tugas store leader

Tugas Store Leader: Kualifikasi, Jenjang Karir dan Gajinya

Diposting pada 2,668 views

Apa itu Store Leader?

Store leader adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengelola operasional toko, termasuk penjualan, pelayanan, persediaan, dan keuangan. Store leader juga harus memimpin dan mengembangkan tim karyawan, serta memastikan kepuasan pelanggan dan loyalitas merek.

Store leader memiliki peran penting dalam menciptakan pengalaman belanja yang menyenangkan dan menguntungkan bagi pelanggan. Store leader harus memiliki kemampuan komunikasi, kepemimpinan, analisis, dan penyelesaian masalah yang baik. Store leader juga harus mampu beradaptasi dengan perubahan pasar, tren konsumen, dan persaingan.

Tugas dan Tanggung Jawab Utama Store Leader

Berikut adalah beberapa tugas dan tanggung jawab utama store leader:

  • Menetapkan target penjualan dan anggaran toko, serta memantau pencapaian dan kinerja toko.
  • Merekrut, melatih, mengevaluasi, dan memberi umpan balik kepada karyawan toko, serta menangani masalah sumber daya manusia yang mungkin timbul.
  • Mengawasi pemasaran, promosi, dan display produk di toko, serta memastikan ketersediaan dan kualitas produk.
  • Menjaga hubungan baik dengan pelanggan, pemasok, dan mitra bisnis lainnya, serta menangani keluhan atau permintaan pelanggan.
  • Menerapkan standar keamanan, keselamatan, dan kebersihan di toko, serta mematuhi peraturan perusahaan dan hukum yang berlaku.
  • Melakukan audit internal dan eksternal, serta menyusun laporan keuangan dan administratif toko.
  • Mengidentifikasi peluang untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan profitabilitas toko.

Kualifikasi Store Leader

Store leader adalah posisi yang bertanggung jawab untuk mengelola operasional toko, termasuk penjualan, pelayanan, pengadaan, dan pengembangan karyawan. Store leader harus memiliki kualifikasi yang sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya. Berikut adalah beberapa kualifikasi yang dibutuhkan untuk menjadi store leader yang baik:

  • Memiliki pengalaman minimal 3 tahun di bidang retail, terutama di posisi manajerial.
  • Memiliki kemampuan komunikasi, negosiasi, dan persuasi yang baik, baik secara lisan maupun tulisan.
  • Memiliki pengetahuan dan keterampilan mengenai produk, layanan, dan pasar yang dituju oleh toko.
  • Memiliki kemampuan analisis, perencanaan, dan pengambilan keputusan yang baik, berdasarkan data dan fakta.
  • Memiliki kemampuan untuk memimpin, memotivasi, dan mengembangkan karyawan, serta menyelesaikan konflik yang mungkin terjadi.
  • Memiliki sikap positif, proaktif, dan inovatif dalam menghadapi tantangan dan peluang.
  • Memiliki integritas, etika, dan loyalitas yang tinggi terhadap perusahaan dan pelanggan.
  • Memiliki keterampilan teknologi informasi yang memadai, seperti penggunaan komputer, internet, dan aplikasi terkait.
  • Memiliki sertifikat atau lisensi yang relevan dengan bidang toko, jika diperlukan.

Cara Menjadi Store Leader

Store leader adalah posisi yang menantang dan menarik di dunia ritel. Sebagai store leader, Anda bertanggung jawab untuk mengelola operasional toko, memimpin tim karyawan, dan meningkatkan penjualan dan kepuasan pelanggan. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda menjadi store leader yang sukses:

1. Kenali produk dan layanan Anda dengan baik

Anda harus memiliki pengetahuan yang luas tentang produk dan layanan yang ditawarkan oleh toko Anda, serta kompetitor dan tren pasar. Hal ini akan membantu Anda memberikan saran yang tepat kepada pelanggan, melatih karyawan baru, dan membuat strategi pemasaran yang efektif.

2. Kembangkan keterampilan komunikasi dan kepemimpinan Anda

Anda harus dapat berkomunikasi dengan jelas dan persuasif kepada karyawan, pelanggan, dan manajemen. Anda juga harus dapat memberikan umpan balik yang konstruktif, menyelesaikan konflik, dan memotivasi tim Anda untuk mencapai tujuan bersama. Anda harus menjadi contoh yang baik bagi karyawan Anda dengan menunjukkan sikap profesional, etis, dan bertanggung jawab.

3. Jalin hubungan yang baik dengan semua pihak

Anda harus dapat bekerja sama dengan baik dengan karyawan, pelanggan, pemasok, dan mitra bisnis. Anda harus menghargai dan menghormati perbedaan individu, budaya, dan kebutuhan. Anda juga harus dapat memberikan pelayanan yang ramah, cepat, dan berkualitas kepada pelanggan, serta menangani keluhan dan masalah dengan cepat dan tuntas.

