Skill data entry
Pekerjaan data entry dan skill yang dibutuhkan data entry

Skill Data Entry dan Pekerjaan Data Entry Online

Diposting pada 984 views

Tak dapat dipungkiri hampir setiap industri dan perusahaan mulai dari skala nasional hingga internasional membutuhkan data entry. Siapa saja dapat berkarir sebagai data entry, mulai dari pemula hingga profesional. Bahkan beberapa perusahaan tidak mengharuskan gelar diploma atau sarjana untuk posisi ini. Apa kamu ingin berkarir sebagai data entry? Artikel ini akan membahas pekerjaan data entry secara lengkap mulai dari pengertian, tugas data entry, skill data entry hingga bagaimana cara bekerja sebagai data entry online. Yuk langsung simak aja!

Data Entry Adalah

Pekerjaan data entry melibatkan memasukkan informasi ke dalam sistem komputer. Apa saja yang dimasukkan ke dalam sistem komputer oleh seorang data entry? Tiap perusahaan mempunyai jobdesk yang sangat beragam.

Pekerjaan data entry membutuhkan skill atau keahlian yang meliputi mengetik dengan cepat (keyboarding), akurasi, manajemen waktu, bekerja di bawah tekanan dan komunikasi.

Bagaimana kamu mempunyai skill di atas? Boleh pertimbangan perkerjaan ini sebagai jalan karirmu. Nantinya seorang data entry yang telah mempunyai pengalaman dan jam terbang tinggi dapat berkarir menjadi supervisor analisa data.

Tugas Data Entry

Tiap perusahaan memberikan tugas atau jobdesk yang berbeda bagi data entry. Mengapa demikian? Karena pekerjaan ini mempunyai cakupan yang sangat luas dan bergantung pada sistem perusahaan. Nah inilah beberapa jobdesk data entry secara umum:

  • Maemasukkan informasi pelanggan pribadi ke dalam database atau spreadseheet.
  • Memeriksa semua data untuk dilaporkan kepada manajemen.
  • Memindai dan mencetak dokumen yang berkaitan dengan informasi sesuai data yang dibutuhkan.
  • Membuat laporan mingguan dan bulanan.
  • Melakukan pembaruan software yang berkaitan dengan lingkup kerja entry data
  • Mengarsipkan dokumen agar mudah ditemukan.
  • Mencadangkan data penting perusahaan.
  • Menerima faktur pembayaran
  • Mengidentifikasi kesalahan data entry dan memperbaikinya.
  • Bekerja sesuai dengan privasi perusahaan

Cara Menjadi Data Entry Profesional

Pekerjaan data entry dimulai dari level pemula (junior) hingga senior. Seperti yang telah kita bahas diatas, ketika seseorang mendalami profesi data entry maka tingkat selanjutnya ia bisa menjadi seorang supervisor analisa data. Bagaimana cara memulai karir data entry mulai junior hingga professional?

Kamu ingin berkarir sebagai data entry? Kami telah merangkum beberapa hard skill yang data entry butuhkan:

Skill yang Dibutuhkan untuk Menjadi Data Entry?

  • Mampu mengoperasikan komputer
  • Pengetahuan dasar program Microsoft Office seperti Word atau Excel
  • Kemampuan berkomunikasi dasar dalam bahasa Inggris
  • Kemampuan mencari dan mengumpulkan informasi secara online
  • Kecepatan mengetik yang baik

Meningkatkan Skill menjadi Data Entry Profesional

Tidak bisa dipungkiri, hampir setiap orang ingin meningkatkan skill dalam suatu bidang. Semua akan mejadi mudah saat seseorang sudah profesional bukan? Kami telah merangkum beberapa cara untuk meningkatkan skill menjadi data entry profesional. Inilah caranya!

