi ditentukan oleh fungsi manajemen. Apabila fungsi manajemen baik, tentu organisasi bisa berjalan dengan lancar. Begitu juga sebaliknya, apabila public relation kacau, berarti bisa dipastikan fungsi manajemennya buruk. 

11. W. Emerson Reck

Definisi menurut Emerson adalah sebuah bentuk pelaksanaan dari penetapan kebijakan, pelayanan, dan sikap yang disesuaikan dengan keperluan masyarakat atau segolongan masyarakat agar organisasi tersebut mendapat kepercayaan dari mereka.

12. Coulsin dan Thomas 

Definisi humas adalah usaha yang direncanakan secara terus-menerus dengan sengaja, guna membangun dan mempertahankan pengertian timbal balik antara organisasi dan masyarakatnya.

Pendapat ini menunjukkan bahwa public relation dianggap sebuah proses atau aktivitas yang bertujuan untuk menjalin komunikasi antara organisasi dan pihak luar organisasi. 

13. Alma

Public relation adalah kegiatan komunikasi yang dimaksudkan untuk membangun citra yang baik terhadap perusahaan

14. Robert T. Relly

Public relation adalah seni dan ilmu sosial dalam menganalisis tren, memprediksi konsekuensinya, memimpin organisasi konseling, dan mengimplementasikan program aksi yang terencana yang melayani baik organisasi maupun kepentingan publik.

Di atas merupakan 13 definisi public relation menurut para ahli yang dijadikan sebagai rujukan untuk menentukan definisi humas secara umum. Selain itu definisi itu nantinya dapat digunakan untuk menerangkan tugas serta fungsi dari public relation.

Definisi Lain Menurut Organisasi

Tapi ternyata definisi dari public relation tidak berhenti sampai disitu saja. Ada beberapa institusi yang ikut serta mendefinisikan public relation. Tentunya mereka mendefinisikan pasti melihat rujukan dari para ahli.

15. Menurut masyarakat Public Relations America

Public relation adalah suatu tindakan pengelolaan organisasi agar organisasi tersebut bisa saling beradaptasi dengan publik dengan cara yang saling menguntungkan. Selain itu, public relation juga dapat diartikan sebagai sebuah usaha untuk mendapatkan dukungan dan kerja sama dari masyarakat.

16. Menurut the British Institute of Public Relation

Public relation menurut institusi tersebut adalah usaha yang terencana dan berkelanjutan dalam menjaga itikad baik dan keselarasan pengertian bersama antara organisasi dan masyarakat. 

Dalam konferensi dunia, ternyata pernah dilakukan pendefinisian apa itu public relation. Definisi juga biasa dipakai oleh berbagai organisasi dan institusi serta untuk menentukan tujuan dari humas itu sendiri.

Definisi humas adalah percampuran seni dan ilmu pengetahuan yang dapat memperkirakan kecenderungan, risiko, menyarankan pimpinan organisasi, dan mengimplementasikan kegiatan sesuai rencana dengan tujuan melayani kepentingan masyarakat umum dan organisasinya.

Dengan mengetahui apa itu definisi dari public relation, diharapkan nantinya masyarakat akan lebih mudah memberikan tugas serta peran humas di suatu organisasi. Sehingga organisasi akan berjalan dengan lancar. 

Baca juga : Perbedaan Public Relation Dengan Marketing

Gambar Gravatar
Suka dengan kata dan cinta dengan karya.