tugas kepala gudang

Tugas & Tanggung Jawab Kepala Gudang

Diposting pada 237 views

Tugas dan Tanggung Jawab Kepala Gudang – Gudang merupakan salah satu komponen penting dari rantai pasokan modern. Rantai pasok terdiri terdapat berbagai tahapan mulai dari produksi, distribusi barang, dari penanganan bahan baku, sparepart, dan barang dalam proses hingga produk jadi.

Pengertian gudang (warehouse) adalah tempat penerimaan, penyimpanan sementara dan persediaan part, material dan barang yang akan dipakai untuk kebutuhan produksi atau untuk mendukung (suport) kegiatan produksi.


Gudang tentu saja membuhkan pengeloa untuk mengatur barang yang masuk, berapa lama barang di simpan, barang keluar sampai dengan pemeliharaan barang yang disimpan di dalam gudang tersebut.

Pengelola gudang biasanya dipimpin oleh seorang kepala gudang yang memiliki tanggung jawab terhadap kegiatan pergudangan dan penyimpanan. Berikut ini adalah tugas, fungsi dan tanggung jawab seorang Kepala Gudang:

Tugas Kepala Gudang

a. Mengelola penerimaan, penyimpanan dan pendistribusian logistik dan peralatan sebagai buffer stock maupun sebagai dukungan pada saat tanggap darurat dan paska bencana.
b. Melakukan perencanaan, pengendalian dan pelaporan pergudangan pada saat pra, terjadi, dan paska bencana.
c. Mengamankan pergudangan beserta isi dan lingkungannya dari segala sesuatu yang mengancam keberadan gudang beserta isinya
d. Mendukung percepatan pendistribusian bantuan logistik dan peralatan untuk penanggulangan bencana

Fungsi Kepala Gudang

a. Sebagai titik kontak utama (primary contact) dalam hal pergudangan logistik dan peralatan.
b. Meningkatkan percepatan dan efektifitas bantuan logistik dan peralatan pada saat pra, terjadi, dan paska bencana.
c. Sebagai sumber informasi ketersediaan logistik dan peralatan di gudang pada saat pra, terjadi, dan paska bencana.

Tanggung Jawab Kepala Gudang

a. Menjaga kecukupan barang di gudang pada setiap saat dan bertugas untuk mendistribusikan bantuan logistik dan peralatan secara tepat, cepat dan efisien untuk dapat segera membantu korban bencana sesuai peraturan yang berlaku.
b. Menjaga keamanan, keselamatan dan pemeliharaan aset negara berupa gudang beserta barang logistik dan peralatan.
c. Mengkoordinasikan semua informasi pergudangan dengan organisasi pendukung dan pelaksana logistik dan peralatan.
d. Meningkatkan kapasitas dan kemampuan organisasi pergudangan lebih efektif dan efisien pada saat pra, terjadi, dan paska bencana.

Demikian artikel tentang tugas, fungsi dan tanggung jawab kepala gudang. Baca juga artikel kami yang lain:

Gambar Gravatar
Seorang praktisi Pemasaran, SEO dan Digital Marketing. Suka dengan kata dan cinta dengan karya. Turut memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui beragam artikel pendidikan di kitapunya.net.