kegiatan public relation

Kegiatan Public Relation Yang Perlu Untuk Dipahami

Diposting pada 558 views

Kegiatan Public Relation Yang Perlu Untuk Dipahami – Kita semua tahu bahwa seorang yang bekerja pada posisi public relation memiliki peranan yang cukup besar dan penting bagi sebuah perusahaan.

Public Relation berfungsi membangung hubungan yang baik dengan para stake holder dan masyarakat luas. Tugasnya sebagai perpanjangan tangan dari sebuah perusahaan seperti menyampaikan komunikasi pemasaran secara efektif atau membuat program CSR yang berguna bagi masyarakat.

Tanpa adanya seorang Public Relation yang baik, maka hubungan komunikasi bisa saja berjalan kurang baik. Selain itu, pemahaman kurang tepat dari seorang PR terhadap kegiatan yang dilakukan juga berakibat buruk.

Dari sini saja kita ketahui bahwa tugas PR itu tidak sedikit, cukup banyak tugas dan kegiatan yang dilakukan setiap harinya.


Jika kamu ingin menjadi seorang Public Relation, minimal kamu harus tau dan paham betul kegiatan apa saja yang biasa menjadi tugas dan tanggung jawab seorang PR. Jika anda tertarik untung mengetahuinya, maka kamu harus membaca artikel ini sampai selesai ya.

Macam-macam Kegiatan Public Relation

Kegiatan yang dilakukan oleh seorang Public Relation ternyata begitu luas. Setidaknya, terbagi dalam dua yaitu Eksternal dan Internal. Berikut ini pembahasan lengkapnya.

1. Kegiatan Public Relation Eksternal

Kegiatan eksternal yang dimaksudkan disini yaitu pekerjaan dengan pihak luar dari perusahaan. Dimana, banyak sekali tugas PR yang berkaitan dengan pihak ekternal.

Seorang PR dalam berkomunikasi dengan pihak eksternal ini minimal mampu berkomunikasi secara baik. Berikut ini beberapa kegiatan eksternalnya:

a. Hubungan Dengan Pemerintah

Koneksi yang baik, antara perusahaan dengan pemerintah sangatlah diperlukan. Pemerintah memiliki kewenangan untuk memberikan kebijakan terhadap aturan yang ada. Seorang PR harus mampu memaksimalkan tugasnya dalam menjalin hubungan yang baik dengan pemerintah.

Sehingga, seorang Public Relation itu bisa mengetahui dan diharapkan memahami mengenai kebijakan yang diberikan. Kaitannya, agar perusahaan bisa berjalan sesuai pada aturan yang berlaku dan tidak terjadi masalah nantinya.

b. Hubungan Dengan Media

Seberapa penting peran media bagi perusahaan? Sangat penting. Tanpa disadari, media memiliki pengaruh yang besar dalam membentuk image di benak konsumen terhadap perusahaan.

Jika ada keperluan untuk publikasi kepada audience seperti masyarakat maka yang menghubungi atau memberi tahu media adalah PR. Atau justru kebalikannya, bisa saja media yang bertanya terleih dahulu kepada PR dan PR memberikan informasinya kepada awak media secara padat, jelas dan informatif. Setelah itu media akan menyebarluaskan berita tersebut ke ranah publik.

Selain itu, seorang PR juga berusaha untuk bisa menyampaikan image baik kepada audience. Serta, hubungan dengan media juga diperlukan agar tidak menyebarkan berita hoax, ataupun berita negatif yang kurang tepat tentang perusahaan.

Seorang PR diharuskan untuk selalu menjalin hubungan yang baik dengan setiap orang yang berkaitan dengan perusahaan, termasuk awak media ini.

c. Hubungan Dengan Komunitas

Perusahaan menjalankan industri tentu tidak seharusnya diam saja tanpa adanya kegiatan yang bermanfaat. PR bisa menjadi kunci untuk kesuksesan perusahaan di mata publik.

Ya, caranya dengan berkegiatan dengan komunitas. Hal ini juga sebagai wujud, bahwa perusahaan peduli dan ikut serta dalam komunitas yang baik.

Banyak perusahaan yang mewujudkan hubungan dengan komunitas melalui beberapa cara. Yang biasa dilakukan yaitu dengan melakukan kegiatan event secara bersama-sama, memberikan sponsor hingga berkontribusi dalam acara orang lain..