4. Kelola sumber daya dengan efisien dan efektif

Anda harus dapat mengelola anggaran, persediaan, jadwal kerja, dan sumber daya manusia dengan baik. Anda harus dapat membuat rencana yang realistis dan fleksibel, serta mengawasi pelaksanaannya. Anda juga harus dapat menganalisis data penjualan, keuangan, dan kinerja untuk mengidentifikasi masalah, peluang, dan solusi.

5. Terus belajar dan berkembang

Anda harus selalu berusaha untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi Anda sebagai store leader. Anda harus mengikuti pelatihan, seminar, workshop, atau kursus yang relevan dengan bidang Anda. Anda juga harus mencari mentor atau coach yang dapat memberikan saran, bimbingan, dan dukungan kepada Anda.

Menjadi store leader bukanlah hal yang mudah, tetapi juga bukanlah hal yang mustahil. Dengan tekad, kerja keras, dan tips di atas, Anda dapat menjadi store leader yang hebat dan membawa toko Anda ke tingkat yang lebih tinggi.

Gaji Store Leader

Store leader adalah salah satu posisi penting dalam sebuah perusahaan ritel, baik online maupun offline. Seorang store leader bertanggung jawab untuk mengelola operasional toko, termasuk penjualan, pelayanan, persediaan, dan keuangan. Store leader juga harus mampu memimpin dan memotivasi timnya agar mencapai target yang ditetapkan oleh perusahaan.

Namun, berapa sih gaji store leader di Indonesia? Apakah ada perbedaan gaji antara store leader di perusahaan lokal dan multinasional? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, kami telah mengumpulkan data gaji store leader di 10 perusahaan di Indonesia dari berbagai sumber, seperti Indeed, Glassdoor, dan lainnya. Berikut adalah daftarnya:

