perbedaan interview hrd dan user

Apa Perbedaan Interview User dan HRD? Penjelasan dan Tabel Perbedaannya

Diposting pada 553 views

Saat melamar kerja, ada beberapa tahapan yang harus dilalui oleh pelamar, salah satunya adalah wawancara atau interview. Wawancara kerja biasanya terdiri dari dua jenis, yaitu interview HRD dan interview user. Lalu apa sih perbedaan antara keduanya? Dan bagaimana cara mempersiapkan diri untuk menghadapi masing-masing jenis wawancara?

Interview HRD adalah wawancara yang dilakukan oleh Human Resource Development (HRD) atau bagian sumber daya manusia dari perusahaan. Tujuan dari interview HRD adalah untuk mengetahui kepribadian, kelebihan, kekurangan, dan keterampilan komunikasi pelamar. Interview HRD biasanya dilakukan di tahap awal seleksi, setelah pelamar melewati penyaringan berkas atau tes tertulis.

Interview user adalah wawancara yang dilakukan oleh user atau calon atasan langsung dari pelamar di posisi yang dilamar. Tujuan dari interview user adalah untuk mengetahui kemampuan teknis, pengalaman kerja, dan pengetahuan terkait bidang pekerjaan pelamar. Interview user biasanya dilakukan di tahap akhir seleksi, setelah pelamar lolos dari interview HRD.

Berikut adalah beberapa perbedaan antara interview HRD dan interview user yang perlu kamu ketahui:

1. Perbedaan Interview User dan HRD Berdasarkan Orang Yang Mewawancari

Pewawancara pada interview HRD adalah staf HRD yang bertugas untuk merekrut karyawan baru. Mereka biasanya tidak memiliki latar belakang pendidikan atau pengalaman kerja yang sama dengan posisi yang dilamar oleh pelamar. Oleh karena itu, pertanyaan yang diajukan oleh HRD cenderung bersifat umum dan tidak terlalu teknis.

Pewawancara pada interview user adalah user atau calon atasan langsung dari pelamar di posisi yang dilamar. Mereka biasanya memiliki latar belakang pendidikan atau pengalaman kerja yang sama atau relevan dengan posisi yang dilamar oleh pelamar. Oleh karena itu, pertanyaan yang diajukan oleh user cenderung bersifat spesifik dan teknis.

Baca juga: 10 Tips Interview dengan User Agar Diterima

2. Perbedaan Interview User Dan HRD Berdasarkan Waktu Wawancara

Terkait dengan waktu wawancara, biasanya interview HRD lebih dulu dilakukan sebelum interview user. Jadi ketika lolos interview HRD, pelamar akan melalui tahap selanjutnya yaitu interview user.

Waktu wawancara pada interview HRD biasanya lebih singkat daripada interview user. Hal ini karena HRD hanya ingin mengetahui gambaran umum tentang pelamar dan apakah mereka sesuai dengan kriteria yang dicari oleh perusahaan. Waktu wawancara pada interview HRD bisa berkisar antara 15-30 menit.

Waktu wawancara pada interview user biasanya lebih lama daripada interview HRD. Hal ini karena user ingin mengetahui secara detail tentang kemampuan dan potensi pelamar untuk bekerja di posisi yang dilamar. Waktu wawancara pada interview user bisa berkisar antara 30-60 menit.

3. Perbedaan Interview User dan HRD Berdasarkan Tujuan wawancara

Tujuan wawancara pada interview HRD adalah untuk menilai apakah pelamar memiliki kepribadian, sikap, dan motivasi yang sesuai dengan budaya dan visi perusahaan. HRD juga ingin mengetahui apakah pelamar memiliki keterampilan komunikasi, kerjasama, dan penyesuaian diri yang baik.

Tujuan wawancara pada interview user adalah untuk menilai apakah pelamar memiliki kemampuan teknis, pengalaman kerja, dan pengetahuan terkait bidang pekerjaan yang sesuai dengan kebutuhan dan harapan user. User juga ingin mengetahui apakah pelamar memiliki inisiatif, kreativitas, dan solusi masalah yang baik.

Tabel Perbedaan Interview HRD dan Interview User

Agar lebih mudah dalam kamu memahami perbedaannya, berikut ini kitapunya.net sajikan dalam bentuk tabel:

PerbedaanWawancara HRDWawancara Pengguna
TujuanMenguji kemampuan interpersonal danMenguji pengetahuan teknis dan
kecocokan kandidat dengan budayaketerampilan spesifik terkait
perusahaandengan pekerjaan yang
dilamar
PosisiBiasanya dilakukan oleh staf HRDDilakukan oleh pemimpin tim,
atau manajer HRrekan kerja, atau pengguna
langsung dari posisi yang
dilamar
Fokus PertanyaanPengalaman kerja sebelumnya,Pengetahuan teknis, keahlian,
keahlian, kualifikasi, motivasi,pengalaman yang relevan,
dan kepribadiangaya kerja, dan kecocokan
dengan tim
KonteksAwal proses rekrutmen, penilaianTahap lanjutan dalam
awal kandidatseleksi kandidat terpilih
DurasiBiasanya lebih singkat, sekitarLebih lama, dapat mencapai
30-60 menit1-2 jam atau lebih
Pemberi KeputusanHRD atau tim HRTim manajer atau pengguna
langsung
Faktor Keputusan UtamaKecocokan budaya perusahaan,Keahlian teknis dan
kualifikasi umum, dankompatibilitas dengan tim
kepribadian

