arti ambigu
Arti ambigu adalah memiliki makna ganda yang menimbulkan multi tafsir, keraguan dan ketidakjelasan

Ambigu

Diposting pada 140 views

Arti Kata Ambigu dalam KBBI

Ambigu dibaca [am – bi – gu] dan merupakan kata sifat. Memiliki arti : bermakna lebih dari satu (sehingga kadang-kadang menimbulkan keraguan, kekaburan, ketidakjelasan, dsb); bermakna ganda; taksa.

Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) ambigu memiliki arti sebagai sebuah kata yang menggambarkan sifat/perilaku/kata/kalimat/tindakan yang menimbulkan ketidakjelasan, keraguan karena memiliki dua makna atau lebih.

Makna yang lebih dari satu tentu saja membuat seseorang bingung, bahkan sulit untuk dipahami mana yang benar. Seringkali menimbulkan kesalahan penafsiran.

Dalam bahasa gaul, ambigu seringkali dipakai untuk menjudge orang yang plin plan (berubah-ubah keputusan), orang yang ketika ditanya jawabannya berbeda-beda, orang yang sering bohong dan orang yang tidak jelas jawabannya ketika ditanya.

Contoh Kalimat Yang Bermakna Ambigu

contoh ambigu
Ilustrasi contoh percakapan kehidupan sehari-hari

1. Anjing mati dihinggapi lalat hidup

Sepintas kalimat di atas bermakna jelas, tapi sebenarnya kalimat tersebut memiliki dua makna, yaitu :

  • Anjing mati dihinggapi lalat kemudian hidup.
  • Anjing yang mati, dihinggapi lalat yang hidup.

2. Sambil Menangis: Jesica Mengaku Diperas oleh Kekasihnya

Kalimat di atas juga memiliki makna yang ganda dan bisa menimbulkan potensi penafsiran yang berbeda. Pertanyaannya, apa yang diperas? Apakah diperas dengan dimintai uangnya, atau?

3. Pemerintah masih ambigu soal kebijakan mudik

Dari berita tersebut berarti bahwa pemerintah masih belum bersikap tegas terhadap kebijakan mudik pada saat corona. Bahkan kebijakan pemerintah beberapa bulan yang lalu juga multi tafsir, antara mudik dan pulang kampung.

Pemerintah menganggap bahwa mudik dan pulang kampung itu berbeda. Mudik dilarang tapi pulang kampung diperbolehkan. Itu sedikit contoh kalimat ambigu.

Contoh Percakapan Yang Menimbulkan Ambigu

Contoh 1 : Kepala Pusing
Joko : Bro, aku sedang pusing nih.
Randi : Kalau pusing minum obat bro, mau tak beliin aja po?
Joko : Pusing karena masalah bro.
Randi : Kamu ambigu sih..

Contoh 2 : Mobil Pegawai Baru
Siska : Say, ikut aku yuk !
Desi : Kemana?
Siska : Ke bengkel, mobil pegawai baru diperbaiki disana.
Desi : Lhoo, kita ada pegawai baru yang udah dikasih mobil? Enak sekali dia..
Siska : Bukan say, mobil baru untuk para pegawai maksudnya.
Desi : Ooo, kok kamu ambigu sih..
Siska : Loe aja yang penafsirannya beda.

Contoh 3 : Banting Tulang
Suami : Ma, pijitin dong.
Istri : Mengapa pa? Capek po?
Suami : Iyaa ma, kan aku dari tadi pagi udah banting tulang demi kamu.
Istri : Siapa suruh banting tulan? Cari duit kek, bukannya malah banting tulang.
Suami : Enddd.

Baca juga : Arti Kata Mudeng

Gambar Gravatar
Suka dengan kata dan cinta dengan karya.