Pertanyaan Interview Admin Gudang

10 Pertanyaan Interview Admin Gudang

Diposting pada 3,308 views

Kamu sedang mencari contoh pertanyaan interview admin gudang? Sesuai namanya, admin gudang bertugas mengelola stok barang yang dimiliki oleh suatu perusahaan. Seorang admin gudang bisa dikatakan harus mempunyai skill yang komplit mulai dari keterampilan komputer, kerja sama tim, multi tasking dan problem solving. Artikel ini mengulas pertanyaan yang paling sering diajukan saat interview sebagai admin gudang. Yuk langsung saja kita scroll!

Pertanyaan Interview Admin Gudang yang Paling Sering Ditanyakan

Sebagian besar pertanyaan yang diajukan saat interview sama dengan saat melamar profesi lainnya. Hanya saja, ada tambahan terkait skill komputer utamanya bagaimana kamu menggunakan rumus Microsoft Excel. Inilah beberapa pertanyaan yang paling sering ditanyakan saat interview admin gudang!

1. Perkenalan Diri

Berikan kesan yang baik kepada recruiter saat proses wawancara. Kesan pertama sangatlah penting dalam pandangan recruiter. Perkenalkan diri kamu dengan jelas. Ceritakan pengalaman kerja, keahlian dan mengapa kamu tertarik melamar di perusahaan tersebut. Sebagai tambahan ungkapkan juga apa kelebihan dan kekurangan kamu.

2. Dari Mana Kamu Mendapatkan Informasi Lowongan Pekerjaan Disini?

Pertanyaan ini juga sering sekali ditanyakan oleh HRD. Apakah kamu mengetahui lowongan tersebut dari media sosial atau situs penyedia lowongan pekerjaan? Bila kamu memperoleh informasi dari teman atau keluarga, kamu juga bisa menyebutkan nama kerabatmu.

3. Kompetensi (Skill) yang Kamu Miliki

Pertanyaan interview admin gudang selanjutnya terkait skill atau kemampuan yang kamu miliki. Kemampuan komputer seperti Microsoft Office dan Google Spreadsheet yang paling sering ditanyakan dalam interview ini. Sebutkan juga skill lain misal edit foto dan video dengan canva.

4. Motivasi Kamu Ingin Bekerja

Pertanyaan terkait “Apa motivasi kamu bekerja di perusahaan ini?” juga pasti ditanyakan saat interview admin gudang. Sebaiknya kamu menjawab yang berkaitan dengan skill, karir dan pencapaian yang kamu inginkan pada masa depan sesuai dengan posisi ini. Hindari jawaban yang berkaitan dengan materi misalnya karena ingin mendapatkan penghasilan. Berikut motivasi kerja yang bisa kamu gunakan sebagai contoh saat interview nanti:

  • Mengembangkan Karir Khususnya Di Bidang Yang Kamu Geluti
  • Mengaitkan dengan Visi dan Misi Perusahaan
  • Mengaitkan dengan Posisi yang Ingin Dilamar
  • Memberikan Jawaban Optimis Bahwa Kamu Bisa Berkontribusi Bagi Perusahaan
    Mencari Tantangan Baru
  • Menargetkan Pencapaian Tertentu pada Posisi yang Berkaitan
  • Lingkungan Kerja yang Positif

5. Rumus-Rumus Excel yang Kamu Ketahui dan Kegunaanya

Bekerja sebagai admin gudang harus menguasai rumus-rumus excel. Tidak dapat dimungkiri kita pasti menggunakannya setiap hari. Berikut beberapa rumus yang sering digunakan admin gudang, terlepas dari kemampuan dasar Microsoft Excel:

  • Rumus SUM adalah rumus Excel yang memiliki fungsi untuk menjumlahkan angka-angka dari sel-sel tertentu yang dipilih.
  • Rumus SUMIF & SUMIFS: Digunakan untuk membuat laporan gudang.
  • Rumus HLOOKUP dan VLOOKUP: VLOOKUP digunakan untuk menampilkan data tabel yang disusun dalam format vertikal, sedangkan HLOOKUP digunakan untuk menampilkan data dari dalam tabel yang disusun dalam format horizontal.
  • Rumus IF: Digunakan untuk mengambil salah satu nilai suatu kondisi tertentu atau mana pernyataan yang benar
  • Rumus COUNT: Berbeda dengan rumus SUM yang berfungsi untuk menjumlahkan angka di dalam cell, COUNT hanya menghitung berapa banyak cell yang berisi angka.
  • Rumus AVERAGE: Sesuai namanya dalam matematika, rumus average digunakan untuk menghitung rata-rata dari cell yang dipilih.

