arti kata masif

Penjelasan Arti Kata Masif dan Contoh Penggunaannya

Diposting pada 1.571 views

Penjelasan Arti Kata Masif dan Contoh Penggunaannya – Kata masif memang masih jarang sekali terdengar dalam percakapan atau obrolan sehari-hari. Kata ini biasanya ditemui pada kalimat-kalimat artikel berita di internet maupun surat kabar.

Tentu saja karena penggunaan kata ini jarang pada obrolan sehari-hai maka, banyak dari kita yang masih kurang mengerti arti kata masif. Hal yang pasti dilakukan ketika tidak sengaja menemukan kata masif di beberapa artikel berita di internet adalah mencari arti kata tersebut menurut KBBI dan pengertiannya secara umum.

Nah, untuk memperjelas pengertian masif, berikut ini akan dijabarkan ulasan definisi masif dan contoh penggunaannya.

Arti Kata Masif dalam KBBI

Menurut KBBI masif memiliki arti utuh dan padat, di dalamnya tidak berongga, kuat atau kukuh. Masif juga diartikan sebagai murni (tentang logam mulia). Sebenarnya, kata masif termasuk ke dalam kata homonim.

Apa itu kata homonim? Kata homonim merupakan kata yang memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tapi mempunyai makna yang berbeda.

Jadi dalam KBBI masif diartikan sebagai utuh, kuat, dan padat atau tidak berongga tapi juga dapat diartikan sebagai murni (tentang logam mulia).

Selain kata masif, terdapat pula kata homonim seperti kata ‘hak’ yang dapat diartikan sebagai yang harus dimiliki dan ‘hak’ yaitu bagian dari sepatu. Dan masih ada beberapa kata homonim lainnya.

Beberapa masyarakat masih beranggapan bahwa masif dan massive memiliki makna yang sama. Tapi sebenarnya berbeda, massive dalam bahasa inggris diartikan sebagai besar-besaran atau raksasa jika diartikan dalam bahasa Indonesia, massive berarti massif.

Sepertinya terdengar sama dengan masif tapi jelas memiliki arti yang berbeda. Masif adalah utuh, padat, tidak berongga, kuat dan kukuh sedangkan massif (massive) memiliki arti kata sifat yaitu besar-besaran.

Jadi, kata masif bukan merupakan serapan dari kata bahasa Inggris massive ya. Mereka memang terdengar sama tapi jelas memiliki makna yang berbeda. Untuk lebih jelasnya, berikut akan diberikan contoh penggunaan kata masif dalam beberapa kalimat di bawah ini.

Contoh Penggunaan Kata Masif

  1. Gedung olahraga yang baru saja dibangun, tampak sangat masif.
  2. Kondisi lalu lintas hari ini cukup masif, terlebih lagi pada pukul 09.00 tadi terjadi pengalihan jalur lalu lintas ke arah jalan Diponegoro.
  3. Hubungan organisasi yang masif akan memberikan dampak yang baik dan luar biasa pada kinerja program kerja yang akan dilakukan.
  4. Terlihat ikatan keledai di pohon itu kurang masif.
  5. Tsunami yang terjadi pada aceh tahun 2004 lalu sangat masif hingga berdampak goncangan di beberapa negara tetangga sekitar.

Jadi kesimpulannya arti kata masif memiliki arti kuat, kokoh, utuh, dan tidak berongga. Masif masuk ke dalam kata homonim yaitu memiliki kata dengan ejaan yang sama tapi memiliki pengertian yang berbeda. Nah itulah sedikit penjelasan tentang masif beserta contoh penggunaannya. Semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat ya.

Lihat Arti Kata Yang Lain :


Minimal | Maksimal | Mudeng | PAP

Gambar Gravatar
Seorang Sarjana Bahasa dan Sastra yang suka menulis. Linked in