tugas sales executive

Tugas Sales Executive: Tugas, Kualifikasi, Jenjang Karir dan Gajinya

Diposting pada 276 views

Sales executive adalah seorang profesional yang bertanggung jawab untuk menjual produk atau jasa kepada pelanggan potensial atau yang sudah ada. Sales executive memiliki peran penting dalam mencapai target penjualan dan pertumbuhan bisnis. Berikut ini adalah pengerti sales executive disertai dengan tugas-tugasnya:

Apa itu Sales Executive?

Sales executive adalah seorang profesional yang bertanggung jawab untuk menjual produk atau jasa perusahaan kepada pelanggan potensial atau eksisting. Sales executive memiliki peran penting dalam mengembangkan dan mempertahankan hubungan baik dengan pelanggan, serta mencapai target penjualan yang ditetapkan oleh manajemen.

Sales executive harus memiliki keterampilan komunikasi, negosiasi, dan persuasi yang baik, serta kemampuan untuk bekerja di bawah tekanan dan mengatasi tantangan. Sales executive juga harus memiliki pengetahuan yang luas tentang produk atau jasa yang ditawarkan, pasar, pesaing, dan kebutuhan pelanggan.

Tugas dan Tanggung Jawab Sales Executive

Berikut adalah beberapa tugas dan tanggung jawab seorang sales executive:

  • Mencari dan mengidentifikasi peluang penjualan baru melalui prospeksi, jaringan, atau referensi.
  • Menghubungi dan mengunjungi calon pelanggan atau pelanggan yang sudah ada untuk mempresentasikan produk atau jasa yang ditawarkan.
  • Menjelaskan fitur, manfaat, dan nilai tambah produk atau jasa kepada pelanggan dengan cara yang meyakinkan dan profesional.
  • Menjawab pertanyaan atau keberatan pelanggan dengan cara yang informatif dan persuasif.
  • Menegosiasikan harga, syarat, dan kondisi penjualan dengan pelanggan sesuai dengan kebijakan perusahaan.
  • Menyiapkan dan mengirimkan proposal, kontrak, atau penawaran penjualan kepada pelanggan.
  • Melakukan follow-up dengan pelanggan untuk memastikan kepuasan, loyalitas, dan retensi.
  • Mencatat dan melaporkan aktivitas penjualan, hasil, dan masalah yang dihadapi kepada manajer penjualan atau atasan yang terkait.
  • Membangun dan memelihara hubungan baik dengan pelanggan dan mitra bisnis lainnya.
  • Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tentang produk, pasar, kompetitor, dan tren industri.

Kualifikasi dan Kompetensi Sales Executive

Untuk menjadi seorang sales executive yang sukses, Anda harus memiliki kualifikasi dan kompetensi berikut:

  • Pendidikan minimal D3 atau S1 dari jurusan yang relevan, seperti manajemen pemasaran, administrasi bisnis, atau komunikasi.
  • Pengalaman minimal 1 tahun sebagai sales executive atau posisi serupa di bidang yang terkait.
  • Memiliki kemampuan komunikasi, negosiasi, dan presentasi yang baik.
  • Memiliki keterampilan interpersonal, hubungan pelanggan, dan penyelesaian masalah yang baik.
  • Memiliki motivasi, inisiatif, dan orientasi hasil yang tinggi.
  • Memiliki kemampuan untuk bekerja secara mandiri maupun tim.
  • Memiliki kemampuan untuk bekerja di bawah tekanan dan target yang ketat.
  • Memiliki pengetahuan tentang produk atau jasa yang dijual serta pasar dan kompetitor yang ada.
  • Memiliki kemampuan untuk menggunakan komputer dan aplikasi penjualan yang relevan.
  • Memiliki SIM C dan kendaraan pribadi (motor atau mobil).

Jenjang Karir Sales Executive

Jenjang karir Sales Executive dapat beragam tergantung pada perusahaan, industri, dan tingkat pengalaman individu. Berikut adalah contoh jenjang karir yang umum dalam posisi Sales Executive:

1. Sales Executive:

Posisi awal sebagai Sales Executive, di mana seseorang memulai karir di departemen penjualan dan bertanggung jawab untuk menjual produk atau layanan kepada pelanggan.

2. Senior Sales Executive / Sales Specialist:

Setelah memiliki pengalaman dan menunjukkan kinerja yang baik, seseorang dapat dipromosikan menjadi Senior Sales Executive atau Sales Specialist. Pada level ini, tanggung jawabnya mungkin lebih kompleks, dan dia mungkin fokus pada pasar atau segmen pelanggan tertentu.

