tips interview via telepon

10 Tips Berhasil Interview Via Telepon

Diposting pada 136 views

10 Tips Berhasil Interview Via Telepon – Untuk proses interview para pelamar, sebagian perusahaan pun saat ini mayoritas menggunakan wawancara via internet atau telepon.

Tentu saja, untuk kamu yang akan dikabarkan akan interview via telepon jangan terlalu santai, walaupun pewawancara tidak dapat melihatmu secara langsung tapi pastikan persiapanmu tetap optimal seperti akan mengikuti interview langsung.

Nah kali ini kamu bisa simak tips-tips interview via telepon agar interview kamu berhasil dan lancar.

10 Tips Interview Via Telepon

tips interview via telephone

1. Riset profil perusahaan

Pertanyaan yang selalu ada dalam setiap sesi wawancara adalah seberapa kandidat mengerti atau paham dengan perusahaan dan posisi yang ia lamar. Maka dari itu melakukan riset tentang posisi dan profil perusahaan merupakan hal utama yang sangat penting. Kamu bisa riset melalui website perusahaan, LinkedIn, atau media sosial lainnya.

2. Tunjukkan antusias dan semangat

Walaupun interview via telepon, tapi tunjukkan bahwa kamu sangat antusias dan bersemangat. Salah satu tipsnya adalah dengan menggunakan intonasi berbicara yang riang dan tidak terlihat lesu. Jawablah dengan tegas dan berwibawa sehingga pewawancara akan menganggap bahwa kamu menjawab telepon dengan antusias. Gunakan bahasa yang santun dan formal.

3. Jangan terlalu mendominasi percakapan

Jika kamu dipersilakan untuk menceritakan detail seperti data diri atau pengalaman, ceritakanlah dengan singkat, padat, dan jelas. Jangan berbelit-belit yang nantinya malah akan membuat kesan kamu banyak berbicara saat interview berlangsung. Ceritakan ringkas tapi tetap berbobot.

4. Sediakan buku catatan

Pewawancara akan menjelaskan secara panjang lebar mengenai aspek-aspek penting terkait perusahaan maupun posisi yang kamu lamar. Salah satu keuntungan interview via telepon adalah kamu bisa membawa buku catatan yang nantinya dapat kamu gunakan untuk mencatat hal-hal penting agar tidak terlewatkan untuk kamu tanyakan di sesi pertanyaan nanti.

5. Usahakan berada di tempat yang tenang

Saat interview via telepon, usahakan kamu berada di tempat yang sekiranya tidak banyak suara yang mengganggu telepon. Demi interview via teleponmu berjalan dengan lancar dan komunikasi terarah dengan baik, pilihlah tempat yang cukup hening ya agar tidak mengganggu proses interviewmu via telepon. Kamu bisa berada di kamar maupun ruang kerja di rumahmu.

6. Berpikir cepat dan tanggap

Berpikir cepat dan tanggap saat diberikan pertanyaan oleh pewawancara. Hal ini sebenarnya tidak berlaku saat interview via telepon saja tapi juga interview melalui media apapun. Untuk melalui via telepon, saat diberi pertanyaan anda boleh sejenak berpikir tapi jangan terlalu lama dan diam. Jika kamu terlalu lama berpikir dan diam saat telepon berlangsung, dikhawatirkan pewawancara akan kurang tertarik dan malah mengira kamu menghilang dari telepon.

7. Jaga sikap

Jaga sikapmu saat interview via telepon berlangsung. Jangan coba-coba menyela pewawancara saat penjelasan berlangsung. Tentu saja kamu sangat ingin menanyakan beberapa pertanyaan yang telah terlintas di pikiranmu tapi cobalah untuk menahan hingga pewawancara menyelesaikan kalimat terakhir. Kamu juga bisa menanyakan ketika sesi tanya jawab dibuka. Ini akan semakin baik jika kamu menanyakan pada sesi tersebut. Karena tentu saja dalam sesi tanya jawab ada waktunya sendiri.

8. Jangan lupa perhatikan pakaian

Walaupun interview dilakukan via telepon, tapi tak ada salahnya untuk tetap berpakaian rapi dan formal. Ini berguna jika pewawancara memintamu secara tiba-tiba untuk mengganti dengan video call, kamu sudah siap dengan pakaian yang rapi dan siap menghadapi interviewnya.

Baca juga : √ 9+ Tips Saat Interview Yang Perlu Anda Pahami

9. Tanyakan tahap berikutnya

Untuk interview via telepon biasanya akan menjadi sebuah tahap awal sebelum kandidat menjalani tes selanjutnya atau bisa jadi memang interview telepon adalah satu-satunya tahap akhir dalam melamar pekerjaan di perusahaan tersebut.

Maka dari itu kamu wajib menanyakan kejelasan apakah setelah interview via telepon terdapat tahap selanjutnya atau selesai hanya tahap interview via telepon.

10. Ucapkan terima kasih

Jangan lupa selalu memberikan ucapan terima kasih ketika interview telah usai berlangsung. Walaupun terlihat sepele, tapi hal ini sangatlah penting. Ini akan berpengaruh pada penilaian sampai mana tingkat kesopanan pelamar.

Interview via online merupakan salah satu jenis interview yang biasanya kerap kali digunakan para perusahaan. Sebagai pelamar, tentu saja kamu harus tetap memperhatikan hal-hal yang penting untuk mempersiapkan interview via telepon salah satunya adalah 10 tips di atas.

Tak hanya itu, kamu juga diharapkan terus berhati-hati dalam menerima telepon agar tidak terjebak dalam penipuan yang mengatasnamakan perusahaan yang kamu lamar.

Baca juga : 6 Tips Hadapi Interview Bagi Calon Pramuniaga

Gambar Gravatar
Seorang Sarjana Bahasa dan Sastra yang suka menulis. Linked in