tugas divisi pemasaran

Tugas Divisi Pemasaran: Skill, Daftar Jabatan, dan Lingkungan Kerjanya

Diposting pada 627 views

Divisi pemasaran adalah salah satu bagian penting dalam sebuah perusahaan. Divisi ini bertanggung jawab untuk memasarkan dan menjual produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan kepada pelanggan. Divisi pemasaran juga berperan untuk membangun citra dan reputasi perusahaan di mata publik.

Namun, apa saja sih tugas divisi pemasaran yang harus dikerjakan? Bagaimana struktur dan kualifikasi yang dibutuhkan untuk menjadi bagian dari divisi pemasaran? Apa saja nama pekerjaan di divisi pemasaran, beserta tugas dan gajinya? Bagaimana lingkungan kerja di divisi pemasaran? Dan apa saja pertanyaan yang sering diajukan tentang divisi pemasaran?

Penasaran dengan jawabannya? Yuk, simak artikel ini sampai habis!

Apa Itu Divisi Pemasaran?

Divisi pemasaran adalah bagian dari perusahaan yang bertugas untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengawasi kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan pemasaran dan penjualan produk atau jasa perusahaan.

Divisi pemasaran juga bertugas untuk menganalisis pasar, mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan pelanggan, mengembangkan strategi dan taktik pemasaran, membuat dan mendistribusikan materi promosi, melakukan kampanye iklan, menjalin hubungan dengan pelanggan dan mitra bisnis, serta mengevaluasi hasil dan dampak dari kegiatan pemasaran.

Divisi pemasaran memiliki peran yang sangat penting bagi perusahaan, karena divisi ini yang menjadi ujung tombak dalam menghasilkan pendapatan dan keuntungan bagi perusahaan. Divisi pemasaran juga berpengaruh terhadap citra dan reputasi perusahaan di mata publik, yang bisa memengaruhi loyalitas dan kepuasan pelanggan.

Tugas Divisi Pemasaran

Tugas divisi pemasaran sangat beragam dan kompleks, tergantung dari jenis produk atau jasa yang ditawarkan, ukuran dan skala perusahaan, serta tujuan dan sasaran pemasaran yang ingin dicapai. Namun, secara umum, berikut ini adalah tugas divisi pemasaran secara umum yang bisa kita temukan di berbagai perusahaan:

  1. Melakukan riset pasar untuk mengumpulkan data dan informasi tentang pasar, pelanggan, pesaing, tren, dan peluang bisnis.
  2. Menganalisis data dan informasi yang diperoleh dari riset pasar untuk menentukan segmen pasar, target pasar, posisi pasar, dan nilai proposisi perusahaan.
  3. Menyusun rencana pemasaran yang mencakup tujuan, strategi, taktik, anggaran, jadwal, dan metrik kinerja pemasaran.
  4. Mengembangkan produk atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan, serta memiliki keunggulan kompetitif di pasar.
  5. Menentukan harga produk atau jasa yang sesuai dengan nilai yang ditawarkan, biaya produksi, permintaan pasar, dan strategi kompetitif.
  6. Menyusun strategi distribusi atau saluran penjualan yang efektif dan efisien untuk menjangkau dan melayani pelanggan.
  7. Membuat dan mendistribusikan materi promosi yang menarik dan informatif, seperti brosur, poster, spanduk, katalog, website, media sosial, email, dan sebagainya.
  8. Melakukan kampanye iklan yang kreatif dan persuasif melalui berbagai media, seperti televisi, radio, koran, majalah, internet, billboard, dan sebagainya.
  9. Melakukan kegiatan public relations (PR) untuk membangun dan memelihara citra dan reputasi perusahaan di mata publik, seperti mengadakan konferensi pers, seminar, pameran, sponsor, donasi, dan sebagainya.
  10. Melakukan kegiatan personal selling atau penjualan langsung kepada pelanggan, baik secara tatap muka, melalui telepon, atau melalui internet.
  11. Melakukan kegiatan sales promotion atau promosi penjualan untuk meningkatkan minat dan motivasi pelanggan untuk membeli produk atau jasa perusahaan, seperti memberikan diskon, kupon, hadiah, sampel gratis, dan sebagainya.
  12. Melakukan kegiatan direct marketing atau pemasaran langsung untuk berkomunikasi dan berinteraksi secara langsung dengan pelanggan yang potensial atau sudah ada, seperti melalui surat, email, SMS, telemarketing, atau media sosial.
  13. Melakukan kegiatan digital marketing atau pemasaran digital untuk memanfaatkan teknologi digital untuk mempromosikan produk atau jasa perusahaan, seperti melalui website, media sosial, email, mesin pencari, aplikasi mobile, atau iklan online.
  14. Melakukan kegiatan content marketing atau pemasaran konten untuk menciptakan dan menyebarkan konten yang relevan, bermanfaat, dan menarik bagi pelanggan, seperti artikel, blog, video, podcast, infografis, webinar, ebook, dan sebagainya.
  15. Melakukan kegiatan social media marketing atau pemasaran media sosial untuk memanfaatkan platform media sosial untuk membangun dan mengelola komunitas online yang terdiri dari pelanggan dan calon pelanggan perusahaan.
  16. Melakukan kegiatan email marketing atau pemasaran email untuk mengirimkan pesan-pesan yang bersifat informatif, promosi, atau persuasif kepada pelanggan dan calon pelanggan perusahaan melalui email.
  17. Melakukan kegiatan event marketing atau pemasaran acara untuk mengadakan acara-acara yang berkaitan dengan produk atau jasa perusahaan, seperti peluncuran produk baru, demo produk, workshop.

