tugas pengawas gudang

Tugas Pengawas Gudang: Kualifikasi, Skills, Jenjang Karir dan Gajinya

Diposting pada 1,332 views

Pengawas gudang adalah salah satu posisi yang bertanggung jawab untuk mengelola operasional gudang, mulai dari penerimaan, penyimpanan, pengeluaran, hingga pengiriman barang. Pengawas gudang juga harus memastikan kualitas dan kuantitas barang sesuai dengan standar, serta mencegah kerusakan atau kehilangan barang.

Selain itu juga harus memastikan bahwa barang-barang disimpan dengan aman, rapi, dan sesuai dengan standar kualitas. Dibawah ini akan kami jelaskan terkait pengertian, tugas pengawas gudang, kualifikasi dan skill yang harus dimiliki seorang pengawas gudang.

Pengertian Pengawas Gudang

Pengawas gudang adalah salah satu posisi penting dalam manajemen logistik. Pengawas gudang bertanggung jawab untuk mengawasi operasional gudang, mulai dari penerimaan, penyimpanan, pengeluaran, hingga pengiriman barang. Pengawas gudang juga harus memastikan bahwa barang-barang yang disimpan di gudang aman, teratur, dan mudah diakses.

Tugas Pengawas Gudang

Sebagai pengawas gudang, Anda bertanggung jawab untuk mengelola dan mengawasi operasional gudang, termasuk penerimaan, penyimpanan, pengiriman, dan pengembalian barang. Anda juga harus memastikan bahwa gudang beroperasi dengan efisien, aman, dan sesuai dengan standar kualitas. Berikut adalah beberapa tugas utama yang harus Anda lakukan sebagai pengawas gudang:

  1. Membuat dan mengimplementasikan rencana kerja harian, mingguan, dan bulanan untuk staf gudang.
  2. Mengawasi dan melatih staf gudang dalam hal prosedur kerja, keselamatan kerja, dan peralatan gudang.
  3. Melakukan pemeriksaan rutin terhadap kondisi fisik dan persediaan gudang, serta melaporkan masalah atau kekurangan yang ditemukan.
  4. Menjaga akurasi data persediaan dengan menggunakan sistem manajemen gudang (WMS) atau alat pelacakan lainnya.
  5. Menyusun dan mengirimkan laporan aktivitas gudang secara berkala kepada manajer atau pihak terkait.
  6. Berkoordinasi dengan departemen lain, seperti pembelian, penjualan, logistik, dan keuangan, untuk memastikan kelancaran proses gudang.
  7. Menyelesaikan masalah atau keluhan yang muncul dari staf gudang, pelanggan, atau pemasok.
  8. Menegakkan aturan dan peraturan yang berlaku di gudang, serta memberikan sanksi jika diperlukan.

Tugas pengawas gudang tidak hanya menuntut kemampuan manajerial dan organisasional yang baik, tetapi juga keterampilan komunikasi, analitis, dan pemecahan masalah yang tinggi. Anda harus dapat bekerja di bawah tekanan dan menghadapi situasi yang tidak terduga dengan cepat dan tepat.

Anda juga harus memiliki pengetahuan yang luas tentang produk dan layanan yang ditawarkan oleh perusahaan Anda, serta persyaratan hukum dan industri yang berhubungan dengan gudang. Dengan demikian, Anda dapat memberikan kontribusi yang positif bagi kinerja dan reputasi perusahaan Anda di mata pelanggan dan pemasok. Dibawah ini adalah skills dan kualifikasi sebagai pengawas gudang.

Kualifikasi Pengawas Gudang

Berikut ini adalah kualifikasi pengawas gudang yang biasa kita temui dalam iklan lowongan kerja:

  • Minimal lulusan SMA atau sederajat
  • Memiliki pengalaman kerja di bidang logistik minimal 2 tahun
  • Memiliki kemampuan komunikasi dan koordinasi yang baik
  • Memiliki pengetahuan tentang sistem manajemen gudang dan inventori
  • Memiliki keterampilan komputer dan menguasai aplikasi gudang
  • Memiliki jiwa kepemimpinan dan tanggung jawab
  • Bersedia bekerja shift dan di bawah tekanan

Skills Yang Harus Dimiliki Pengawas Gudang

Untuk menjadi pengawas gudang yang handal, ada beberapa keterampilan dan kualifikasi yang harus dimiliki. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Memiliki pengetahuan tentang sistem logistik dan inventarisasi
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik dengan berbagai pihak, seperti karyawan, pemasok, pelanggan, dan manajemen
  • Memiliki kemampuan manajemen waktu dan prioritas yang baik untuk menyelesaikan tugas-tugas sesuai dengan jadwal dan target
  • Memiliki kemampuan analisis dan pemecahan masalah yang baik untuk mengatasi berbagai kendala dan tantangan yang mungkin terjadi di gudang
  • Memiliki kemampuan kepemimpinan dan motivasi yang baik untuk mengelola dan mengembangkan kinerja karyawan gudang
  • Memiliki sikap disiplin, jujur, bertanggung jawab, dan teliti dalam melaksanakan tugas-tugas gudang

Pengawas gudang adalah profesi yang menantang namun juga menarik. Dengan menjadi pengawas gudang, Anda dapat berkontribusi dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses logistik suatu perusahaan.