Cara mempersiapkan diri untuk menghadapi interview HRD dan interview user

Untuk mempersiapkan diri untuk menghadapi interview HRD dan interview user, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan, antara lain:

  • Lakukan riset tentang perusahaan, visi, misi, nilai-nilai, produk atau layanan, serta posisi yang kamu lamar.
  • Siapkan CV dan portofolio kerja yang rapi dan profesional.
  • Latih kemampuan komunikasi dan bahasa tubuh kamu.
  • Pelajari pertanyaan-pertanyaan umum yang sering diajukan saat wawancara kerja.
  • Pelajari kembali materi-materi teknis terkait bidang pekerjaan kamu.
  • Siapkan contoh-contoh situasi atau proyek kerja yang bisa menunjukkan kemampuan dan pengalaman kamu.
  • Siapkan pertanyaan-pertanyaan yang ingin kamu tanyakan kepada pewawancara.
  • Berpakaian rapi dan sopan.
  • Datang tepat waktu atau login lebih awal jika wawancara dilakukan secara online.
  • Tunjukkan sikap positif, percaya diri, sopan, dan antusias saat wawancara.

FAQ Perbedaan Interview User dan HRD

Apa perbedaan antara wawancara user dan wawancara HRD?

Wawancara user adalah proses interaksi antara calon karyawan dengan anggota tim atau manajer yang akan bekerja secara langsung dengan mereka di dalam tim atau departemen. Wawancara ini biasanya lebih fokus pada penilaian kemampuan teknis dan kompetensi yang spesifik untuk posisi yang dilamar. Di sisi lain, wawancara HRD adalah proses interaksi antara calon karyawan dengan perwakilan dari departemen sumber daya manusia. Wawancara ini biasanya lebih fokus pada penilaian aspek kepribadian, keterampilan komunikasi, dan kultur organisasi.

Apa tujuan dari wawancara user dan wawancara HRD?

Tujuan wawancara user adalah untuk mengevaluasi kecocokan calon karyawan dengan tugas dan tanggung jawab yang akan mereka hadapi dalam pekerjaan. Tujuan wawancara HRD adalah untuk mengevaluasi kesesuaian calon karyawan dengan nilai-nilai, budaya, dan kebijakan organisasi serta untuk menilai keterampilan interpersonal dan kepribadian yang dapat berkontribusi pada kesuksesan karyawan di dalam perusahaan.

Siapa yang biasanya terlibat dalam wawancara user dan wawancara HRD?

Dalam wawancara user, anggota tim atau manajer yang akan bekerja secara langsung dengan calon karyawan biasanya terlibat. Mereka memiliki pengetahuan yang mendalam tentang tugas dan tanggung jawab yang akan diemban oleh calon karyawan. Dalam wawancara HRD, perwakilan dari departemen sumber daya manusia, seperti rekrutmen atau HRD, biasanya terlibat. Mereka memiliki pemahaman yang baik tentang nilai-nilai dan kebijakan perusahaan serta memiliki kriteria yang ditetapkan untuk seleksi karyawan.

Apa jenis pertanyaan yang diajukan dalam wawancara user dan wawancara HRD?

Dalam wawancara user, pertanyaan lebih cenderung berfokus pada kemampuan teknis, pengalaman kerja terkait, dan situasi nyata yang pernah dihadapi calon karyawan dalam pekerjaan sebelumnya. Pertanyaan juga dapat berkaitan dengan bagaimana calon karyawan akan menyelesaikan tugas-tugas spesifik yang relevan dengan peran yang mereka lamar. Dalam wawancara HRD, pertanyaan lebih cenderung berfokus pada pengalaman dan kemampuan interpersonal, kepribadian, motivasi, nilai-nilai pribadi, dan bagaimana calon karyawan beradaptasi dengan budaya perusahaan.

Demikianlah beberapa perbedaan antara interview User dan interview HRD yang perlu kamu ketahui sebagai pelamar kerja. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kamu dalam menghadapi wawancara kerja dengan sukses!

Baca juga:

Gambar Gravatar
Tim Editorial KitaPunya.net adalah seorang profesional di bidang Manajemen, Teknologi Digital dan Marketing dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. KitaPunya.net saat ini menjadi situs pendidikan dan karir yang selalu berusaha memberikan inforamasi akurat, terpecaya dan terupdate.