3. Sales Supervisor / Sales Team Leader:

Jika seorang Sales Executive telah membuktikan diri sebagai pemimpin yang efektif dan memiliki kemampuan untuk mengawasi tim, mereka dapat dipromosikan menjadi Sales Supervisor atau Sales Team Leader. Di sini, mereka bertanggung jawab untuk mengawasi dan memandu tim penjualan dalam mencapai target.

4. Sales Manager / Area Sales Manager:

Seiring berjalannya waktu, seorang Sales Supervisor atau Team Leader yang sukses bisa naik menjadi Sales Manager atau Area Sales Manager. Pada posisi ini, mereka mengelola tim penjualan yang lebih besar, mengawasi strategi penjualan, mengatur anggaran, dan bertanggung jawab untuk mencapai target penjualan di wilayah atau area tertentu.

5. Sales Director / Regional Sales Manager:

Setelah mengumpulkan pengalaman yang luas dan mencapai kesuksesan yang signifikan dalam mengelola tim penjualan, seorang Sales Manager dapat dipromosikan menjadi Sales Director atau Regional Sales Manager. Posisi ini biasanya memiliki tanggung jawab yang lebih strategis, mengawasi beberapa tim penjualan di wilayah atau negara bagian.

6. Vice President of Sales / Sales Vice President:

Beberapa organisasi dapat menawarkan kesempatan untuk maju ke tingkat eksekutif sebagai Vice President of Sales. Pada tingkat ini, seseorang memegang peran kepemimpinan eksekutif dalam perusahaan dan bertanggung jawab atas keseluruhan strategi penjualan dan pencapaian tujuan penjualan secara keseluruhan.

Bagaimana Prospek Kerja Sales Executive?

Sales executive adalah salah satu profesi yang banyak diminati oleh lulusan baru maupun pekerja berpengalaman. Sales executive bertanggung jawab untuk menjual produk atau jasa kepada pelanggan potensial atau eksisting, baik secara langsung maupun melalui saluran distribusi. Sales executive juga harus mampu membangun hubungan baik dengan pelanggan, melakukan negosiasi, dan menyelesaikan masalah yang mungkin timbul.

Prospek kerja sales executive cukup menjanjikan, mengingat permintaan pasar akan produk atau jasa terus meningkat seiring dengan perkembangan ekonomi dan teknologi. Sales executive dapat bekerja di berbagai bidang industri, seperti otomotif, properti, asuransi, farmasi, telekomunikasi, dan lain-lain. Sales executive juga memiliki peluang untuk mendapatkan penghasilan yang tinggi, tergantung pada kinerja dan target penjualan yang dicapai.

Namun, menjadi sales executive juga memiliki tantangan tersendiri. Sales executive harus siap menghadapi persaingan yang ketat, baik dari kompetitor maupun dari rekan kerja. Sales executive juga harus memiliki kemampuan komunikasi, presentasi, dan persuasi yang baik, serta keterampilan analisis dan penyelesaian masalah. Sales executive harus selalu update dengan informasi terkini tentang produk atau jasa yang ditawarkan, serta kebutuhan dan preferensi pelanggan. Sales executive juga harus mampu mengatur waktu dan prioritas kerja dengan efektif, serta mengatasi tekanan dan stres yang mungkin dialami.

Oleh karena itu, sales executive harus terus belajar dan berkembang untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas diri. Sales executive harus memiliki motivasi yang tinggi, sikap positif, dan etika kerja yang baik. Sales executive juga harus bersedia mengikuti pelatihan atau sertifikasi yang relevan dengan bidang kerja. Sales executive juga harus membangun jaringan profesional yang luas, baik dengan pelanggan, rekan kerja, maupun pihak lain yang terkait dengan industri.

Dengan demikian, sales executive adalah profesi yang menarik dan menantang, namun juga memberikan kesempatan untuk berkembang dan berprestasi. Bagi Anda yang tertarik untuk menjadi sales executive, Anda harus mempersiapkan diri dengan baik dan siap menghadapi segala kemungkinan yang ada di lapangan.

Cara Menjadi Sales Executive

Untuk menjadi sales executive yang sukses, Anda perlu memiliki beberapa keterampilan dan kualitas berikut:

1. Komunikasi yang baik

Anda harus mampu berkomunikasi dengan efektif dan persuasif kepada pelanggan, baik secara lisan maupun tertulis. Anda juga harus mampu mendengarkan kebutuhan dan masalah pelanggan, serta memberikan solusi yang sesuai.

