arti kata insidental

Arti Kata Insidental Serta Contoh Penggunaannya

Diposting pada 2.313 views

Arti kata insidental – Siapa yang masih jarang sekali mendengar kata insidental? Memang kata insidental ini kurang sering digunakan dalam obrolan keseharian atau percakapan yang dilakukan oleh masyarakat.

Terkadang orang-orang biasanya lebih familiar dengan kata insidentil yang sebenarnya menurut KBBI adalah insidental. Untuk lebih jelasnya berikut ini akan diulas mengenai pengertian kata insidental.

Kata insidental saat digunakan masyarakat seringkali berubah menjadi kata insidentil. Dalam KBBI sendiri sebenarnya kata insidentil pun tidak ada, yang ada ialah insidental.

Arti Kata Insidental Menurut KBBI

Pengertian insidental menurut KBBI ialah sesuatu yang terjadi atau dilakukan hanya pada kesempatan atau waktu tertentu saja atau bisa dikatakan tidak dilakukan secara rutin.

Insidental terkadang dihubungkan dengan beberapa kejadian yang mengarah pada waktu yang secara tiba-tiba. Insidental juga kerap kali diartikan sesuatu yang dilakukan secara sewaktu-waktu.

Kata insidental biasanya juga banyak ditemui di kawasan ruas jalan. Semisal, terdapat Gereja yang berlokasi tepat di pinggir jalan besar.

Para jemaat cukup banyak dan ramai saat itu sehingga beberapa kendaraan seperti mobil para jemaat terpaksa untuk diparkir tepat di depan gereja dan ruas pinggir jalan sehingga cukup memakan bahu jalan.

Kegiatan ini dilakukan dengan memasang rambu tanda insidental. Maksudnya, rambu isidental mengartikan bahwa keadaan tersebut diperbolehkan karena tidak dilakukan secara rutin dan hanya dilakukan hanya pada kesempatan tertentu saja.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa contoh penggunaan kata insidental yang tersemat di beberapa kalimat berikut ini. Simak contoh-contohnya di bawah ini ya.

Baca juga : Arti Kata Hedon

Contoh Penggunaan Kata Insidental

  1. Laporan insidental adalah laporan yang dibuat apabila diperlukan.
  2. Berbagai mobil parkir di depan jalan besar tersebut karena terdapat acara sedekah bumi di desa tersebut. Hal ini tidak masalah karena hal tersebut merupakan keadaan insidental.
  3. Belajar informal dan insidental adalah bentuk belajar yang banyak dialami oleh setiap orang.
  4. Pemberantasan kejahatan tidak dapat dilakukan sepintas lalu dan insidental saja.
  5. Kami mengadakan kumpul antar kelompok hanya pada keadaan insidental saja.
  6. Rosi bekerja sebagai sopir ojek online hanya saat insidental saja.
  7. Rapat yang dilakukan BEM FIB sore tadi merupakan sebuah rapat yang insidental.
  8. Terkadang parkir insidental akan menimbulkan sedikit kemacetan di jalan raya.
  9. Pelayanan karcis secara manual tersebut dilakukan insidental karena mesin karcis sedang dalam keadaan error
  10. Para guru pada jam 12 siang tadi sedang melakukan rapat insidental di kantor kepala sekolah.

Nah kesimpulannya arti kata insidental ialah sebuah keadaan yang tidak dilakukan secara rutin atau kegiatan tersebut hanya dilakukan sewaktu-waktu saja.

Dalam penggunaannya, kata insidental memang tidak cukup populer dalam obrolan sehari-hari dibandingkan dengan kata lainnya. Sekian arti kata insidental, definisi, serta contoh penggunaan dalam beberapa kalimat. Semoga bermanfaaat ya.

Baca juga : Arti Kata Ambigu

Gambar Gravatar
Seorang praktisi Pemasaran, SEO dan Digital Marketing. Suka dengan kata dan cinta dengan karya. Turut memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui beragam artikel pendidikan di kitapunya.net.