Jenjeng Karir Pengawas Gudang

Setelah mengatuhi pengertian, tugas dan keterampilan yang dimiliki oleh seorang pengawas gudang, lalu bagaimana jenjang karir pengawas gudang? Apakah bagus? Berikut ini penjelasannya, check it out:

Jenjang karir pengawas gudang bisa dimulai dari posisi staff gudang, kemudian naik menjadi supervisor gudang, hingga manager gudang. Setiap posisi memiliki tanggung jawab dan tantangan yang berbeda-beda. Untuk meningkatkan jenjang karir pengawas gudang, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, antara lain:

  • Mengikuti pelatihan atau sertifikasi yang berkaitan dengan bidang logistik
  • Meningkatkan keterampilan dan pengetahuan yang relevan dengan pekerjaan
  • Membina hubungan baik dengan rekan kerja, atasan, dan pelanggan
  • Menunjukkan kinerja yang baik dan profesional
  • Mencari peluang untuk mengembangkan diri dan karir

Jenjang karir pengawas gudang menawarkan prospek yang cukup baik di masa depan. Hal ini karena logistik merupakan salah satu sektor yang penting dan terus berkembang seiring dengan perkembangan ekonomi dan teknologi. Pengawas gudang yang memiliki kualifikasi dan kompetensi yang tinggi akan memiliki peluang untuk mendapatkan posisi yang lebih baik dan gaji yang lebih tinggi.

Gaji Pengawas Gudang

Setelah mengetahui beberapa hal di atas, apakah Anda tertarik untuk bekerja sebagai pengawas gudang? Jika ya, Anda mungkin ingin tahu berapa gaji yang bisa Anda dapatkan di posisi tersebut. Gaji pengawas gudang tentu saja bervariasi tergantung pada lokasi, perusahaan, dan pengalaman Anda. Namun, ada beberapa kota besar di Indonesia yang menawarkan gaji yang cukup menarik untuk pekerjaan ini.

Menurut data dari Indeed.com, rata-rata gaji pokok untuk pengawas gudang di Indonesia adalah Rp 4.265.255 per bulan. Namun, angka ini bisa berbeda-beda di setiap kota. Berikut adalah daftar 15 kota besar di Indonesia beserta kisaran gaji pengawas gudang di masing-masing kota :

KotaGaji per bulan
JakartaRp 5.061.858
BandungRp 5.359.967
KarawangRp 5.066.314
BekasiRp 4.974.009
SurabayaRp 4.311.584
TangerangRp 3.789.808
BogorRp 3.573.357
DenpasarRp 4.539.158
MakassarRp 3.219.642
MedanRp 3.500.000
YogyakartaRp 3.000.000
SemarangRp 2.800.000
PalembangRp 2.500.000
BalikpapanRp 3.000.000
BatamRp 2.500.000

Dari tabel di atas, kita bisa melihat bahwa kota-kota di Pulau Jawa cenderung memberikan gaji yang lebih tinggi daripada kota-kota di luar Jawa untuk posisi pengawas gudang. Hal ini mungkin karena tingkat persaingan dan biaya hidup yang lebih tinggi di Jawa daripada di luar Jawa.

Selain gaji pokok, pengawas gudang juga bisa mendapatkan tunjangan dan insentif lainnya dari perusahaan, seperti uang makan, transportasi, kesehatan, pensiun, bonus, dll. Tunjangan dan insentif ini bisa meningkatkan pendapatan Anda sebagai pengawas gudang secara signifikan.

Apabila Anda memiliki minat dan bakat sebagai pengawas gudang, Anda dapat mencari informasi lebih lanjut terkait rincian tugas dan persyaratan untuk bisa menjadi seorang pengawas gudang. Semoga sukses yaa!

Baca juga:

Gambar Gravatar
Tim Editorial KitaPunya.net adalah seorang profesional di bidang Manajemen, Teknologi Digital dan Marketing dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. KitaPunya.net saat ini menjadi situs pendidikan dan karir yang selalu berusaha memberikan inforamasi akurat, terpecaya dan terupdate.