Kualifikasi dan Skill Divisi Pemasaran

Untuk menjadi bagian dari divisi pemasaran, tentu saja ada beberapa kualifikasi dan skill yang harus dimiliki. Kualifikasi dan skill ini bisa berbeda-beda tergantung dari jenis pekerjaan, perusahaan, dan industri yang dituju. Namun, secara umum, berikut ini adalah beberapa kualifikasi dan skill yang sering dicari oleh perusahaan untuk divisi pemasaran:

  • Lulusan pendidikan minimal S1 jurusan pemasaran, manajemen, komunikasi, atau bidang terkait lainnya.
  • Memiliki pengalaman kerja minimal 1-2 tahun di bidang pemasaran, penjualan, atau promosi.
  • Memiliki pengetahuan dan pemahaman yang baik tentang konsep-konsep dan prinsip-prinsip pemasaran, seperti analisis pasar, segmentasi pasar, bauran pemasaran, strategi pemasaran, branding, positioning, dll.
  • Memiliki kemampuan berkomunikasi dan bernegosiasi yang baik, baik secara lisan maupun tulisan, dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
  • Memiliki kemampuan analitis dan kreatif untuk menyelesaikan masalah dan mencari solusi terbaik dalam situasi yang bervariasi.
  • Memiliki kemampuan mengoperasikan komputer dan aplikasi-aplikasi yang berkaitan dengan pemasaran, seperti Microsoft Office, Adobe Photoshop, Google Analytics, Facebook Ads Manager, dll.
  • Memiliki kemampuan bekerja secara mandiri maupun tim, serta mampu beradaptasi dengan lingkungan kerja yang dinamis dan kompetitif.
  • Memiliki sikap profesional, inisiatif, proaktif, bertanggung jawab, jujur, dan berorientasi pada hasil.
  • Memiliki minat dan antusiasme yang tinggi terhadap produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan.
  • Memiliki sertifikat atau lisensi yang relevan dengan bidang pemasaran, seperti Google Ads Certification, Facebook Blueprint Certification, HubSpot Certification, dll. (opsional)
  • Memiliki pengetahuan dan kemampuan tentang SEO
  • Memiliki kemampuan tentang sosial media

Posisi atau Jabatan di Divisi Pemasaran

Divisi pemasaran terdiri dari berbagai posisi atau jabatan yang memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda-beda.

