Pegawai Kafe: Tugas, Tanggung Jawab, dan Gajinya

Diposting pada 115 views

Tugas dan Gaji Pegawai Kafe – Dalam suatu tempat bisnis, terdapat berbagai jenis bidang profesi yang memiliki fungsi sebagai landasan berdirinya tempat bisnis tersebut. Sama halnya dengan kafe. Di dalam sebuah kafe, terdapat berbagai macam pekerja dengan nama profesi serta job desk yang berbeda-beda. Bagi anda yang sedang ingin melamar pekerjaan, mungkin beberapa jenis profesi dalam kafe yang telah kitabisa.net rangkum ini bisa masuk ke dalam daftar anda

sumber : pexels.com

Tugas dan Gaji Berbagai Jenis Pekerjaan Di Kafe

Tugas dan Gaji General Manager Kafe

Profesi pada posisi ini memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menjadi seorang pengawas keadaan dalam kafe. Disamping itu, seorang general manager juga memiliki kewajiban untuk mengurus karyawan, baik memberikan pekerjaan ataupun memberhentikannya. Seorang general manager juga perlu memerhatikan keluhan dari pelanggan, mengelola kafe sesuai dengan visi dan misi, mengurus ketersediaan bahan baku serta supplier, dan juga membuat laporan keuangan sekaligus memikirkan tata cara untuk meningkatkan hasil pendapatan kafe. Disamping itu, seorang general manager juga wajib untuk mengelola karyawan namun tetap memerhatikan kesejahteraan karyawannya seperti tidak memberikan jobdesk yang berlebihan, memberikan gaji yang sesuai, serta mengevalusi tiap-tiap karyawannya.


Pekerjaan general manager kafe juga bisa bertambah menyesuaikan dengan tingkat kemajuan dan juga kondisi kafe, misalnya ketika kafe mengadakan renovasi, bisa saja seorang general manager juga diberikan tugas untuk mencari ide tema kafe dan juga mengawasi kafe selama masa renovasi. Gaji dari seorang general manager kafe sebenarnya menyesuaikan dengan dimanakah tempat ia bekerja dan juga laku atau tidaknya kafe tersebut. Namun biasanya untuk kota-kota besar dengan UMR yang cukup tinggi, gaji yang didapat oleh seorang general manager kafe berkisar pada Rp6.581.347,-/bulannya sedangkan untuk kota-kota kecil dengan UMR yang lebih rendah, gaji yang didapat bisa berkisar pada Rp3.236.238,-/bulannya.

Tugas dan Gaji Juru Masak di Kafe

Pada umumnya, yang menjadi daya tarik dari sebuah kafe selain arsitektur yang indah dan pemandangan menarik yang disuguhkan adalah makanan yang lezat dan unik. Untuk mendapatkan menu yang enak dan menarik, seorang owner atau general manager kafe biasanya akan mempekerjakan seorang atau lebih juru masak yang kompeten.

Tugas dari seorang juru masak di kafe biasanya tak sekadar memasak saja, akan tetapi ia juga harus menjaga kualitas bahan-bahan baku supaya selalu segar. Disamping itu, seorang juru masak juga wajib bertanggungjawab atas semua aktivitas yang terjadi di dapur kafe.

Pada umumnya, gaji bagi seorang juru masak kafe yaitu berkisar pada Rp2.319.714,-/bulan hingga Rp4,410,939,-/bulannya bergantung dengan tempat di mana ia bekerja dan menyesuaikan dengan besar atau tidaknya kafe tersebut.

Tugas dan Gaji Barista Kafe

Dewasa ini, hampir semua kafe menyediakan berbagai macam menu minuman mengandung kopi. Bahkan, kafe pada masa kini sudah identik dengan tempat yang digunakan untuk ngopi. Dari situlah, banyak sekali kafe yang mempekerjakan barista di bidang kopi untuk menyajikan minuman-minuman khas kafe. Selain minuman yang berbahan dasar kopi, biasanya barista juga diberi tugas untuk membuat semua jenis minuman yang ada di dalam menu, menyesuaikan dengan permintaan pelanggan.

Profesi barista ini sekarang sangat diminati oleh berbagai kalangan, mulai anak muda hingga orang tua dan juga laki-laki maupun perempuan. Hal tersebut dikarenakan, profesi yang memerlukan keahlian dan pengalaman mengenai kopi ini dianggap sebagai profesi yang keren dan menjanjikan. Ditambah lagi, banyak sekali ajang lomba untuk para barista menunjukkan keahliannya.

Rata-rata gaji untuk para barista ialah Rp2.344.060,-/bulannya namun jumlah gaji tersebut menyesuaikan dengan tempat dimana ia bekerja.

