arti kata idem

Arti Kata Idem dan Contoh Penggunaannya

Diposting pada 1.878 views

Arti Kata Idem – Dewasa ini, perkembangan bahasa saat ini mulai meluas dan terkadang banyak orang yang menggunakan kata-kata bahasa yang tidak cukup familiar atau masih awam.

Seperti Kata idem, kata idem juga digunakan dalam sehari-hari tapi banyak juga sebagian yang masih kurang mengerti atau jarang sekali menggunakan kata idem sebagai bahasa komunikasi sehari-hari.  

Nah untuk kamu yang biasanya mendengar kata idem dari lawan bicara dan tidak mengerti arti sebenarnya, berikut ini ulasan mengenai arti kata idem.

Arti Kata Idem

Arti ata idem menurut KBBI adalah sama dengan yang disebutkan di atas atau muka. Kata idem masuk dalam kategori adverb atau kata keterangan.

Jadi, dapat diartikan kata idem memiliki arti “sama yang telah disebutkan”. Maksudnya adalah kata idem merupakan kata yang memiliki arti menyetujui atau bermaksud menyamakan apa yang disebutkan oleh lawan bicara. Kata idem sebenarnya berasal dari bahasa Latin yang memiliki arti “sama”.

Kata idem berasal dari bahasa Latin, kata ini biasanya disingkat sebagai id., yang bertujuan untuk digunakan dalam kutipan resmi untuk menunjukkan sebuah sumber yang dikutip sama dengan sebelumnya.

Kata idem juga digunakan dalam bidang akademis untuk menggantikan nama penulis yang berulang. Sebenarnya, kata identitas juga berasal dari bahasa Latin “idem” yang berarti sama.

Maka dari itu kata idem merupakan kata yang diadopsi dari bahasa Latin dan saat ini cukup banyak digunakan dalam bahasa sehari-sehari dalam berkomunikasi dalam dunia nyata maupun maya.

Tak hanya berarti “sama” idem juga diartikan sebagai persetujuan, membolehkan, turut mengikuti apa yang dikatakan lawan bicara. Kata idem juga tergantung pada konteks pembicaraan tersebut. Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan diberikan beberapa contoh terkait dengan penggunaan kata idem dalam komunikasi masyarakat sehari-hari.

Baca juga : Arti Kata Ambigu

Contoh Penggunaan Kata Idem

Untuk menyatakan kesamaan atas apa yang diucapkan oleh lawan bicara.

  1. Rani     : “Gimana kalau kita ke pantai hari minggu aja sama Andi yang udah datang    dari Surabaya”

Siska    : “Idem aja deh”

  • Andi    : “Aku suka makan baso tanpa sayur, kamu?”

Rei       : “Idem

  • Dani    : “Minggu depan aku libur satu minggu”

Dina    : “Idem

Untuk menyatakan sebuah sumber atau kutipan yang sama dengan sebelumnya. (Sumber diperoleh dari jurnal ilmiah)

  1. United States v. Martinez-Fuerte, 428 U.S 453.

Id. At 547.

  • “… the Executive Order declares that “the United States must ensure that those admitted to this country do not bear hostile attitudes toward it and its founding principles.” Id. It asserts, “Deteriorating…” (from page 3 of State of Washington v. Donald J. Trump)

Nah itulah pengertian dan definisi terkait arti kata idem beserta contoh penggunaannya. Saat ini bahasa dalam keseharian dan komunikasi menjadi lebih luas maka dari itu kita juga perlu memahami dan mengetahui arti dari kata tersebut. Seperti dalam artikel ini, semoga ulasan mengenai arti kata berikut ini bermanfaat ya.

Baca juga : Arti Kata Insidential

Gambar Gravatar
Seorang praktisi Pemasaran, SEO dan Digital Marketing. Suka dengan kata dan cinta dengan karya. Turut memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui beragam artikel pendidikan di kitapunya.net.