Jobdesk Barista

Jobdesk Barista: Gaji, Skill Dan Cara Mengembangkan

Diposting pada 1,814 views

Jobdesk Barista  – Apa teman-teman sering mendengar istilah Barista, bahkan menjumpai lowongan kerja barista? Atau ternyata kamu salah seorang barista? Barista erat kaitannya dengan kopi. Lowongan pekerjaan barista semakin meningkat seiring dengan pesatnya minat terhadap kopi masyarakat Indonesia.

Artikel kali ini mengulas informasi lengkap terkait barista mulai dari jobdesk, gaji dan skill barista. Yuk langsung saja kita simak.

Apa itu Barista?

Kalau kamu hobi menonton film atau short movie indie pasti sering menjumpai adegan seorang barista yang meracik kopi dengan bentuk seni yang indah. Lalu apa pengertian barista?

Barista adalah seorang profesi yang bertugas membuat dan menyajikan kopi kepada pelanggan. Mereka juga harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang baik dalam membuat kopi, termasuk membuat berbagai varian minuman kopi dengan susu.

Tidak hanya asal membuat kopi, seorang barista perlu mempunyai pengetahuan tentang kopi. Semakin banyak pengetahuan dan kemampuan kamu akan menjadi senior barista.

Barista tidak hanya meracik minuman kopi yang memanjakan lidah namun juga indah dipandang loh. Yap, biasanya kita akan menerima kopi dengan gambar artistik. Nah, kemampuan ini disebut Latte Art. Tentunya kalau mau menjadi seorang barista professional harus mempunyai jiwa seni bukan?

Jobdesk Barista Cafe

Saat kamu berada di dalam sebuah cafe atau kedai kopi pernah tidak mengamati apa saja yang dilakukan barista? Mereka tidak hanya membuat kopi saja. Kalau kita amati barista mempunyai tanggung jawab melayani mulai dari pelanggan datang hingga selesai keluar dari cafe. Jobdesk barista antara satu tempat dengan yang lain pasti berbeda, tergantung juga pada jumlah barista, level barista (senior atau junior) dan tugas yang diberikan pemilik kedai kopi. Nah, inilah kami rangkum tugas atau jobdesk barista secara umum:

  1. Menyambut pelanggan yang datang dengan ramah dan baik.
  2. Memberikan rekomendasi menu kepada pelanggan bila diperlukan
  3. Menerima pesanan pelanggan
  4. Menyiapkan dan menyajikan minuman kafe sesuai dengan pesanan pelanggan.
  5. Menjaga kebersihan dan kerapian area kerja.
  6. Memeriksa stok bahan baku minuman secara berkala dan memastikan tersedia saat dibutuhkan.
  7. Mengoperasikan mesin espresso dan alat-alat kedai kopi lainnya.
  8. Bekerja sama dengan tim untuk mencapai target penjualan dan memastikan pelanggan puas terhadap pelayanan.
  9. Menerima transaksi pembayaran dari pelanggan.
  10. Melakukan percobaan untuk membuat menu baru.
  11. Memberikan ide kepada manajemen atau pemilik perusahaan untuk memajukan usaha.
  12. Melakukan tugas administrasi lainnya yang diberikan oleh manajemen.
  13. Tidak dapat dimungkiri sosial media memberikan pengaruh yang besar untuk marketing, oleh karenanya seorang barista juga dituntut mempromosikan kafe tempat ia bekerja.

Skill Barista

Gambar barista sedang meracik aneka kopi

Apa saja skill yang dibutuhkan barista? Kuasai skill ini agar bekerja menjadi mudah.

1. Pelayanan pelanggan

Jobdesk barista yang sangat beragam perlu didukung oleh skill yang mumpuni agar pelayanan memuaskan. Tanpa skill yang mumpuni, seorang barista bisa saja kewalahan dalam melayani pelanggan. Apa saja skill yang diperlukan barista? Inilah skill-skill yang wajib dimiliki barista.

Keterampilan melayani pelanggan merupakan aspek terpenting seorang barista. Skill minimum melayani pelanggan seperti bersikap sopan, membantu pelanggan dan bersikap ramah meskipun berada dalam situasi sulit.

2. Ilmu kopi

Untuk mendapatkan posisi entry level di kedai kopi, beberapa pengetahuan dasar tentang kopi bisa sangat membantu. Seorang barista harus mengetahui perbedaan antara kopi dan minuman espresso seperti latte, Americanos, flat white, cold brew, dan cappucino. Ketika seorang barista sudah berpengalaman (senior barista), pengetahuan terkait praktik memanggang dan menggiling, perbedaan rasa dari berbagai jenis kopi sangat dibutuhkan untuk memuaskan hati pelanggan. Apalagi bagi pelanggan yang sering bertanya kan?