6. Apa Pekerjaan Kamu Sebelumnya?

Tidak dapat dimungkiri pertanyaan ini, pasti ditanyakan saat interview untuk profesi apa pun. Sedikit tips jangan hanya menjawab apa posisi dan nama perusahaan tempat kamu bekerja sebelumnya, namun uraikan juga apa saja jobdesk atau tugas yang kamu kerjakan sehari-hari serta bagaimana kamu mengambil peran dalam posisi tersebut.

Sebagai pelamar posisi admin gudang, bila kamu mempunyai pengalaman kerja yang relevan misalnya sebagai admin, ceritakan bagaimana kamu dapat membuat laporan, mengurus dokumen, arsip, pembukuan, mengatur agenda dan bekerja sama dengan karyawan yang lain. Misalkan kamu bekerja sebagai admin payroll, ceritakan pula bagaimana kamu mengurus gaji karyawan di tempat sebelumnya. Bila kamu masih fresh graduate, ceritakan tentang materi di jurusan mu yang relevan atau kursus yang pernah ikuti.

7. Apa yang Menyenangkan dan Tidak Kamu Sukai di Pekerjaan Sebelumnya?

HRD seringkali tidak begitu tertarik dengan pernyataan suka atau tidak suka yang kamu ungkapkan mengenai pekerjaan sebelumnya. Sebaliknya, HRD mencoba menilai karakter pelamar dengan mendengarkan nada dan sikap saat menjawab pertanyaan yang rumit. Rincian suka dan tidak suka pada pekerjaan sebelumnya dapat mengungkapkan apakah kamu sesuai dengan budaya di perusahaan yang sedang kamu lamar tersebut.

Sedikit tips dalam menjawab pertanyaan ini, fokuslah menjawab pada hal-hal posisitif di pekerjaan sebelumnya, hindari mengeluh tentang rekan kerja atau atasan, akan lebih baik ungkapkan tentang tugas yang kamu jalani, peluang yang tidak tersedia dan jenjang karir. Tunjukkan bahwa pengalaman kamu bekerja sebelumnya dapat memberikan kontribusi yang positif pula bagi perusahaan.

8. Apa yang Membuat Kamu Keluar dari Pekerjaan Sebelumnya?

Pertanyaan ini sedikit susah untuk dijawab secara mendadak. Jangan lupa siapkan jawaban untuk pertanyaan ini. Agar saat menjawab tidak ada kesan negatif yang tersampaikan.

Secara umum, usahakan memberikan jawaban dengan jelas dan jujur namun rangkailah jawaban sepositif mungkin. Berikan jawaban yang lebih mengarah pada masa depan dibandingkan dengan masa lalu yang mungkin saja kurang menyenangkan di pekerjaan tersebut.

9. Apa Kamu Bersedia Bekerja Shift?

Tidak bisa dimungkiri pekerjaan admin gudang terkadang dibagi menjadi beberapa shift. Hal ini berkaitan dengan tugasnya untuk memastikan kondisi produk yang masuk dan keluar gudang sesuai dengan SOP.

10. Apakah Ada Pertanyaan?

Selain HRD yang bertanya, kamu juga diberi kesempatan untuk bertanya loh. Usahakan, kamu bertanya pada rekruiter. Dari sini, HRD ingin menilai sejauh mana keingintahuan kamu terhadap perusahaan tersebut. Berikut beberapa pertanyaan yang bisa kamu ajukan:

  • Apa tujuan dari perusahaan ini?
  • Apa tahap seleksi selanjutnya setelah interview ini?
  • Jika saya lolos ke tahap selanjutnya, kapan saya dihubungi kembali?
  • Adakah jenjang karir di Perusahaan ini?
  • Bagaimana detail job desk pekerjaan saya sebagai admin gudang?
  • Apa tantangan atau kesulitan bekerja sebagai admin gudang di perusahaan ini?
  • Bagaimana pola kerja dan suasana ketika bekerja di sini?

Nah, itulah informasi tentang pertanyaan yang sering diajukan saat interview admin gudang. Tips yang harus diingat jawab pertanyaan secara lugas dan jujur, fokus pada pekerjaan serta cara kamu berkontribusi bagi perusahaan. Jangan fokus pada hal-hal negatif tentang pekerjaanmu yang dulu. Bagaimana kamu sudah siap interview? Yuk siapkan dirimu! Semoga berhasil

Bila artikel ini bermanfaat, bagikan juga ke grup dan sosial media kamu. Kitapunya juga menyajikan artikel dengan topik pekerjaan admin dan lainnya. Kunjungi website kitapunya dan dapatkan update artikelnya tiap minggu!

Gambar Gravatar
Winarsih adalah seorang profesional yang ahli dalam bidang pendidikan. Memberikan banyak tips, tutorial dan informasi akurat untuk para pembaca KitaPunya.net.