Tugas dan Skill Admin Payroll

Ketahui 7 Tugas Admin Payroll: Skill dan Kualifikasi Lengkap

Diposting pada 1,811 views

Yuk ketahui 7 tugas admin payroll ! Sebagian besar perusahaan dengan skala besar dimana jumlah karyawan mencapai ribuan membentuk tim tersendiri untuk mengurus gaji dan pajak karyawan. Profesi ini biasa disebut admin payroll atau staff payroll.

Artikel kali ini akan mengulas tugas admin payroll lengkap dengan skill dan kualifikasi yang dibutuhkan. Setelah membacanya, kamu akan memperoleh insight lengkap terkait pekerjaan admin payroll beserta kendala apa saja yang mereka rasakan selama bekerja. Yuk langsung saja kita simak!

Admin Payroll Adalah

Sebelum kita menguraikan tugas admin payroll, yuk kita ketahui apa sih pengertian admin payroll? Admin payroll atau sering disebut payroll staff adalah seseorang yang bertanggung jawab atas proses penggajian, perhitungan upah dan memastikan bahwa gaji karyawan dibayarkan dengan nominal yang sesuai dan tepat waktu. Saat ini pekerjaan admin payroll, pada beberapa perusahaan telah dimudahkan dengan adanya aplikasi payroll.

Aplikasi payroll merupakan salah satu software yang mempermudah manajemen dalam perusahaan untuk membagi gaji para karyawan. Admin hanya perlu memasukkan unsur perhitungan ke dalam aplikasi, seperti kehadiran, lembur, tunjangan, PPh, BPJS dan uang makan.

Tidak dapat dimungkiri gaji menjadi hal yang sensitif bila sampai terjadi kekeliruan. Oleh karenanya, seorang admin payroll harus sangat teliti dalam bekerja, walau sudah dibantu dengan adanya aplikasi. Banyangkan saja kalau seorang admin keliru dalam menginputkan data kehadiran? Belum lagi data-data yang lain kan?

7 Tugas Admin Payroll

Nyatanya tugas admin payroll tidak hanya menghitung gaji karyawan saja loh. Namun, posisi ini juga mempunyai serangkaian tugas dan tanggung jawab lain. Inilah tugas admin payroll:

1. Input Data Absensi

Tugas admin payroll yang pertama yaitu input data absensi karyawan. Admin mendapatkan datanya dari kehadiran karyawan setiap harinya. Data ini biasanya di input pada aplikasi payroll.

2. Menghitung Komponen Gaji

Gaji karyawan terdiri dari basic salary beserta potongan-potongan dari perusahaan. Potongan ini terdiri dari BPJS dan pajak sesuai dengan PPh pasal 21 yang menyesuaikan dengan gaji karyawan.

3. Memastikan Karyawan Menerima Tunjangan yang Sesuai

Masih berkaitan dengan pendapatan, tugas Admin Payroll selanjutnya adalah memastikan bahwa karyawan menerima tunjangan yang sesuai dengan kebijakan perusahaan.

4. Menyiapkan Slip Gaji

Perusahaan memberikan slip gaji kepada karyawan sebagai bukti penerimaan pendapatan karyawan tiap bulan.

Bila perusahaan tempat kamu bekerja sudah mempunyai aplikasi payroll, maka admin dapat membuat slip gaji secara otomatis, tidak perlu membuatnya satu per satu.

5. Membuat Laporan Gaji Bulanan

Admin payroll juga bertugas untuk membuat laporan gaji karyawan yang ditujukan kepada pihak yang berwenang di perusahaan. Pekerjaan ini juga dipermudah dengan adanya aplikasi payroll.

6. Menangani Perpajakan

Selain berurusan dengan gaji karyawan, Admin Payroll juga bertanggung jawab untuk mengurus perpajakan karyawan dan perusahaan. Selanjutnya admin harus memastikan pajak dibayar tepat waktu.

7. Menangani Pertanyaan Karyawan

Beberapa perusahaan telah menentukan tanggal gajian setiap bulannya, namun ada juga perusahaan yang waktu gajian tidak tepat. Tak dapat dipungkiri, hal ini akan menimbulkan pertanyaan bagi karywan. Admin Payroll harus siap menjawab pertanyaan karyawan yang berkaitan dengan gaji, tunjangan, atau perpajakan. Mereka harus memastikan karyawan paham betul dengan gaji dan tunjangan yang mereka terima, sehingga tidak menimbulkan permasalahan di akhir.

