tips interview fresh graduated

Tips Interview Kerja Fresh Graduated Wajib Kamu Perhatikan

Diposting pada 134 views

Tips interview kerja fresh graduated – Mencari pekerjaan bagi fresh graduated merupakan hal yang tidak mudah. Walaupun dirasa banyak sekali lowongan pekerjaan, tapi pelamar diharuskan berkompetisi dengan ribuan pelamar lainnya untuk mendapatkan posisi tersebut. Untuk menjadi yang terpilih dan terbaik tentu saja pelamar harus memiliki kualifikasi sesuai syarat yang dibutuhkan perusahaan. Jika perlu memiliki pengalaman dan prestasi saat berada di kampus merupakan nilai tambah.

Tentu saja setelah mengirim beberapa lamaran pekerjaan di berbagai perusahaan tahap selanjutnya ialah pelamar akan dipanggil untuk melakukan tahap interview atau wawancara dengan HRD/recruiter perusahaan. Sebagai fresh graduated tentu saja mungkin tidak banyak memiliki pengalaman bagaimana menyikapi sesi interview pekerjaan. Maka dari itu simak 10 tips interview kerja untuk para fresh graduated.

Tips Interview Kerja Untuk Fresh Graduated

tips interview kerja fresh graduated

1. Perhatikan penampilan anda

Penampilan merupakan kesan pertama yang ditangkap HRD/recruiter saat anda memasuki ruang interview. Maka dari itu perhatikan penampilan anda mulai dari atas hingga ujung kaki. Gunakan pakaian formal, rapi, dan sopan. Rapikan rambut anda dan untuk wanita sebaiknya gunakan make up yang sewajarnya.

2. Jangan lupa salam, dan berjabat tangan

Saat memasuki ruang interview jangan lupa untuk selalu mengucapkan salam dan menjabat tangan para HRD/recruiter. Untuk memberikan kesan yang professional dan ramah. Untuk menjabat tangan pun tidak sembarang ya. Jabatlah tangan dengan penuh semangat ceria dan rasa hormat.

3. Selalu menjaga sikap saat interview

Hal utama yang sangat penting ialah menjaga attitude/sikap saat interview. Sikap seorang pelamar kerja sangat merupakan penilaian utama para HRD. Jangan arogan dan merasa paling banyak tahu. Ini akan membuat kesan yang kurang baik. Usahakan bersikap selalu rendah hati.

Baca juga : 7 Tips Jawaban Interview Motivasi Kerja

4. Mengetahui perusahaan yang akan dilamar

Hampir seluruh fresh graduated kurang mengetahui persiapan apa saja yang akan dilakukan ketika akan mendatangi interview pekerjaan. Salah satunya yaitu mengetahui informasi mengenai posisi daan perusahaan yang akan dilamar.

Pelamar diwajibkan meriset dan mencari segala informasi terkait hal tersebut karena hal ini merupakan poin penting yang biasanya selalu HRD tanyakan pada pelamar. Hal ini juga bermanfaat agar jawaban yang diberikan juga lebih berbobot.

5. Datang tepat waktu

Sebagai seorang pelamar pekerjaan alangkah baiknya selalu datang tepat waktu. Kedisiplinan merupakan hal utama untuk meningkatkan integritas pelamar. Datanglah paling tidak 15 menit sebelum wawancara berlangsung. Jangan datang terlalu cepat juga agar menghindari rasa canggung.

Baca juga : 10 Tips Interview Kerja Online yang Harus Kamu Perhatikan

6. Mengetahui potensi diri

Mengetahui dengan betul potensi diri. Seorang pelamar terlebih lagi fresh graduated harusnya mengetahui betul potensi, minat, dan bakat hingga prestasi dirinya. Ketika pertanyaan tentang potensi diri muncul, jangan sungkan untuk menjabarkannya tetapi dengan sikap yang baik dan tidak sombong.

7. Perhatikan gestur tubuh

Sebagai fresh graduated tentu saja pertama kali interview adalah sesuatu yang cukup membuat nerveous. Tapi, usahakan sikap grogimu tidak terbawa hingga menghadap para HRD ya.

Kamu bisa berlatih terlebih dahulu di rumah dengan perhatikan gerakan jabat tangan yang yakin, duduk tegak, menghindari menyentuh hidung dan bagian wajah, serta lakukanlah kontak mata karena hal ini merupakan yang sangat penting.

8. Siapkan kebutuhan saat interview

Siapkan segala kebutuhan saat interview seperti beberapa dokumen atau buku catatan yang harus standby. Jangan lupa persiapkan kebutuhan asupan gizi seimbang untuk tubuh agar selalu berstamina dan bersemangat menghadapi wawancara pekerjaan.

9. Percaya diri

Walaupun seorang fresh graduated, sifat percaya diri harus dimiliki. Ini agar menghindari kesalahan atau nerveous saat berada di ruang interview. Kamu dapat menyiapkan segala dokumen, melatih gestur, dan wawasanmu agar kepercayaan dirimu meningkat.

10. Selalu berdo’a dan pantang menyerah

Setelah berusaha semaksimal mungkin, tentu saja semua tak lepas dari ketentuan Tuhan. Kamu telah melakukan sebaik dan semaksimal mungkin untuk melamar pekerjaan yang kamu inginkan.

Tetap berdo’a dan selalu berpikir positif. Jika semua yang kamu lakukan belum terjadi, jangan menyerah dan tetap semangat. Rejeki gak kemana kok!

Baca juga : 10 Tips Berhasil Interview Via Telepon

Gambar Gravatar
Seorang Sarjana Bahasa dan Sastra yang suka menulis. Linked in