Struktur divisi pemasaran bisa berbeda-beda tergantung dari jenis produk atau jasa yang ditawarkan, ukuran dan skala perusahaan, serta tujuan dan sasaran pemasaran yang ingin dicapai. Namun, secara umum, struktur divisi pemasaran terdiri dari beberapa posisi atau jabatan utama, yaitu:

1. Direktur Pemasaran (Director of Marketing)

Direktur pemasaran adalah pimpinan tertinggi di divisi pemasaran yang bertanggung jawab untuk merencanakan, mengkoordinasikan, dan mengawasi seluruh kegiatan pemasaran di perusahaan.

Tugasnya meliputi menetapkan tujuan dan strategi pemasaran, mengalokasikan anggaran dan sumber daya, memimpin dan mengembangkan tim pemasaran, mengukur dan melaporkan kinerja pemasaran, serta berkoordinasi dengan divisi lain yang terkait.

Kisaran gaji untuk direktur pemasaran di Indonesia adalah Rp 25.000.000 – Rp 50.000.000 per bulan.

2. Sales and Marketing

Sales and Marketing merupakan bagian dari divisi pemasaran yang bertugas untuk melaksanakan kegiatan penjualan dan pemasaran produk atau jasa perusahaan kepada pelanggan.

Tugas sales dan marketing meliputi melakukan riset pasar, mengembangkan produk atau jasa, menentukan harga, membuat dan mendistribusikan materi promosi, melakukan kampanye iklan, menjalin hubungan dengan pelanggan dan mitra bisnis, serta mengevaluasi hasil dan dampak dari kegiatan penjualan dan pemasaran.

Kisaran gaji untuk sales and marketing di Indonesia adalah Rp 5.000.000 – Rp 10.000.000 per bulan.

3. Product and Service Development

Product and service development merupakan bagian dari divisi pemasaran yang bertugas untuk mengembangkan produk atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan, serta memiliki keunggulan kompetitif di pasar.

Tugasnya meliputi melakukan riset dan pengembangan produk atau jasa, menguji kualitas dan kelayakan produk atau jasa, mengurus perizinan dan sertifikasi produk atau jasa, serta meluncurkan produk atau jasa baru. Kisaran gaji untuk product and service development di Indonesia adalah Rp 7.000.000 – Rp 15.000.000 per bulan.

4. Marketing Communication (Marcomm)

Marcom adalah bagian dari divisi pemasaran yang bertugas untuk mengkomunikasikan nilai dan citra produk atau jasa perusahaan kepada publik.

Tugas marcomm meliputi membuat dan mendistribusikan materi promosi, melakukan kampanye iklan, melakukan kegiatan public relations, melakukan kegiatan content marketing, melakukan kegiatan social media marketing, melakukan kegiatan email marketing, serta melakukan kegiatan event marketing.

Kisaran gaji untuk marcomm di Indonesia adalah Rp 6.000.000 – Rp 12.000.000 per bulan.

5. Branches & Marketing Office

Branches & marketing office merupakan bagian dari divisi pemasaran yang bertugas untuk mengelola dan mengawasi kegiatan penjualan dan pemasaran di cabang-cabang atau kantor-kantor pemasaran perusahaan yang tersebar di berbagai daerah.

Tugasnya meliputi menyusun rencana dan anggaran penjualan dan pemasaran di daerah masing-masing, mengkoordinasikan dan membina tim penjualan dan pemasaran di daerah masing-masing, mengawasi dan mengevaluasi kinerja penjualan dan pemasaran di daerah masing-masing, serta melaporkan hasil dan masalah penjualan dan pemasaran di daerah masing-masing kepada direktur pemasaran.

Kisaran gaji untuk branches & marketing office di Indonesia adalah Rp 8.000.000 – Rp 20.000.000 per bulan.

Selain menjelaskan nama jabatan berikut ini sebagai struktur divisi pemasaran, saya juga akan menambahkan tugas dan kisaran gaji setiap bulannya berdasarkan hasil pencarian saya:

6. Digital Marketing

Digital marketing adalah orang yang bertanggung jawab untuk merencanakan, mengimplementasikan, dan mengelola strategi pemasaran online yang menggunakan berbagai saluran digital seperti website, media sosial, email, dan iklan online. 

