arti kata uzur dalam kbbi

Arti Kata Uzur dalam KBBI dan Contoh Penggunaannya

Diposting pada 541 views

Arti kata uzur – Mungkin dari sebagian kita kerap kali mengucapkan uzur dalam percakapan sehari-hari. Uzur merupakan kata yang sudah awam sekali digunakan dalam keseharian kita.

Tapi apakah kamu mengerti secara detail apa arti kata dari uzur? Jika kamu sering menggunakannya kurang lebih kamu sudah sedikit banyak mengetahui arti kata uzur. Untuk lebih jelasnya berikut ini akan dijabarkan mengenai pengertian kata uzur menurut KBBI.

Kata uzur termasuk ke dalam kata homonim. Kata homonim merupakan sebuah kata yang memiliki makna yang berbeda tetapi memiliki pelafalan yang sama.

Arti Kata Uzur dalam KBBI

Menurut KBBI uzur memiliki arti sebagai halangan (yang menyebabkan orang tidak dapat pergi, bekerja, dan sebagainya. Uzur berarti berhalangan, uzur bisa dikatakan lemah badan karena tua, sakit-sakitan, berpenyakitan, dan sudah sangat tua.

Uzur bisa berarti juga rusak sekali, mengandung, dan haid. Jadi, uzur memiliki beberapa makna yang berbeda yang biasanya digunakan dan tergantung pada konteks pembicaraan itu sendiri.

Uzur juga merupakan kata serapan dari kata Arab ‘udhr yang memiliki arti ‘sakit-sakitan’. Salah satu penggunaan kata uzur dalam keseharian adalah untuk menyatakan sebuah alasan.

Seperti seseorang yang akan memiliki agenda dan menanyakan kepastian kedatangan kepada lawan bicaranya, lawan bicara biasanya mengatakan atau menyelipkan kata “uzur” sebagai jawaban atas ajakan tersebut. Untuk lebih jelasnya berikut ini akan diberikan beberapa contoh penggunaan kata uzur dalam beberapa kalimat dan percakapan di bawah ini.

Baca juga : Arti Kata Mudeng

Contoh Penggunaan Kata Uzur di Beberapa Kalimat/Percakapan

Untuk Menyatakan berhalangan

  1. Nana: “Riska, datang ya ke rumah nanti sore aka nada acara syukuran”

Riska: “Oke, aku akan datang jika tidak uzur ya”

2. Setiap Sabtu aku akan datang ke perpustakaan jika tidak ada uzur.

3. Ben: “Don, kenapa kemarin kamu tidak datang latihan hari minggu?”

Doni: “Maaf, aku sedang ada uzur. Ada acara keluarga mendadak di Surabaya”  

Untuk Menyatakan umur seseorang yang sudah tua

  1. Ibu sudah tidak bekerja lagi karena memang sudah uzur.
  2. Kakek itu memang terlihat sangat uzur sekali.
  3. Bagas merupakan anak tunggal, kedua orang tuanya sudah uzur jadi ia tidak dapat pergi merantau setelah lulus kuliah karena ia harus menjaga kedua orang tuanya.

Menyatakan suatu benda dengan umur yang tua

  1. Bangunan tersebut terlihat sangat uzur sekali.
  2. Salah satu rumah paman di desa ini terlihat uzur dan tidak terurus.

Menyatakan sebuah halangan (haid)

  1. Rara: “Mengapa kamu tidak puasa hari ini?”

Sela: “Iya, aku sedang ada uzur

2. Untuk para wanita yang sedang ada uzur sebaiknya tidak memasuki area suci seperti masjid.

Sekian tentang arti kata uzur beserta contoh penggunaannya dalam kalimat dan beberapa contoh percakapan seperti di atas. Semoga ulasan mengenai arti kata ‘uzur’ dapat memberikan manfaat.

Baca juga : Ambigu

Gambar Gravatar
Seorang praktisi Pemasaran, SEO dan Digital Marketing. Suka dengan kata dan cinta dengan karya. Turut memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui beragam artikel pendidikan di kitapunya.net.