arti kata teknokrat

Arti Kata Teknokrat Beserta Contoh Penggunaannya

Diposting pada 790 views

Arti kata teknokrat – Kali ini kita akan mengulik arti kata teknokrat. Istilah ini biasanya ditemui dengan hal yang berhubungan dengan teknologi. Kata teknokrat memang lebih sering tercantum pada hal-hal yang bersifat formal atau yang berkaitan dengan bagian pemerintahan.

Jarang sekali tersemat pada ucapan atau perkataan sehari-sehari. Maka dari itu untuk lebih jelasnya berikut ini akan diulas mengenai beberapa pengertian terkait teknokrat.

Arti Kata Teknokrat

Menurut KBBI, teknokrat diartikan sebagai cendekiawan yang berkiprah dalam pemerintahan. Teknokrat  merupakan anggota pemerintah seperti para menteri yang terdiri dari para ahli dalam lapangan masing-masing.

Istilah teknokrat juga berhubungan dengan istilah teknorasi yaitu pemerintahan yang dijalankan oleh teknokrat, teknokraktik yaitu menyangkut pengelolaan organisasi dan manajemen sumber daya pada negara industri oleh kelompok teknokrat, teknokraktisme hal pengelolaan organisasi dan manajemen sumber daya pada negara industri oleh kelompok teknokrat, dan teknologi yaitu metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis.

Teknokrat merupakan sebuah kata yang merujuk pada seorang ahli dalam teknik. Teknik adalah sebuah cara atau kepandaian membentuk sesuatu untuk mencapai hasil yang bermanfaat bagi kehidupan.

Jadi, bisa diartikan teknokrat adalah seseorang atau kelompok orang yang merupakan ahli pikir, kaum cerdik, pandai, atau dalam bahasa sehari-hari cendekiawan. Di Indonesia sendiri, tokoh teknokrat yang cukup populer ialah bapak Bacharuddin Jusuf Habibie. Beliau dikenal sebagai cendekiawan atau ahli teknologi yang berkiprah di pemerintahan.

Contoh Penggunaan Kata Teknokrat

  1. Dalam era pembangunan ini, diharapkan para teknokrat dapat tampil memegang kendali pimpinan di segala bidang.
  2. Pembaharu yang dimaksudkan tentu dari golongan yang berbeda, tidak ada salahnya jika kita memakai tenaga teknokrat dalam pembangunan kekuatan politik nasional.
  3. Pak Habibie bukan hanya teknokrat, tetapi juga negarawan.
  4. Staff khusus Presiden merupakan seorang teknorat yang berasal dari berbagai bidang.
  5. “Beliau adalah bapak demokrasi, bapak teknokrat, bapak dirgantara dan pemimpin sederhana pemimpin yang kita banggakan.” Ujarnya.
  6. Kepemimpinan intelek-intelek atau cendekiawan-cendekiawan yang kita sepakati sebagai teknorat itu, tentu berkaitan dengan seorang Habibie.

Itulah definisi dan contoh penggunaan terkait teknokrat. Dalam kesimpulannya, teknokrat berarti seorang cendekiawan atau seorang yang ahli teknik yang pandai dan cerdas berkiprah di bagian pemerintahan. Seperti bapak Bacharuddin Jusuf Habibie yang memiliki jasa yang luar biasa terhadap perkembangan teknologi di Indonesia hingga dunia.

Bapak BJ Habibie seorang teknorat yang sangat luar biasa membuka kacamata Indonesia mengenai teknologi dan tentu saja seorang cendekiawan yang patut menginspirasi kita semua. Beliau memiliki jasa terhadap bangsa Indonesia sebagai yang pernah menjabat menjadi presiden ke tiga di Indonesia. Semoga arti kata teknokrat kali ini menjadi ulasan yang bermanfaat bagi kita semua.

Baca juga : Pengertian APIP adalah

Gambar Gravatar
Seorang Sarjana Bahasa dan Sastra yang suka menulis. Linked in