  • Memperdalam pengetahuan Microsoft Office terutama Excel dan Word. Kamu bisa belajar skill ini hanya melalui Youtube.
  • Mengikuti pelatihan Microsoft Office secara offline atau online, dari sini kamu akan mendapatkan materi yang lebih sistematis dan tips trik khusus. Bila kamu sibuk dengan pekerjaan, kami menyarankan mengikuti kursus online karena lebih fleksibel.
  • Meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris. Kamu bisa mengikuti pelatihan online dan offline juga, sama seperti Microsoft Office. Sebelum mengambil kursus jangan lupa survei dahulu ya. Alasannya, karena kursus ini terbilang tidak murah loh.
  • Meningkatkan kemampuan mengetik. Terdapat beragam software yang bisa membantumu belajar mengetik. Software gratis antara lain RapidTyping dan Klavaro Touch Typing Tutor, software berbayar seperti Ultrakey dan Typing Master Pro. Lanjut, kamu bisa belajar shortcut untuk mengurangi penggunaan mouse sehingga waktu mengetik makin cepat.
  • Bergabung dalam beragam proyek dan mengikuti internship.  Makin sering terlibat dalam proyek, maka kemampuanmu makin beragam dan terasah.

Data Entry Freelance

Perusahaan tidak hanya mempekerjakan data entry full time, namun juga data entry freelance. Hal ini karena perusahaan ingin menghemat budget gaji karyawan. Pekerjaan data entry freelance memungkinkan seseorang untuk bekerja secara mandiri dan fleksibel. Namun, pekerjaan ini juga memerlukan kemampuan dan manajemen waktu agar hasilnya memuaskan dan memenuhi target. Skill yang dibutuhkan pun sama dengan data entry full time.

Bagaimana cara menjadi data entry freelance dan apa saja yang dibutuhkan? Nah inilah kami sudah merangkumnya untukmu.

Cara Memulai Data Entry Freelance Online

­Inilah tips memulai bekerja data entry freelance online:

  • Membuat portofolio. Bila belum pernah bekerja kamu bisa menawarkan bantuan secara sukarela kepada teman atau kerabat terdekat.
  • Mempromosikan diri sendiri melalui media sosial. Kamu bisa menggunakan instagram atau linkedin untuk personal branding. Bagikan hal-hal bermanfaat yang kamu bisa di sosial media. Selain bermanfaat bagi orang lain, mereka pasti akan percaya dengan skill yang kamu miliki. Tak bisa dimungkiri, tawaran pekerjaan akan datang dengan sendirinya loh.
  • Mencari lowongan pekerjaan online di website freelancing. Tahap awal saat mendaftar biasanya akan banyak penolakan. Kamu tidak perlu khawatir apalagi patah semangat ya. Tipsnya kamu bisa terus mendaftar, tidak ada ruginya untuk mencoba kan?

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:

Jobdesk Data Analyst
Persyaratan dan Skills Yang Dibutuhkan Staff Administrasi Perkantoran

Alat yang Dibutuhkan Data Entry

Saat memilih bekerja secara freelance dan online, pasti kamu harus menyediakan alat sendiri. Apa saja alat yang dibutuhkan?

  • Komputer/Laptop : Alat yang paling dibutuhkan seorang data entry adalah laptop atau komputer. Spesifikasi laptop tidak perlu yang terlalu mewah, karena pekerjaan utamanya lebih banyak mengetik.
  • Koneksi internet yang stabil : Pastikan jaringan internet berjalan lancar. Bila kamu berada di daerah dengan akses internet yang sulit, kamu bisa berpikir untuk memasang wifi. Semua ini demi kemudahanmu dalam bekerja.

Gaji Data Entry

Gaji data entry di Indonesia pada tahun 2023 ini berkisar mulai 2 juta hingga 4 juta per bulan. Gaji ini untuk data entry full time. Sedangkan gaji data entry freelance, biasanya dibayarkan per project sebesar 50 ribu hingga 200 ribu tergantung jumlah data yang diberikan oleh klien. Gaji ini tentunya bisa lebih banyak atau sedikit tergantung skala perusahaan dan kemampuan pekerja data entry tersebut.

Nah, itulah artikel kami terkait Skill Data Entry dan Pekerjaan Data Entry Online. Bagaimana kamu tertarik? Yuk kembangkan skill dan berkarir menjadi data entry profesional.

Gambar Gravatar
Winarsih adalah seorang profesional yang ahli dalam bidang pendidikan. Memberikan banyak tips, tutorial dan informasi akurat untuk para pembaca KitaPunya.net.