3. Orientasi pada Detail

Lingkup pekerjaan barista dalam melayani pelanggan sangat kompleks. Makin lama seorang bekerja sebagai barista sikap orientasi pada detail tidak bisa dianggap remeh. Misalnya saja, mengingat pesanan pelanggan reguler setiap hari dapat membuat pelanggan tersebut merasa dihargai dan tidak menutup kemungkinan kedai tempat kamu bekerja menjadi tempat favoritnya. Tak jarang barista menerima pesanan yang rumit, perlu perhatian yang detail bukan?

4. Multitasking

Multitasking adalah keterampilan yang memungkinkan seorang barista menangani banyak tugas sekaligus. Mulai dari perhatian terhadap detail dan kerja tim, sehingga barista dapat menyelesaikan semua tugas yang diperlukan dengan cepat.

Pada suatu waktu, seorang barista perlu menerima pesanan, mengomunikasikan pesanan kepada teman kerja, mengoperasikan mesin kasir,memenuhi pesanan, menjawab telepon, dan mengantarkan pesanan ke pelanggan. Bayangkan saja, kalau barista bekerja tidak cepat. Apa pelanggan tidak merasa bosan?

5. Manajemen Kas

Skill yang harus dimiliki barista selanjutnya yaitu manajemen kas (cash management) atau POS (point of sale) karena merupakan bagian penting pelayanan pelanggan. Walau kedai kopi yang masih kecil, belum menerapkan sistem ini.

6. Kemampuan Bahasa dan Perhitungan

Barista berhadapan dengan beragam tipe pelanggan. Terdapat banyak topik obrolan. Skill barista yang wajib dimiliki untuk bisa berkomunikasi dengan pelanggan adalah kemampuan bahasa. Selanjutnya, seorang barista juga melayani pembayaran. Walau sudah ada mesin komputer, tetapi kemampuan berhitung cepat juga harus kamu kuasai loh.

Baca Juga Artikel Kita Punya Lainnya: Tanggung Jawab Pegawai Kafe

Cara Meningkatkan Skill Barista

Apa kamu ingin menjadi barista profesional? Kamu bisa menggunakan cara berikut untuk meningkatkan skill barista:

1. Mengenali Lebih dalam Terkait Kopi

Kamu bisa memperhatikan berbagai jenis kopi, membaca referensi di internet atau menonton video di youtube. Selain itu sudah banyak pelatihan online dan offline yang bisa kamu ikuti mulai tingkat pemula hingga profesional.

2. Mengambil Kelas Customer Service

Bekerja pada pelayanan tidak akan maksimal bila tidak bisa memberikan kepuasan bagi pelanggan. Oleh karenanya, kelas ini bisa kamu pertimbangkan untuk mengikuti kelas ini.

3. Berlatih Menerima Pesanan Makanan dan Minuman

Skill memperhatikan dengan detail (orientasi pada detail) merupakan bagian penting untuk menjadi barista yang efektif, dan cara yang baik untuk meningkatkan keterampilan ini adalah dengan berlatih menerima pesanan dari teman dan keluarga. Cobalah untuk memesankan makanan dan minuman saat pergi ke kafe atau rumah makan. Cara ini efektif untuk melatih ingatanmu loh.

Berapa Gaji Barista Full Time?

Dilansir dari Kita Lulus yang merupakan aplikasi penyedia lowongan pekerjaan, rata-rata gaji full time barista berkisar Rp 2.500.000- Rp 3.500.000. Dari sumber lain Indeed gaji barista berkisar Rp 3.400.000. Gaji yang diberikan tergantung juga pada Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK), besar atau kecilnya kedai kopi dan tanggung jawab kerja seorang barista.

Gaji Part Time Barista

Tidak sedikit, kedai kopi yang membuka lowongan untuk part time barista. Part time barista biasanya hanya bekerja sekitar 3 hingga 5 jam. Kalau kamu sedang kuliah dan mencari pekerjaan sampingan, bisa kamu pertimbangkan loh untuk bekerja part time barista. Besar gaji yang diterima seorang part time barista berkisar Rp 1.000.000 hingga Rp 1.500.000 tiap bulannya. Lumayan bukan untuk menambah penghasilan?

Nah itulah artikel Kitapunya terkait jobdesk barista, skill yang diperlukan barista dan gaji barista.

Gambar Gravatar
Winarsih adalah seorang profesional yang ahli dalam bidang pendidikan. Memberikan banyak tips, tutorial dan informasi akurat untuk para pembaca KitaPunya.net.