Tugas dan Gaji Waiter / waitress di Kafe

Waiter / Waitress atau yang lebih mudah disebut sebagai pelayan, pastinya sudah tidak asing lagi bagi anda. Keberadaan pelayan biasanya diperlukan untuk kafe dan juga restoran untuk mencatat pelanggan, mencatat reservasi, menunjukkan tempat duduk yang tersedia bagi pelanggan, menunjukkan menu yang tersedia, mencatat menu yang dipesan, dan juga menyajikan menu yang sudah jadi kepada pelanggan tersebut. Keluhan pelanggan mengenai pesanan biasanya juga ditangani oleh pelayan sebelum disampaikan kepada tingkat yang lebih tinggi.

Namun, di masa sekarang, banyak juga kafe dan restauran yang memiliki sistem self-service atau pelanggan mengajukan, mengambil, dan membersihkan tempatnya sendiri sehingga tidak membutuhkan pelayan. Jika anda ingin melamar sebagai pelayan, pastikanlah terlebih dahulu bahwa kafe tersebut bukanlah kafe yang mempunyai sistem self-service.

Rata-rata gaji untuk waiter dan waitress adalah Rp2.818.778/bulan bergantung pada tempat dimana ia bekerja.

Tugas dan Gaji Kasir Kafe

Posisi wajib dalam kafe lainnya yaitu adalah kasir. Sesuai dengan kegunaannya, profesi kasir mempunyai tanggung jawab atas segala transaksi setelah semua pesanan terpenuhi.  Terkadang, kasir tidak menghadapi pelanggannya secara langsung. Ada kafe yang memiliki sistem bahwa pelayan yang akan menyerahkan bills atau tagihan kepada tamu, lalu baru menyerahkannya kepada kasir akan tetapi input pembayaran ke sistemnya tetap dilakukan oleh kasir. Selain itu, beberapa kasir juga harus menghadapi komplain atau keluhan dari konsumen dengan baik, sebelum diteruskan ke manajer.

Rata-rata gaji untuk kasir adalah Rp3.194.446,-/bulan menyesuaikan dengan daerah di mana ia bekerja.

Tugas dan Gaji Cleaning Service Kafe

Walaupun seakan tidak tampak, akan tetapi posisi cleaning service memiliki fungsi yang penting di dalam sebuah kafe. Seorang cleaning services memiliki tanggung jawab untuk membersihkan sekaligus merapikan perlengkapan dan peralatan makan, sekaligus memastikan bahwa tempat yang akan ditempati oleh pelanggan akan selalu bersih. Standar kebersihan dalam suatu kafe biasanya memiliki tingkat yang berbeda-beda tiap kafenya, menyesuaikan dengan kebijakan yang berlaku. Biasanya, semakin baik nilai kafenya, semakin tinggi pula standar kebersihan yang ditetapkan.

Rata-rata gaji untuk cleaning service adalah Rp2.344.181,-/bulan menyesuaikan dengan daerah di mana cleaning service tersebut bekerja.

Karakteristik yang Dibutuhkan oleh Karyawan Kafe

Tangguh

Meskipun tampak sepele, akan tetapi sebenernya bekerja di dalam kafe cukup membuat lelah. Hal ini disebabkan karena pesanan yang datang tidak menentu, dan silih berganti, bergantung kepada arus pengunjung yang datang. Disamping itu, umumnya karyawan kafe juga lebih sering berdiri selama sesi kerjanya, sehingga dalam melaksanakan pekerjaannya, karyawan kafe memerlukan kondisi fisik yang baik. Seluruh calon pelamar karyawan kafe wajib memahami dan menyanggupi kondisi ini sebelum melamar posisi yang diinginkan.

Ramah

Semua karyawan kafe memerlukan sifat yang ramah dikarenakan ranah pekerjaannya berhubungan langsung dengan banyak manusia dengan berbagai kondisi dan karakter yang dimilikinya. Kondisi tersebut mengharuskan semua karyawan kafe untuk bersifat ramah sehingga para pengunjung merasa nyaman dan berkemungkinan mereka akan menjadi pelanggan tetap.

Mudah Beradaptasi

Semua karyawan dalam bidang apa saja sebenarnya sangat membutuhkan sifat mudah beradaptasi. Hal ini dikarenakan pada saat bekerja, semua orang akan saling berhubungan antara satu sama lain. Ketika berada dalam sebuah tim, soerang karyawan harus bisa untuk berbagi tugas sekaligus melakukan tugasnya masing-masing dengan baik. Karyawan yang mampu beradaptasi dengan baik akan menciptakan suasana kerja yang menyenangkan serta meminimalisir terjadinya kesalahpahaman.

Sekian rangkuman dari kitabisa.net mengenai jenis-jenis pekerjaan di kafe beserta gajinya. Terima kasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat!

Baca juga :

Gaji Resepsionis di Hotel Bintang 2, 3, 4, dan 5 Lengkap

Tugas Housekeeping Hotel dan Pembagian Kerjanya

Gaji Daily Worker Di Hotel Lengkap Semua Bidang!

Karyawan Restoran – Tugas, Macam, Kualifikasi dan Gajinya

7 Tanggung Jawab dan Tugas Kasir Restoran