Tugasnya meliputi mengoptimalkan lalu lintas website, meningkatkan kesadaran merek, menghasilkan prospek, dan mengukur kinerja kampanye digital. Kisaran gaji untuk digital marketing specialist adalah sekitar Rp5.000.000 per bulan.

7. SEO Specialist

SEO atau search engine optimization adalah orang yang bertanggung jawab untuk meningkatkan peringkat website di mesin pencari seperti Google atau Bing dengan menggunakan teknik optimasi yang sesuai dengan algoritma mesin pencari. 

Tugasnya meliputi melakukan riset kata kunci, menganalisis kompetitor, membuat konten berkualitas, membangun backlink, dan memantau metrik SEO seperti klik, impresi, dan konversi. Kisaran gaji untuk SEO specialist adalah sekitar Rp4.000.000 per bulan.

Baca juga: Cara Menjadi SEO Specialist

8. Search Engine Marketing

SEM orang yang bertanggung jawab untuk meningkatkan visibilitas website di mesin pencari dengan menggunakan strategi berbayar seperti iklan tayang klik (pay-per-click) atau iklan tampilan (display ads). 

Tugasnya meliputi menentukan anggaran, menargetkan audiens, membuat iklan menarik, memilih kata kunci relevan, dan mengoptimalkan biaya per klik dan pengembalian investasi. Kisaran gaji untuk search engine marketing specialist adalah sekitar Rp5.000.000 per bulan.

9. Sosial Media Specialist

Sosial Media Specialist adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengelola akun media sosial perusahaan seperti Facebook, Instagram, Twitter, atau LinkedIn dengan tujuan meningkatkan keterlibatan pengguna, membangun komunitas, dan mendukung tujuan pemasaran.

Tugas social media specialist dalam divisi pemasaran adalah membuat konten menarik, menjawab komentar atau pertanyaan dari pengikut, mengatur jadwal postingan, berkolaborasi dengan tim kreatif atau influencer, dan menganalisis data media sosial. Kisaran gaji untuk sosial media specialist adalah sekitar Rp4.500.000 per bulan.

10. Email Marketing

Email marketing adalah orang yang bertanggung jawab untuk merancang, mengirim, dan mengukur efektivitas kampanye pemasaran melalui email.

Tugas email marketing dalam divisi pemasaran meliputi membuat daftar kontak, menulis subjek dan isi email yang menarik, menyesuaikan email sesuai dengan segmen pelanggan, menguji dan mengoptimalkan email sebelum dikirim, dan melacak metrik email seperti tingkat buka, klik, dan berhenti berlangganan.

Kisaran gaji untuk email marketing specialist adalah sekitar Rp4.000.000 per bulan.

11. E-Commerce Specialist

orang yang bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan bisnis online perusahaan melalui platform e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, atau Lazada.

Tugasnya e-commerce specialist antara lain membuat dan mengelola toko online, mengupload produk dan deskripsi yang sesuai dengan standar platform, menangani pesanan dan pengiriman barang, memberikan layanan pelanggan yang baik, dan meningkatkan penjualan dan reputasi toko online. Kisaran gaji untuk e-commerce specialist adalah sekitar Rp4.500.000 per bulan.

12. Paid Ads Specialist

Paid ads specialist orang yang bertanggung jawab untuk merencanakan, mengelola, dan mengoptimalkan kampanye iklan berbayar di berbagai platform online seperti Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads, YouTube Ads, atau TikTok Ads.

Tugas paid ads specialist adalah menentukan tujuan dan anggaran kampanye, menargetkan audiens yang tepat, membuat iklan yang sesuai dengan format dan pedoman platform, memantau kinerja dan biaya kampanye, dan melakukan tes dan penyesuaian untuk meningkatkan hasil kampanye. Kisaran gaji untuk paid ads specialist adalah sekitar Rp5.000.000 per bulan.

