tugas room attendent

Tugas Room Attendant Yang Harus Anda Pahami

Diposting pada 81 views

Tugas Room Attendant – Setiap hotel atau penginapan pasti memiliki petugas room attendant. Room attendant merupakan petugas hotel sebagai seksi kamar dan berhubungan langsung dengan tamu. Bekerja menjadi room attendant tentu bukanlah hal yang mudah, mengingat banyak sekali tugas yang harus dikerjakan. Salah satu yang paling penting adalah memberikan kenyamanan bagi para tamu hotel.

Baik dan buruknya kondisi kamar akan mempengaruhi user experience dan berdampak langsung pada kepuasan konsumen hotel. Room attendant bertanggung jawab penuh terhadap keseluruhan kondisi dari kamar. Namun, masih banyak tugas yang dilakukan oleh room attendant. Apa saja? Dibawah ini kami akan membahasnya secara lengkap untuk anda.

Beberapa Tugas Room Attendant

Bekerja menjadi room attendant di hotel terdapat beberapa tugas yang harus dilakukan. Berikut beberapa tugasnya:

1. Memastikan Kenyaman Dan Keamanan Tamu

Kenyaman dan keamanan merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi tamu. Disinilah, peran dari seorang room attendant yaitu memastikan kenyaman dan kemanan kepada tamu. Room attendant akan memastikan bahwa tamu merasa baik saat berada di hotel, hal ini akan memberikan pengalaman yang positif bagi tamu.

Tugasnya seperti saat akan memasuki kamar maka harus mengetuk pintu terlebih dahulu. Kemudian, lakukan senyum dan sapa pada tamu hotel. Setelah itu, lakukan pembersihan pada semua titik, terutama yang terlihat sangat berantakan dan kotor. Tetapi, jika masuk tetapi tidak ada tamu maka kamar harus dikunci kembali.

Baca juga : 10 Prospek Kerja Perhotelan

2. Berkomunikasi Dengan Tamu Secara baik

Room attendant diharuskan untuk bisa berkomunikasi dengan tamu secara baik. Room attendant harus bisa mengambil sikap bagaimana menyapa tamu dengan benar. Terutama, untuk hotel yang berbintang maka harus dilakukan dengan baik. Karena, tamu yang mengunjungi bisa saja orang yang berkelas dan berkualitas.

Setidaknya, room attendant paham mengenai sikap yang benar saat berkomunikasi dengan tamu. Usahakan untuk tetap fokus saat berkomunikasi dan siap melayani tamu. Jika tamu membutuhkan bantuan, maka segera menuju ke ruangan untuk membantu.

Nantinya, jika ternyata masalahnya berkaitan dengan bidang yang lainnya. Maka room attendant bisa menghubungi bidang yang sesuai untuk dapat membantu permasalahan tersebut.

3. Melakukan Pembersihan Kamar

Kebersihan menjadi salah satu tugas utama yang harus dilakukan oleh room attendant. Kegiatan pembersihan juga tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Pastikan, semuanya dilakukan sesuai dengan ketentuan agar tidak ada kotoran yang tertinggal. Semua permukaan harus dibersihkan seperti meja,lemari, televisi, pintu dan yang lainnya.

Selain itu, juga melakukan pembersihan pada kamar mandi. Gunakan sarung tangan saat melakukan pembersihan di kamar mandi. Melakukan pergantian handuk, membersihkan kaca, mengecek fungsi shower dan membersihkan lantai. Hal ini harus dilakukan dengan benar agar seluruh bagian kamar bersih dan nyaman digunakan.

Baca juga : Nama Posisi atau Bagian Kerja Di Hotel dan Struktur Organisasinya

4. Memahami Administrasi Kamar

Seorang room attendant tetap harus memahami administrasi. Hanya saja, untuk administrasi yang dilakukan yaitu mengenai proses check-out kamar. Jika ada kamar yang sudah selesai atau check-out, maka bisa dilakukan pembersihan. Hal ini dilakukan untuk lebih mempercepat kinerja dalam proses pembersihan.

Karena, setelah jam check-out, hanya beberapa jam lagi kamar tersebut bisa digunakan. Untuk itu, kinerja dari room attendant juga harus cepat. Pemahaman mengenai administrasi kamar juga penting, agar room attendant bekerja sesuai dengan tugasnya dan dimudahkan.

5. Bekerjasama Dengan Room Attendant Lainya

Room attentdant harus bisa saling membantu satu sama lainnya. Jika sudah selesai mengerjakan kamar maka cek sebelahnya. Apakah room attendant lain membutuhkan bantuan. Berbeda ruangan kamar biasanya membutuhkan waktu yang lebih dalam dalam proses pembersihannya.

Jadi, disinilah perannya harus saling membantu satu sama lainnya.
Seperti jika ada tambahan towel, pillowcase, maupun yang lainnya maka bisa dibantu. Dengan saling membantu, maka pekerjaan akan menjadi lebih cepat selesai. Tentunya, kamar yang dibersihkan juga akan menjadi lebih bersih dengan begitu tamu nyaman untuk menempatinya.

Baca juga : Jam Kerja Karyawan Hotel

6. Bekerjasama Dengan Seksi Housekeeping

Room attendant merupakan seksi yang termasuk dalam housekeeping. Jadi, kedua hal ini tentu tidak bisa dipisahkan. Untuk memberikan pelayanan terbaik kepada tamu, maka harus saling membantu satu sama lainnya.

Seperti jika nantinya terdapat kekurangan atau hal yang perlu dikerjakan bersama maka harus dilakukan. Kualitas dari kamar nantinya akan memberikan image pada hotel. Jika kamar berkualitas, tamu tentu ingin kembali lagi.

Kerjasama yang dilakukan bisa secara langsung. Atau, jika memang nantinya tamu hotel membutuhkan bantuan maka bisa saling membantu. Karena, bisa saja bantuan yang dibutuhkan oleh tamu membutuhkan beberapa orang.

Selain itu, kerjasama dilakukan agar bisa lebih cepat dalam menyelesaikan pekerjaan. Utamanya yang berkaitan secara langsung dengan kebersihan dan kerapian kamar yang akan digunakan oleh tamu.

Baca juga : Gaji Kerja Di Hotel Lengkap Semua Bagian

Itu dia beberapa tugas dari room attendant hotel yang perlu anda ketahui. Bekerja menjadi room attendant memang tidak mudah. Karena banyak sekali tugas yang dilakukan dan memiliki tanggung jawab yang besar. Tetapi, jika anda berminat untuk menjadi seorang room attendant maka tidak ada salahnya untuk mencoba. Semoga bermanfaat!