2. Motivasi yang tinggi

Anda harus memiliki semangat dan antusiasme yang tinggi dalam menjalankan pekerjaan Anda. Anda juga harus mampu mengatasi penolakan dan tantangan yang mungkin Anda hadapi di lapangan.

3. Orientasi pada hasil

Anda harus fokus pada pencapaian target penjualan yang ditetapkan oleh perusahaan. Anda juga harus mampu mengukur dan mengevaluasi kinerja Anda secara berkala, serta melakukan perbaikan jika diperlukan.

4. Kerjasama tim yang baik

Anda harus mampu bekerja sama dengan rekan-rekan Anda, baik di dalam maupun di luar departemen penjualan. Anda juga harus mampu berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, seperti pemasaran, produksi, logistik, dan lain-lain.

5. Pengetahuan produk atau jasa yang luas

Anda harus memiliki pengetahuan yang mendalam tentang produk atau jasa yang Anda jual, termasuk fitur, manfaat, keunggulan, dan kekurangannya. Anda juga harus mengikuti perkembangan pasar dan kompetitor, serta mengidentifikasi peluang dan ancaman yang ada.

Selain keterampilan dan kualitas di atas, Anda juga perlu memenuhi beberapa persyaratan berikut untuk menjadi sales executive:

  • Pendidikan minimal D3 atau S1 dari jurusan apapun, tetapi lebih disukai dari jurusan bisnis, manajemen, pemasaran, atau komunikasi.
  • Pengalaman minimal 1 tahun di bidang penjualan, baik sebagai sales representative, sales officer, sales consultant, atau sejenisnya.
  • Memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik, baik secara lisan maupun tertulis.
  • Memiliki SIM A dan C, serta kendaraan pribadi.
  • Bersedia bekerja di bawah tekanan dan target.
  • Bersedia melakukan perjalanan dinas ke daerah-daerah lain sesuai kebutuhan.

Jika Anda tertarik untuk menjadi sales executive, Anda dapat mencari lowongan pekerjaan yang sesuai dengan kriteria Anda di berbagai media online atau offline. Anda juga dapat mengirimkan lamaran Anda secara langsung ke perusahaan-perusahaan yang menawarkan produk atau jasa yang ingin Anda jual.

Menjadi sales executive memang tidak mudah, tetapi juga tidak mustahil. Dengan memiliki keterampilan, kualitas, dan persyaratan yang dibutuhkan, serta berusaha keras dan terus belajar, Anda dapat menjadi sales executive yang profesional dan sukses.

Apakah Sales Executive Berkerja di Lapangan?

Banyak orang yang tertarik untuk mengetahui lebih dalam tentang profesi sales executive. Salah satu pertanyaan yang sering diajukan adalah apakah sales executive bekerja di lapangan atau di kantor? Jawabannya adalah tergantung pada jenis produk atau jasa yang ditawarkan, target pasar yang dituju, dan strategi pemasaran yang diterapkan.

Secara umum, sales executive adalah orang yang bertanggung jawab untuk menjual produk atau jasa kepada pelanggan potensial atau eksisting. Sales executive harus mampu mempresentasikan nilai dan manfaat dari produk atau jasa yang ditawarkan, menangani keberatan atau pertanyaan dari pelanggan, dan menutup kesepakatan dengan sukses.

Sales executive bisa bekerja di lapangan atau di kantor, tergantung pada beberapa faktor. Berikut adalah beberapa contoh:

  • Sales executive yang menjual produk fisik, seperti barang elektronik, kendaraan, atau peralatan industri, biasanya bekerja di lapangan. Mereka harus mengunjungi pelanggan secara langsung, melakukan demonstrasi produk, dan melakukan negosiasi harga dan syarat pembayaran. Sales executive yang bekerja di lapangan harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, kemampuan negosiasi yang kuat, dan pengetahuan produk yang mendalam.
  • Sales executive yang menjual produk digital, seperti software, aplikasi, atau layanan online, biasanya bekerja di kantor. Mereka harus menghubungi pelanggan melalui telepon, email, atau media sosial, menjelaskan fitur dan fungsi produk, dan memberikan dukungan teknis jika diperlukan. Sales executive yang bekerja di kantor harus memiliki kemampuan teknis yang baik, kemampuan persuasi yang tinggi, dan pengetahuan pasar yang luas.
  • Sales executive yang menjual jasa profesional, seperti konsultasi, pelatihan, atau asuransi, bisa bekerja di lapangan atau di kantor, tergantung pada preferensi pelanggan. Mereka harus membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan, memberikan solusi yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan pelanggan, dan melakukan follow-up secara berkala. Sales executive yang menjual jasa profesional harus memiliki kemampuan analitis yang baik, kemampuan adaptasi yang tinggi, dan pengetahuan industri yang relevan.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa sales executive bisa bekerja di lapangan atau di kantor, tergantung pada berbagai faktor. Tidak ada jawaban pasti untuk pertanyaan ini, karena setiap sales executive memiliki karakteristik dan tantangan yang berbeda-beda. Yang terpenting adalah sales executive harus mampu menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi pasar, serta memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