  1. PT Bursa Efek Indonesia
    PT Bursa Efek Indonesia atau Indonesia Stock Exchange adalah perusahaan yang bergerak di bidang keuangan, khususnya pasar saham. Sebagai salah satu institusi penting dalam perekonomian nasional, PT Bursa Efek Indonesia menawarkan gaji yang cukup tinggi untuk karyawannya, termasuk store leader. Menurut data dari Indeed, gaji rata-rata store leader di PT Bursa Efek Indonesia adalah Rp 12.500.000 per bulan. Nominal tersebut belum termasuk tunjangan dan bonus yang bisa mencapai puluhan juta rupiah.
  2. PT BFI Finance Indonesia TBK
    PT BFI Finance Indonesia TBK adalah perusahaan yang bergerak di bidang pembiayaan, salah satunya terkait pemberian modal kerja untuk kebutuhan produktif. Perusahaan ini juga terkenal sebagai salah satu perusahaan yang berani menggaji tinggi seorang fresh graduate. Menurut data dari Indeed, gaji rata-rata store leader di PT BFI Finance Indonesia TBK adalah Rp 10.500.000 per bulan. Jumlah tersebut juga belum termasuk tunjangan dan bonus yang bisa bervariasi.
  3. PT Astra Internasional TBK
    PT Astra Internasional TBK adalah perusahaan otomotif terbesar di Indonesia yang memiliki banyak anak usaha, seperti Toyota, Daihatsu, Isuzu, Honda, dan lainnya. Bekerja di PT Astra Internasional TBK bisa jadi merupakan impian banyak orang karena terkenal dengan besaran gaji tinggi. Menurut data dari Glassdoor, gaji rata-rata store leader di PT Astra Internasional TBK adalah Rp 9.000.000 per bulan. Angka tersebut juga belum mencakup tunjangan dan bonus yang bisa mencapai ratusan juta rupiah.
  4. PT Telekomunikasi Indonesia
    PT Telekomunikasi Indonesia atau Telkom adalah perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia yang menyediakan berbagai layanan, seperti telepon, internet, TV kabel, dan lainnya. Telkom juga memiliki banyak anak usaha, seperti Telkomsel, IndiHome, LinkAja, dan lainnya. Telkom juga sudah terkenal sebagai perusahaan bergaji tinggi di Indonesia. Menurut data dari Glassdoor, gaji rata-rata store leader di Telkom adalah Rp 8.500.000 per bulan. Nominal tersebut juga belum termasuk tunjangan dan bonus yang bisa sangat besar.
  5. PT Unilever Indonesia TBK
    PT Unilever Indonesia TBK adalah perusahaan multinasional yang bergerak di bidang konsumen barang, seperti sabun, sampo, pasta gigi, deterjen, dan lainnya. Unilever memiliki banyak merek terkenal, seperti Lifebuoy, Dove, Sunsilk, Pepsodent, Rinso, dan lainnya. Unilever juga dikenal sebagai perusahaan yang memberikan gaji dan fasilitas yang baik untuk karyawannya. Menurut data dari Glassdoor, gaji rata-rata store leader di Unilever adalah Rp 7.500.000 per bulan. Jumlah tersebut juga belum termasuk tunjangan dan bonus yang bisa mencapai puluhan juta rupiah.
  6. PT Matahari Department Store TBK
    PT Matahari Department Store TBK adalah salah satu perusahaan ritel terbesar di Indonesia yang memiliki banyak cabang di seluruh Indonesia. Matahari menjual berbagai produk, seperti pakaian, sepatu, tas, kosmetik, dan lainnya. Matahari juga menawarkan gaji yang cukup kompetitif untuk karyawannya, termasuk store leader. Menurut data dari Indeed, gaji rata-rata store leader di Matahari adalah Rp 6.500.000 per bulan. Nominal tersebut juga belum termasuk tunjangan dan bonus yang bisa bervariasi.
  7. PT Indomarco Prismatama
    PT Indomarco Prismatama atau Indomaret adalah salah satu perusahaan ritel terbesar di Indonesia yang memiliki lebih dari 20.000 gerai di seluruh Indonesia. Indomaret menjual berbagai produk, seperti makanan, minuman, kebutuhan sehari-hari, dan lainnya. Indomaret juga memberikan gaji yang cukup baik untuk karyawannya, termasuk store leader. Menurut data dari Indeed, gaji rata-rata store leader di Indomaret adalah Rp 5.500.000 per bulan. Jumlah tersebut juga belum termasuk tunjangan dan bonus yang bisa mencapai jutaan rupiah.
  8. PT Sumber Alfaria Trijaya TBK
    PT Sumber Alfaria Trijaya TBK atau Alfamart adalah salah satu perusahaan ritel terbesar di Indonesia yang memiliki lebih dari 15.000 gerai di seluruh Indonesia. Alfamart menjual berbagai produk, seperti makanan, minuman, kebutuhan sehari-hari, dan lainnya. Alfamart juga memberikan gaji yang cukup baik untuk karyawannya, termasuk store leader. Menurut data dari Indeed, gaji rata-rata store leader di Alfamart adalah Rp 5.000.000 per bulan. Nominal tersebut juga belum termasuk tunjangan dan bonus yang bisa mencapai jutaan rupiah.
  9. PT Trans Retail Indonesia
    PT Trans Retail Indonesia atau Transmart adalah salah satu perusahaan ritel terbesar di Indonesia yang merupakan bagian dari CT Corp, sebuah konglomerat yang dimiliki oleh Chairul Tanjung. Transmart menjual berbagai produk, seperti makanan, minuman, elektronik, furnitur, dan lainnya. Transmart juga memberikan gaji yang cukup baik untuk karyawannya, termasuk store leader. Menurut data dari Indeed, gaji rata-rata store leader di Transmart adalah Rp 4.500.000 per bulan. Jumlah tersebut juga belum termasuk tunjangan dan bonus yang bisa bervariasi.
  10. PT Mitra Adiperkasa TBK
    PT Mitra Adiperkasa TBK atau MAP adalah salah satu perusahaan ritel terbesar di Indonesia yang memiliki banyak merek terkenal, seperti Zara, H&M, Starbucks, Pizza Hut, Burger King, dan lainnya. MAP juga memberikan gaji yang cukup baik untuk karyawannya, termasuk store leader. Menurut data dari Indeed, gaji rata-rata store leader di MAP adalah Rp 4.000.000 per bulan. Nominal tersebut juga belum termasuk tunjangan dan bonus yang bisa bervariasi.

Demikianlah daftar 10 perusahaan dengan gaji store leader terbesar di Indonesia. Tentu saja, data-data tersebut hanyalah perkiraan dan bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan masing-masing perusahaan. Selain itu, besaran gaji juga dipengaruhi oleh faktor-faktor lain, seperti lokasi kerja, pengalaman kerja, kinerja kerja, dan lainnya.

Namun demikian, semoga informasi ini bisa menjadi referensi bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan sebagai store leader atau ingin mengetahui standar gaji untuk posisi tersebut di Indonesia.

Baca juga:

Gambar Gravatar
Tim Editorial KitaPunya.net adalah seorang profesional di bidang Manajemen, Teknologi Digital dan Marketing dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. KitaPunya.net saat ini menjadi situs pendidikan dan karir yang selalu berusaha memberikan inforamasi akurat, terpecaya dan terupdate.