arti kata anotasi

Arti Kata Anotasi, Contoh, dan Cara Membuatnya

Diposting pada 3.459 views

Pengertian dan Arti kata anotasi

Arti kata anotasi – Dalam kehidupan sehari-hari kita kerap kali menemukan sebuah kata yang awam bahkan tak mengerti arti dari kata tersebut. Seperti kata anotasi. Anotasi mungkin dalam keseharian cukup jarang digunakan tetapi kata anotasi kerap kali ditemui dalam bidang yang berhubungan dengan akademik khususnya untuk konteks jurnal atau artikel ilmiah.

Untuk lebih detail dan jelasnya, anotasi menurut KBBI diartikan sebagai catatan yang dibuat oleh pengarang atau orang lain untuk menerangkan, mengomentari, atau mengkritik teks karya sastra atau bahan tertulis lain. Anotasi merupakan proses menandai atau membuat catatan dalam teks. Anotasi merupakan kegiatan yang berhubungan dengan membaca.

Jadi, kerap kali kita membaca sebuah artikel atau karya tulis lain berusahalah untuk sekaligus membuat anotasi. Ini berguna agar kita bisa lebih mengembangkan pengetahuan dan pemahaman lebih dalam pada artikel atau karya tulis yang sedang kita baca. Agar lebih mengerti berikut ini contoh penggunaan anotasi dalam kalimat.

Contoh Penggunaan Anotasi dalam Kalimat

“Tugas hari ini adalah membuat anotasi dari novel “Laut Bercerita” karya Leila S. Chudori”

“Buatlah anotasi dari artikel ilmiah berikut ini dengan baik dan tepat”

“Para mahasiswa dalam kelompok belajar tersebut, diminta untuk membuat anotasi dari hasil diskusi tadi sore”

“Tugas membuat anotasi dikumpulkan secepatnya besok pagi paling lambat pukul 09.00”

“Membuat anotasi pada artikel ilmiah tersebut dapat menambah pemahaman kita mengenai materi hari ini”   

Cara membuat anotasi

Setelah mengerti maksud dan pengertian anotasi, berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara membuat anotasi secara baik. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Mencari tahu tentang anotasi apa yang akan dibuat. Apakah anotasi diskusi atau esai.
  2. Bacalah seluruh informasi pada buku, artikel, atau karya tulis lain yang akan dibuat anotasi. Seluruh informasi tersebut bisa seperti tentang penulis, cover depan, belakang, atau ulasan singkat.
  3. Mulai mebuat anotasi dengan menyoroti informasi kata kunci seperti tokoh, ide, peristiwa, atau istilah asing lain dan tandailah dengan stabilo.
  4. Jika menandai kalimat dengan stabilo terlalu panjang atau mengganggu, kamu bisa menggarisbawahi atau memberikan tanda kurung.
  5. Kemudian, tulis catatan tersebut di ruang kosong sebelah teks pada sisi kanan, kiri, atas, atau bawah.
  6. Siapkan kamus untuk mencari kata-kata yang tidak diketahui maknanya. Kamu juga dapat menuliskan definisi kata tersebut di ruang teks agar lebih mengerti dalam memahaminya. Tak hanya kamus, kamu bisa mencari informasi lebih lanjut melalui internet.
  7. Jika memungkinkan, setelah menulis beberapa catatan tersebut kamu bisa menulis ringkasan singkat pada setiap bab.  
  8. Setelah menulis catatan penting kamu bisa mengulas dan meninjau kembali untuk menyegarkan ingatan dan tentu saja menambahkan hal-hal yang terlewatkan.

Itulah pengertian, contoh, dan bagaimana membuat anotasi. Dapat disimpulkan bahwa anotasi merupakan suatu kegiatan untuk mencatat dan menandai hal-hal yang penting dari suatu karya tulis. Semoga ulasan tentang anotasi bermanfaat ya.

Arti Kata Yang lain :

Company Confidential
Cidro
Ambigu

Mudeng

Gambar Gravatar
Seorang Sarjana Bahasa dan Sastra yang suka menulis. Linked in