Kunjungi Juga Artikel Menarik yang Cocok Buat Kamu:

Inilah Pekerjaan IT Analyst, Pengertian dan Gaji
10 Persyaratan dan Skills Yang Dibutuhkan Staff Administrasi Perkantoran
10 Tugas Admin Proyek Serta Kualifikasinya

Skill Admin Payroll

Skill yang harus dikuasai Admin Payroll

Bagaimana teman-teman tertarik untuk bekerja sebagai admin payroll? Yuk mulai persiapkan skill di bawah ini mulai dari sekarang!

1. Mampu Mengoperasikan Microsoft Office

Skill utama seorang admin pasti harus menguasai Microsoft Office. Microsoft Excel yang paling sering digunakan untuk melakukan pengolahan data. Kamu bisa mulai mempelajari skill ini dari sekarang.

2. Menguasai Akuntansi

Seorang admin harus mempunyai skill akuntansi, karena ini berhubungan dengan tanggung jawab pekerjaan yang berhubungan dengan keuangan dan perpajakan.

3. Berkomunikasi dengan Baik dan Manajemen Waktu

Tugas utama admin payroll yang mengurus gaji karyawan, mengharuskannya mahir berkomunikasi. Kamu harus menjalin komunikasi yang lancar dan efektif dengan karyawan, manajemen dan departemen.

4. Teliti dan Fokus

Skill admin payroll yang selanjutnya yaitu teliti dan fokus. Pekerjaan yang melibatkan uang dan karyawan tidak bisa kamu anggap sepele. Sedikit kesalahan akan sangat merugikan perusahaan.

5. Mampu Bekerja Multitasking

Kemampuan multitasking sangat diperlukan karena kamu harus mampu memprioritaskan dan melakukan banyak tugas secara efektif.

6. Kemampuan Berhitung yang Kuat

Pekerjaan ini membutuhkan skill berhitung yang cermat dan teliti. Tanpa skill ini, seoang admin akan mengalami kesulitan dalam bekerja. Tetapi kamu tidak perlu khawatir, skill ini bisa terus kamu asah.

7. Mengetahui Sistem Bank

Seorang admin perlu mengetahui sistem bank, karena dalam pekerjaannya banyak melakukan transaksi.

8. Mengetahui Regulasi di Satu Perusahaan

Setelah kamu menguasai skill di atas, saat kamu mulai bekerja menjadi admin payroll kamu harus mengetahui regulasi di tempat kamu bekerja. Oleh karenanya, bila kamu belum paham tanyakan kepada atasan.

Itulah skill yang harus dikuasai seorang Admin Payroll. Posisi ini pada perusahaan skala kecil dengan jumlah karyawan yang masih sedikit biasa dirangkap oleh bagian yang lain misalnya Admin atau HR.

Kendala Saat Bekerja Menjadi Admin Payroll

Tugas admin payroll yang berhubungan dengan keuangan, utamanya gaji dan pajak karyawan mengharuskan untuk mengelola semua aspek keuangan dengan tepat waktu, teliti dan akurat. Tak jarang, admin payroll juga mengalami kendala saat bekerja. Inilah beberapa kesulitan yang sering dialami:

  1. Selisih perhitungan gaji yang disebabkan karena jumlah kehadiran tidak sesuai dengan absen.
  2. Selisih perhitungan lembur
  3. Kesalahan transfer yang diakibatkan kekeliruan nomor rekening dengan nama karyawan.

Gaji Admin Payroll

Besaran gaji menyesuaikan dengan skala perusahaan dan tempat bekerja. Dilansir dari Indeed (website pencari kerja), Gaji Admin Payroll di Indonesia pada tahun 2022 berkisar Rp 4.600.000. Wilayah DKI Jakarta kisaran gaji mencapai Rp 4.900.000, sedangkan di Kota Surabaya besarnya sekitar Rp 3.000.000.   

Nah, itulah artikel kitapunya terkait 7 Tugas Admin Payroll: Skill dan Kualifikasi Lengkap. Admin payroll atau payroll staff bertugas untuk mengurus penggajian, perhitungan upah dan memastikan bahwa gaji karyawan dibayarkan dengan nominal yang sesuai dan tepat waktu. Semoga bermanfaat dan menambah insight baru. Bila kamu ingin mengetahui profesi yang lain, kamu bisa kunjungi artikel di website ini dan dapatkan update setiap minggu.

Gambar Gravatar
Winarsih adalah seorang profesional yang ahli dalam bidang pendidikan. Memberikan banyak tips, tutorial dan informasi akurat untuk para pembaca KitaPunya.net.