13. Staff Marketing

Staff marketing dalam divisi pemasaran adalah orang yang bertanggung jawab untuk mendukung kegiatan pemasaran perusahaan dengan melakukan berbagai tugas administratif atau operasional.

Tugas staff marketing antara lain membuat laporan pemasaran, menyusun jadwal rapat atau acara pemasaran, mengurus surat-menyurat atau dokumen pemasaran, melakukan riset pasar atau pesaing, dan membantu tim pemasaran dalam menjalankan strategi atau kampanye pemasaran. Kisaran gaji untuk staff marketing adalah sekitar Rp4.500.000 per bulan.

Lingkungan Kerja di Divisi Pemasaran

Lingkungan kerja di divisi pemasaran bisa berbeda-beda tergantung dari jenis pekerjaan, perusahaan, dan industri yang dituju. Namun, secara umum, lingkungan kerja di divisi pemasaran memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • Dinamis dan kompetitif: divisi pemasaran harus selalu siap menghadapi perubahan dan tantangan yang terjadi di pasar, serta bersaing dengan pesaing lain yang menawarkan produk atau jasa yang serupa atau berbeda.
  • Kreatif dan inovatif: divisi pemasaran harus selalu mencari cara-cara baru dan menarik untuk mempromosikan produk atau jasa perusahaan, serta menciptakan nilai tambah bagi pelanggan.
  • Komunikatif dan kolaboratif: divisi pemasaran harus selalu berkomunikasi dan berkolaborasi dengan pelanggan, mitra bisnis, media, maupun divisi lain yang terkait dalam kegiatan pemasaran.
  • Fleksibel dan adaptif: divisi pemasaran harus selalu fleksibel dan adaptif dalam menyesuaikan diri dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan, serta situasi dan kondisi pasar yang berubah-ubah.
  • Profesional dan berorientasi pada hasil: divisi pemasaran harus selalu profesional dan berorientasi pada hasil dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya, serta mampu mencapai tujuan dan sasaran pemasaran yang telah ditetapkan.

FAQ

Apa saja skill yang dibutuhkan untuk menjadi bagian dari divisi pemasaran?

Beberapa skill yang dibutuhkan untuk menjadi bagian dari divisi pemasaran adalah: kemampuan berkomunikasi, kemampuan analitis, kemampuan kreatif, kemampuan mengoperasikan komputer dan aplikasi pemasaran, kemampuan bekerja secara mandiri maupun tim, serta minat dan antusiasme terhadap produk atau jasa perusahaan.

Apa saja tantangan yang dihadapi oleh divisi pemasaran?

Beberapa tantangan yang dihadapi oleh divisi pemasaran adalah: persaingan yang ketat di pasar, perubahan yang cepat di pasar, kebutuhan dan keinginan pelanggan yang beragam dan berubah-ubah, keterbatasan anggaran dan sumber daya, serta pengukuran dan evaluasi kinerja pemasaran yang sulit.

Apa saja keuntungan dan kerugian bekerja di divisi pemasaran?

Beberapa keuntungan bekerja di divisi pemasaran adalah: mendapatkan pengalaman dan pengetahuan yang luas tentang pasar, pelanggan, produk, dan jasa perusahaan, mendapatkan kesempatan untuk berkreasi dan berinovasi dalam mempromosikan produk atau jasa perusahaan, mendapatkan kesempatan untuk berkomunikasi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak yang terkait dengan kegiatan pemasaran, serta mendapatkan gaji yang cukup menarik. Beberapa kerugian bekerja di divisi pemasaran adalah: menghadapi tekanan dan stres yang tinggi dalam mencapai tujuan dan sassaran perusahaan.

Baca juga:

1. Tugas Brand Manager : Tanggung Jawab, Syarat dan Gajinya
2. Tugas Resepsionis -Tanggung Jawab, Keahlian dan Gajinya
3. Tugas Seorang Staff Administrasi dan Gajinya

Gambar Gravatar
Seorang praktisi Pemasaran, SEO dan Digital Marketing. Suka dengan kata dan cinta dengan karya. Turut memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui beragam artikel pendidikan di kitapunya.net.