kata dahaga dan contoh kalimat

Arti Kata Dahaga dalam KBBI dan Contoh Kalimatnya

Diposting pada 4 views

Arti kata dahaga dan contoh kalimat – Apa yang teman-teman bayangkan saat mendengar kata dahaga? Kata dahaga identik kita dengar dan baca saat kondisi menggambarkan cuaca sedang panas atau badan lelah. Bahkan artikel lain di Google juga banyak memuat terkait topik dahaga ini, misalnya: minuman pelepas dahaga, cara mengatasi dahaga, penghilang dahaga dan topik lain yang berhubungan dengan cara mengurangi kehausan (dahaga).  Lalu, apa arti kata dahaga?

Arti Kata Dahaga

Dahaga [da·ha·ga] dapat berperan sebagai Adjektiva (kata sifat) dan Nomina (kata benda). Menurut KBBI, makna kata dahaga sebagai kata sifat adalah haus, rasa haus dan rasa ingin minum. Dalam bentuk kata benda memiliki arti kata perlawanan (terhadap perintah) dan daga.

Kata dahaga secara umum, menggambarkan rasa haus atau membutuhkan minum. Biasanya saat kita berada di lingkungan luar yang panas, kemudian tubuh merasakan kehausan, secara tidak langsung kita akan mencari minuman pelega dahaga (minuman yang mengurangi rasa haus).

Istilah atau kata dalam bahasa Indonesia memiliki banyak keanekaragaman arti. Tidak setiap kata memiliki arti yang sama terus-menerus. Arti kata berhubungan dengan kata lain di kalimat atau kondisi yang sedang digambarkan. Kata dahaga pun tidak boleh diartikan “haus” selamanya. Namun, kita harus pertimbangkan juga kata lain dan kondisi yang digambarkan dalam kalimat. Seperti arti dahaga pada kondisi yang menggambarkan perlawanan bahkan dahaga akan kekuasaan.

Contoh Kalimat dengan Kata Dahaga

Berikut merupakan beberapa contoh kalimat yang menggunakan kata dahaga :

  1. Cuaca panas menimbulkan rasa dahaga, sehingga tubuh ingin minum-minuman segar.
  2. Air lemon sangat digemari saat musim panas, karena mampu melepas dahaga.
  3. Dahaga akan kekuasaan menyebabkan manusia lupa diri.
  4. Minuman pelepas dahaga yang segar.
  5. Terkadang manusia dahaga akan kekayaan hingga melupakan rasa kemanusiaan.
  6. Demi mengurangi dahaga ilmu pengetahuan, dia memilih untuk menuntut ilmu dan bercengkerama dengan masyarakat.

Kalimat Bijak dengan Kata Dahaga

Kata dahaga juga digunakan dalam kalimat bijak atau quotes, seperti kata bijak dari tokoh terkenal di bawah ini:

Perpustakaan adalah tempat untuk memenuhi dahaga ilmu pengetahuan (Abdurrahman Wahid).

Cinta ibarat mata air abadi, yang selalu mengalirkan kesegaran bagi jiwa-jiwa dahaga. Bagaikan anggur nikmat, yang manis di bibir menghangatkan badan, tetapi tidak jarang juga memabukkan (Khalil Gibran).

Nah, itulah arti kata dahaga dan contoh penggunaan kalimatnya. Semoga artikel ini mampu menambah manfaat untuk teman-teman. Kalau teman-teman KituPunya ada saran topik artikel selanjutnya silakan tinggalkan jejak di kolom komentar. See you.

Temukan arti kata lainnya di kitapunya.net :