Arti Kata Kawak dan Contoh Kalimat

Arti Kata Kawak dalam Bahasa Jawa dan Contoh Kalimatnya

Diposting pada 4 views

Apa arti kata kawak? Lagu jawa akhir-akhir ini makin  dikenal oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia.  Sebelum kemunculan lagu-lagu jawa di televisi hingga sosial media saat ini, jauh kebelakang seniman-seniman jawa sangat ingin memperkenalkan budaya  jawa agar bisa dinikmati semua orang.

Lalu apa keterkaitan hal  ini dengan istilah kata kawak? Kalau kita mengikuti seniman dan artis yang menyanyikan lagu berbahasa Jawa, mereka biasanya dalam berbincang sering menggunakan bahasa daerah mereka. Nah, salah satu bahasa jawa yang sering muncul dan masih terdengar asing ialah kata kawak. Kata kawak ini banyak digunakan oleh masyarakat sekitar Jawa Tengah dan Yogyakarta. Lalu, apa arti kata kawak?

Kawak dalam Bahasa Jawa         

Kata Kawak berasal dari bahasa Jawa. Arti kata kawak (ka-wak) menurut KBBI adalah  sudah tua, sudah lama atau sudah lama sekali. Dalam penerapan nya, kawak menggambarkan sesuatu yang sudah berjalan lama.  Misalnya, memulai karir sebagai penulis sudah sangat lama, berteman sejak lama dan memulai bisnis sejak lama mulai dari bangku sekolah.

Sinonim Kawak

Seperti yang sudah kami bahas di atas, kawak  menggambarkan sesuatu yang sudah lama.  Untuk menggambarkan hal yang sudah lama,  kita juga dapat mengganti kata kawak dengan sinonim nya. Kawak memiliki sinonim atau persamaan kata dalam Bahasa Jawa yaitu lawas. Dalam Bahasa Indonesia kawak (sudah lama) memiliki persamaan sebagai berikut: tua, ahli, terampil dan ulung.

Kalau kita sering berbicara dan mendengar percakapan dalam Bahasa Jawa, biasanya untuk menggambarkan suatu hal tidak hanya menggunakan satu kata saja, melainkan banyak pilihan kata yang bisa digunakan.  Pemilihan kata ini tidak sembarangan, tetapi bergantung pada kondisi dan keterangan terkait hal yang digambarkan. Sebagai contoh untuk menjelaskan halaman yang luas, bisa menggunakan kalimat  “latar omahe jembar” atau “latar omahe amba”. Nah, untuk kata kawak sendiri kita bisa menggunakan sinonim nya yaitu lawas atau sinonim dari bahasa indonesia yang sudah  kami sebutkan di atas.

Contoh Kalimat dengan Kata Kawak

Di bawah ini kami sajikan beberapa contoh penggunaan kata kawak dalam Bahasa Jawa:

  1. Aku kenal karo Dina wes kawak wiwit sekolah dasar (Aku kenal dengan Dina sudah lama sejak sekolah dasar).
  2. Amarga wes kawak, gendheng omah gampang ambrol (Karena sudah lama, atap rumah mudah rubuh).
  3. Wahyu ngerintis usaha wes kawak, mangkane usahane saiki wes stabil (Wahyu merintis usaha sudah lama, sehingga usahanya sekarang sudah stabil).
  4. Arsi lan Bagas wes kenal wiwit kawak, dadine wong-wong ora kaget yen sediluk maneh wong loro iku arep omah-omah ( Arsi dan Bagas sudah kenal sejak lama, sehingga orang-orang tidak terkejut kalau dua orang itu akan berumah tangga).
  5. Mie instan kuwi ojo dipangan amarga wes kawak, wedine kowe mengko keracunan (Mie instan itu jangan dimakan karena sudah lama, takutnya kamu nanti keracunan).

Baca juga arti kata menarik lainnya:  Arti Kata Ngelih

Kesimpulan

Berdasarkan pengertian di atas dan beberapa referensi, kawak dalam bahasa indonesia diartikan sebagai sesuatu yang sudah lama.

Nah, itulah arti kata kawak dan contoh kalimatnya dalam kehidupan sehari-hari yang sering ditemukan.  Kalau teman-teman KituPunya ada saran terkait topik artikel selanjutnya atau ingin ada yang dibagikan terkait kalimat dengan kata kawak yang sering kalian gunakan, silakan tinggalkan jejak dikolom komentar. Semoga artikel ini mampu menambah insight buat teman-teman. See you.

Temukan arti kata yang lain berikut ini :