Gaji Sales Executive

Sales executive adalah salah satu profesi yang banyak diminati oleh para pencari kerja. Sales executive bertanggung jawab untuk menjual produk atau jasa kepada pelanggan potensial atau eksisting, baik secara langsung maupun melalui saluran distribusi. Sales executive juga harus mampu membangun hubungan baik dengan pelanggan, melakukan negosiasi, dan mencapai target penjualan yang ditetapkan oleh perusahaan.

Salah satu faktor yang menarik minat para pencari kerja untuk menjadi sales executive adalah besarnya gaji yang ditawarkan. Namun, gaji sales executive tidaklah sama di setiap kota atau daerah. Gaji sales executive dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti tingkat persaingan, permintaan pasar, biaya hidup, kualifikasi, pengalaman, dan kinerja.

Berikut ini adalah kisaran gaji sales executive di 15 kota besar di Indonesia, berdasarkan data dari situs pencarian kerja Indeed.com per Agustus 2023:

  1. Jakarta: Rp 7.500.000 – Rp 15.000.000 per bulan
  2. Surabaya: Rp 6.000.000 – Rp 12.000.000 per bulan
  3. Bandung: Rp 5.500.000 – Rp 11.000.000 per bulan
  4. Medan: Rp 5.000.000 – Rp 10.000.000 per bulan
  5. Makassar: Rp 4.500.000 – Rp 9.000.000 per bulan
  6. Semarang: Rp 4.000.000 – Rp 8.000.000 per bulan
  7. Yogyakarta: Rp 3.500.000 – Rp 7.000.000 per bulan
  8. Denpasar: Rp 3.500.000 – Rp 7.000.000 per bulan
  9. Palembang: Rp 3.500.000 – Rp 7.000.000 per bulan
  10. Malang: Rp 3.500.000 – Rp 7.000.000 per bulan
  11. Balikpapan: Rp 4.500.000 – Rp 9.000.000 per bulan
  12. Pekanbaru: Rp 4.500.000 – Rp 9.000.000 per bulan
  13. Bandar Lampung: Rp 3.500.000 – Rp 7.000.00 per bulan
  14. Pontianak : R p 3 .500 .000 – R p 7.000.000 per bulan
  15. Manado : R p 3 .500 .000 – R p 7.000 .0 00 per bulan

Dari data di atas, dapat dilihat bahwa Jakarta merupakan kota dengan gaji sales executive tertinggi di Indonesia, diikuti oleh Surabaya dan Bandung . Hal ini mungkin karena Jakarta merupakan pusat bisnis dan ekonomi nasional, sehingga permintaan dan persaingan pasar lebih tinggi daripada kota-kota lainnya.

Sementara itu, kota-kota seperti Yogyakarta , Denpasar , Palembang , Malang , Bandar Lampung , Pontianak , dan Manado memiliki gaji sales executive terendah di Indonesia, berkisar antara Rp 3 .5 juta hingga R p 7 juta per bulan . Hal ini mungkin karena kota-kota tersebut memiliki biaya hidup yang lebih rendah, permintaan pasar yang lebih sedikit, atau karakteristik produk atau jasa yang berbeda dengan kota-kota besar lainnya.

Gaji sales executive tentunya tidak hanya bergantung pada lokasi kerja, tetapi juga pada faktor-faktor lain yang telah disebutkan sebelumnya . Oleh karena itu, jika Anda ingin menjadi sales executive yang sukses dan berpenghasilan tinggi , Anda harus meningkatkan kualifikasi , pengalaman , dan kinerja Anda secara terus-menerus.

Baca juga:

Gambar Gravatar
Seorang praktisi Pemasaran, SEO dan Digital Marketing. Suka dengan kata dan cinta dengan karya. Turut memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui beragam artikel pendidikan di kitapunya.net.