arti kata stagnan

Arti Kata Stagnan dan Contoh Penggunaannya

Diposting pada 2.102 views

Arti kata stagnan – Kali ini kita akan membahas arti kata stagnan. Kata stagnan dalam keseharian juga masih terbilang masih jarang digunakan dalam komunikasi sehari-hari.

Walaupun kata stagnan masih tidak banyak digunakan dalam obrolan sehari-hari tapi, kata tersebut sangat familiar pada beberapa kalimat di artikel-artikel yang memiliki gaya bahasa formal seperti liputan berita atau artikel ilmiah.

Untuk lebih jelasnya apa sih definisi dari stagnan? Dan apa pengertian stagnan, mari kita mulai dari pengertian menurut KBBI.

Menurut KBBI kata stagnan memiliki arti yaitu dalam keadaan terhenti. Stagnan merupakan kondisi berhenti atau tidak bergerak. Lawan kata dari stagnan adalah dinamis.

Pengertian lain dari stagnan ialah suatu kondisi yang terhenti dan tetap dan tidak menunjukkan suatu kemajuan yang berarti. Kondisi stagnan merupakan kondisi sesuatu yang terlihat seperti berjalan tapi sebenarnya tidak bergerak dan sama saja.

Kata stagnan juga kerap kali dikaitkan dengan bidang ekonomi dan sosiologi. Arti kata stagnan ekonomi ialah pertumbuhan yang melambat dan pertumbuhan ekonomi lebih kecil dari pertumbuhan ekonomi potensial.

Artinya perkembangan ekonomi tidak berjalan dan tidak berkembang. Sebenarnya, dalam kehidupan sehari-hari kita kerap kali merasakan situasi stagnan yaitu situasi pada diri kita yang dirasa telah berhenti, macet, dan tidak memiliki perkembangan.

Situasi stagnan pada diri kita merupakan hal yang wajar bagi manusia selama kita masih dapat berpikir secara jernih dan positif, situasi stagan lambat laun akan berhenti. Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan dijabarkan mengenai beberapa contoh penggunaan dari kata stagnan dalam beberapa kalimat di bawah ini.

Baca : Arti Kata Mudeng

Contoh Penggunaan Kata Stagnan

  1. Dewasa ini, bursa sedang berada dalam situasi stagnan.
  2. Pertumbuhan ekonomi Indonesia masih stagnan di 5%.
  3. Stagnasi terjadi ketika pertumbuhan ekonomi kurang dari 2-3% per tahun.
  4. Perusahaan yang berada dalam keadaan stagnasi dapat membuat bisnisnya menjadi tidak berkembang.
  5. Masalah stagnasi di dalam bisnis merupakan salah satu masalah yang sering dihadapi oleh para pengusaha.
  6. Perbaikan jalan sering menimbulkan stagnasi lalu lintas.
  7. Pertumbuhan pendidikan di daerah tersebut dalam kondisi stagnan.
  8. Inilah beberapa penyebab perusahaan stagnan yang harus diatasi.
  9. Ketika kita dalam keadaan stagnan, maka kesadaran imaniahlah yang berbicara.

Nah jadi itulah arti kata stagnan dan contoh penggunaannya. Kesimpulannya, stagnan dapat diartikan sebagai suatu kondisi pada hal tertentu yang tidak berjalan, atau melambat, atau tidak ada perkembangan.

Kata stagnan lebih sering kita temui dalam beberapa headline headline berita seperti pada contoh di atas. Semoga ulasan mengenai arti kata stagnan menurut istilah dan KBBI pada artikel bermanfaat dan membantumu untuk mengetahui lebih detail kata stagnan.

Baca yang lain :

Arti Ambigu

Gambar Gravatar
Seorang praktisi Pemasaran, SEO dan Digital Marketing. Suka dengan kata dan cinta dengan karya. Turut memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui beragam artikel pendidikan di kitapunya.net.