jobdesk admin gudang

9 Jobdesk Admin Gudang yang Wajib Kamu Tahu!

Diposting pada 1,709 views

Apa jobdesk admin gudang yang sudah kamu ketahui? Memastikan barang tersedia? Yap, betul ini merupakan tugas utama profesi admin gudang. Namun, tidak hanya itu saja tugas admin gudang sangat kompleks. Seorang admin gudang harus cermat dan teliti dalam mengatur keluar masuknya barang agar pekerjaan di gudang berjalan efektif.

Setelah membaca artikel ini, kamu akan mengetahui jobdesk admin gudang lebih mendalam. Yuk langsung saja kita simak sama-sama!

Admin Gudang Adalah

Secara sederhana pekerjaan admin gudang adalah memastikan proses pekerjaan yang ada di gudang berjalan dengan lancar dan semua inventaris berada di tempat yang seharusnya.

Lebih luasnya pekerjaan admin gudang atau warehouse administrator adalah seorang profesional yang memiliki ketelitian tingkat tinggi dalam memastikan setiap persediaan barang serta melakukan dokumentasi atau pendataan keluar masuknya barang dari atau menuju gudang secara berkala.

Sebagai seorang admin gudang, kamu harus memastikan setiap pekerjaan berjalan dengan lancar. Caranya, kamu bisa membuat jadwal harian bahkan bulanan yang rutin dilakukan. Bayangkan saja, banyaknya barang di gudang tanpa strategi mengatur yang tepat dan jadwal rutin bukankah akan cukup membingungkan?

Jobdesk Admin Gudang

Gudang menjadi tempat perputaran keluar masuk barang yang sangat cepat. Seorang admin gudang diharuskan teliti, cermat dan solutif dalam menangani barang yang ada di gudang agar pekerjaan berjalan efektif.

Jobdesk utama admin gudang adalah memastikan stok barang yang tersedia sama dengan sistem dan proses keluar masuk barang berjalan efektif dan akurat. Nah, untuk memastikan pekerjaan di gudang berjalan efektif, seorang admin gudang mengemban beberapa jobdesk, antara lain:

1. Mencatat Pesanan Barang

Gudang adalah tempat keluar masuknya barang baik dari hasil produksi atau dari luar. Disinilah tugas admin gudang untuk mengontrol dan mencatat arus barang yang ada di gudang. Pencatatan barang dapat dilakukan dengan dua metode yaitu dengan cara manual dan menggunakan komputer. Tujuan pencatatan ini agar pihak manajemen mudah untuk menganalisa arus barang yang ada di gudang.

2. Input Data dan Inventori

Jobdesk admin gudang selanjutnya, memastikan laporan manual dengan laporan yang ada di komputer sama atau sinkron. Nah, pada tahapan ini seorang admin gudang harus cermat dan teliti dalam menganalisa data.

3. Melakukan Stok Barang dengan Waktu Berkala

Mengingat padatnya arus barang yang keluar masuk setiap hari, maka admin gudang harus melakukan stock opname pada setiap akhir bulan karena hal ini dapat mengantisipasi terjadinya selisih barang.

4. Laporan Mengenai Keadaan Barang yang Ada Di Gudang

Laporan barang adalah suatu hal yang sangat penting untuk dikerjakan karena di samping kita bisa mengetahui arus barang yang ada di gudang tersebut, kita juga harus mempertanggungjawabkan laporan kepada atasan. Admin gudang harus mempunyai laporan keluar masuknya barang serta stok barang yang ada di gudang. Laporan terdiri dari laporan harian, mingguan, bulanan dan tahunan.

5. Mencatat BKB (Bukti Keluar Barang)

Mencatat BKB merupakan kegiatan paling awal yang biasanya seorang admin gudang lakukan. Bukti keluar barang adalah proses mengeluarkan barang yang ada pada permintaan barang yang sebelumnya telah diorder oleh toko atau pelanggan. Tujuan pencatatan BKB supaya stok fisik barang yang ada di bidang sama dengan stok barang yang ada di sistem perusahaan.

6. Membuat Surat Jalan

Surat jalan adalah dokumen penting yang wajib dibawa oleh sopir saat mengirimkan barang kepada konsumen. Surat jalan merupakan bukti bahwa konsumen telah menerima barang pesanan. Nah, membuat surat jalan ternyata tugas admin gudang.

7. Tarik Faktur Pajak

Jobdesk admin gudang tidak hanya berkaitan dengan stok barang yang berubah karena arus keluar masuk barang. Namun, juga berkaitan dengan seluruh document termasuk faktur pajak. Faktur ini didapat dari faktur penjualan toko yang kena pajak. Penarikan faktur pajak dilakukan sehari setelah faktur penjualan direalisasikan. Tujuan penarikan faktur pajak ini adalah sebagai bukti telah dibayarkannya pajak penjualan oleh perusahaan.

8. Memperbarui Barang Yang Memasuki Masa Kadaluwarsa (Expired)

Banyaknya jumlah barang di gudang, terkadang menyebabkan beberapa barang sampai tertimbun dalam tumpukan. Barang-barang seperti ini rentan kadaluwarsa. Apalagi barang dengan kategori makanan dan cepat basi pasti perlu diperiksa secara rutin. Admin gudang harus melakukan pencatatan terkait data barang yang sudah mencapai masa kadaluwarsa.

9. Melakukan Pemeriksaan Barang Retur

Dalam kegiatan perdagangan, tidak dapat dimungkiri akan ada kendala yang menyebabkan barang tidak sesuai. Hal ini bisa karena kesalahan saat produksi, kerusakan saat pengiriman dan barang tidak sesuai yang lolos quality control. Nah,admin gudang juga bertugas dalam memeriksa barang yang sudah dikembalikan sesuai prosedur perusahaan.

Nah, itulah teman-teman kitapunya Jobdesk atau tugas admin gudang sangat beragam, bergantung pada jenis dan skala perusahaan tempat mereka bekerja.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:
Kualifikasi Admin Gudang
Tugas Admin Payroll: Skill dan Kualifikasi Lengkap

Berapa Gaji Admin Gudang?

Dilansir dari Indeed yang merupakan website pancari kerja, rata-rata gaji pokok Admin Gudang di Indonesia pada bulan Maret 2023 berkisar Rp 2.900.000.

Kota dengan gaji terbesar untuk posisi Admin Gudang adalah Bekasi, dengan rata-rata gaji sebesar Rp 4.600.000 per bulan.  Diikuti dengan Kota Tangerang dan DKI Jakarta dengan gaji sekitar Rp 3.800.000 per bulan.

Besarnya gaji yang diterima tergantung pada skala perusahaan tempat kamu bekerja, lokasi perusahaan dan skill yang kamu miliki. Bagaimana apa kamu ingin berkarir sebagai admin gudang?

Nah, itulah informasi tentang jobdesk admin gudang. Bila artikel ini bermanfaat, bagikan juga ke sosial media kamu agar teman kamu juga bisa dapat insight. Kitapunya juga menyajikan artikel tentang pekerjaan lainnya yang siapa tahu sedang kamu cari. Dapatkan update artikelnya tiap minggu!

Gambar Gravatar
Winarsih adalah seorang profesional yang ahli dalam bidang pendidikan. Memberikan banyak tips, tutorial dan informasi akurat untuk para pembaca KitaPunya.net.