arti kata justifikasi

Arti Kata Justifikasi Disertai Contoh Penggunaannya

Diposting pada 10.395 views

Arti kata justifikasi – Mungkin beberapa dari kita sudah sering kali mendengar kata justifikasi. Justifikasi juga dapat diartikan sebagai putusan atau tindakan yang dianggap benar.

Dalam kesehariannya kita kerap kali mengalami sebuah justifikasi. Sebelum masuk pada contoh penggunaan kata justifikasi, mari kita terlebih dahulu mengetahui pengertian justifikasi menurut KBBI, dan menurut para ahli.

Arti Kata Justifikasi

Menurut KBBI justifikasi adalah putusan (alasan, pertimbangan, penyesuaian, dan sebagainya).

Sedangkan menurut ahli (M. Ansjar dkk: 1995) justifikasi merupakan suatu proses pembuktian yang didasarkan pada definisi, teorema, lemma yang sudah pernah dibuktikan sebelumnya.

Justifikasi juga merupakan pembuktian atas pembenaran sekaligus sebagai alasan, pertimbangan fakta yang membuat keputusan yang diambil secara benar. Secara epistemologi, justifikasi mengarah pada keyakinan.

Sebenarnya dalam keseharian, kita kerap kali melakukan sebuah justifikasi pada diri sendiri yang bisa dikatakan sebagai pertahanan diri untuk memutuskan sesuatu yang benar.

Seperti saat kita terlupa untuk mengerjakan sebuah tugas sedangkan waktu pengumpulan tugas tinggal satu jam lagi, maka kita memaksa untuk melihat tugas teman dan berkata pada diri sendri bahwa nanti akan mempelajari tugas tersebut.

Contoh lain justifikasi ialah ketika gaji pegawai dinaikkan diharapkan pelayanan masyarakat juga harus semakin meningkat. Yang dimaksud justifikasi dalam kalimat tersebut ialah “Harapan untuk pelayanan masyarakat yang harus semakin meningkat”.

Nah itulah yang dimaksud dengan justfikasi, yaitu berupaya untuk membenarkan keputusan tersebut. Dalam kehidupan ini, banyak beberapa hal yang dapat dijustifikasi seperti keyakinan, tindakan, emosi, klaim, aturan, dan teori-teori lain.

Justifikasi juga sebenarnya memiliki beberapa macam seperti justifikasi penelitian, justifikasi masalah, justifikasi anggaran, justifikasi yuridis Pancasila, justifikasi dalam iklan, justifikasi pemakaian, dan justifikasi dalam teks eksplanasi.

Baca juga : Arti Kata Idem dan Contoh Penggunaannya

Untuk lebih jelasnya berikut ini contoh penggunaan kata justifikasi di beberapa kalimat.

Contoh Penggunaan Kata Justifikasi

1.  Justifikasi teknik ialah penyesuaian yang dilakukan dalam proyek pembangunan jalan serta jembatan.

2. Dalam kehidupan sehari-hari, kita juga sering melakukan justifikasi terhadap diri sendiri.

3. “Hal ini sebab pengaruh dari suatu definisi pengetahuan yang mengatakan bahwa pengetahuan adalah kepercayaan yang benar yang dijustifikasi.

4. Selena sedang mengajukan lamaran kerja, tetapi Selena sedang menjustifikasi yakin bahwa Rani temannya yang akan mendapatkan pekerjaan.

5. Teman-teman A menjustifikasi kepercayaan mereka bahwa A bukan pencuri, akan tetapi setelah dipelajari dan dilihat bukti-bukti lebih lanjut kini mereka memiliki justifikasi keyakinan bahwa A adalah pencuri.

6.  Jadi kepercayaan Selena bahwa orang yang mendapat pekerjaan adalah orang yang memiliki 10 koin yang disakunya terjustifikasi dan benar.

Itulah pengertian justifikasi menurut istilah dan ahli beserta contoh penggunaannya dalam beberapa kalimat. Semoga ulasan mengenai arti kata justifiksi di artikel ini bermanfaat untuk kamu ya.  

Baca juga : Penjelasan Arti Kata Masif dan Contoh Penggunaannya

Gambar Gravatar
Seorang praktisi Pemasaran, SEO dan Digital Marketing. Suka dengan kata dan cinta dengan karya. Turut memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui beragam artikel pendidikan di kitapunya.net.