Seorang PR tentu sudah seharusnya memahami dan bisa berkontribusi dalam hubungan bersama komunitas. Minimal memiliki keahlian public speaking yang baik.

d. Hubungan Dengan Rekanan

Perusahaan tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya rekanan. Terutama, untuk para industri yang bergerak dalam suplai kebutuhan pokok masyarakat.

Lalu, apa yang harus dilakukan? Seorang Public Relation diperlukan untuk melakukan kegiatan ini. Membangun hubungan yang baik dengan rekananan kerja. Hal ini penting, untuk membuat rekanan bekerja maksimal dan percaya terhadap produk perusahaan.

e. Hubungan Dengan Pelanggan

Salah satu hubungan yang paling penting dalam menjalankan industri yaitu dengan pelanggan. Karena pelanggan bisa memberikan kritik dan saran untuk kemajuan perusahaan.

Banyak sekali manfaat dari adanya hubungan dengan pelanggan. Seorang PR diharapkan bisa melakukan kegiatan ini dengan baik.

Begitu banyak cara yang bisa dilakukan untuk berhubungan secara langsung dengan pelanggan. Secara langsung, hal ini juga berdampak baik pada industri yang dijalankan.

Sebagai contoh kegiatan public relation, jika hubungan dengan pelanggan baik maka pelanggan akan percaya kepada produk anda dan tidak memilih produk lainnya.

Baca juga : 6 Alasan Pentingnya Public Relation Bagi Perusahaan

2. Kegiatan Public Relation Internal

Public Relation tidak hanya berjalan dalam eksternal saja, melainkan juga internal. Yang dimaksud internal disini yaitu di dalam perusahaan sendiri. Apa saja kegiatan yang dilakukan? Berikut beberapa kegiatannya:

a. Hubungan Dengan Karyawan

Sebaiknya, karyawan memang tidak bisa dianggap sepele. Karena, apa jadinya perusahaan jika tanpa karyawan? Tentu tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya. Untuk itu, ada baiknya PR bisa berkomunikasi secara baik dengan para karyawan.

Kritik dan masukan bukan hanya dari produsen saja, namun juga harus dari sisi internal. Hal ini justru baik agar bisa meningkatkan kinerja lebih optimal agar prestasi bisa tercapai.

Cara termudah untuk berkomunikasi yaitu dengan memberikan pengumuman, study tour maupun pemberian penghargaan dan lainnya.

b. Hubungan Dengan Manajer

Menjalankan sebuah perusahaan tentu tidaklah mudah. PR diharapkan mampu untuk dapat menjalin hubungan yang baik dengan manajer perusahaan.

Manajer biasanya mendapatkan informasi mengenai masalah yang terjadi di perusahaan. Kemudian, disampaikan kepada PR dan PR memberikan masukan solusinya.

Hal ini dilakukan untuk memberikan hubungan yang harmonis dalam semua bidang. Dengan begitu, perusahaan bisa berjalan dengan lancar tanpa terjadi masalah.

c. Hubungan Dengan Pemegang Saham

Pemegang saham dari perusahaan sangat perlu untuk selalu diberikan yang terbaik. Seorang PR disini memiliki tugas untuk bisa tetap berhubungan dengan baik. PR harus selalu mengkomunikasikan apa yang terjadi dalam perusahaan.

Dengan begitu, mereka akan merasa lebih dihargai dan memberikan kepercayaan yang tinggi kepada perusahaan yang diinvestasikan.

Jadi, pastikan selalu agar PR dapat berkomunikasi lancar dengan para stakeholder tersebut.

Bagaimana, sekarang anda sudah semakin paham ya mengenai kegiatan Public Relation? Menjadi seorang Public Relation memang tidak mudah. Anda harus memahami semua kegiatan tersebut dengan benar. Semoga Anda yang saat ini bekerja sebagai Public Relation, senantiasa diberikan kemudahan ya. Sukses selalu!

Pekerjaan Terkait

Admin Marketing | Admin Penjualan

Pendidikan Terkait

Manajemen Pemasaran | Ilmu Komunikasi

Gambar Gravatar
Seorang praktisi Pemasaran, SEO dan Digital Marketing. Suka dengan kata dan cinta dengan karya. Turut memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui beragam artikel pendidikan di kitapunya.net.