tips hadapi interview kepanitiaan
7 Tips Hadapi Interview Kepanitiaan

7 Tips Hadapi Interview Kepanitiaan Agar Diterima

Diposting pada 145 views

7 Tips Hadapi Interview Kepanitiaan – Para mahasiswa sudah tidak asing lagi dengan berbagai kegiatan acara yang diadakan dengan kampus. Biasanya acara-acara tersebut diselenggarakan oleh berbagai organisasi seperti Himpunan Mahasiswa (HIMA) atau Badan Eksektif Mahasiswa (BEM). Berbagai rangkaian acara tak lepas dari kerja keras para mahasiswa yang tergabung dalam kepanitiaan tersebut.

Sebelum mengadakan penyelenggaraan acara tentu saja pihak organisasi biasanya akan membuka open recruitment (oprec) pada seluruh mahasiswa untuk yang berminat bergabung menjadi bagian dari crew dibalik acara yang akan dibuat. Nah dalam proses open recruitment tersebut biasanya ada beberapa tahap yang harus dilalui anggota yang akan mendaftar. Seperti tahap interview. Maka dari itu untuk kamu yang akan mendaftar suatu kepanitiaan, berikut ini 7 tips menghadapi interview kepanitiaan.

7 Tips Interview Kepanitiaan

tips interview kepanitiaan

1. Datang tepat waktu

Salah satu tips ini mungkin akan selalu diterapkan oleh interview apapun tak hanya interview kepanitiaan. Tips untuk para kandidat adalah datanglah sesuai jadwal interview yang ditentukan oleh para koordinator.

Untuk kepanitiaan kampus mungkin akan sedikit fleksibel dan menyesuaikan jadwal kuliah mahasiswa, maka dari itu jika dirasa tidak dapat datang tepat waktu karena berhalangan kelas atau sebab penting lainnya, kamu wajib menghubungi narahubung kepanitiaan yang kamu ikuti.

2. Pilih bidang sesuai keahlian atau kemampuanmu

Pilihlah bidang kepanitiaan sesuai keahlian atau pengalaman yang kamu miliki. Ini bermanfaat agar kamu dapat mudah menjawab pertanyaan selanjutnya yang terkait dengan alasan memilih dan seberapa sering kamu menjadi panitia di bidang tersebut.

Lagipula memilih bidang yang sesuai keahlian atau pengalamanmu akan mempermudah pekerjaanmu dalam kepanitiaan di bidang tersebut.

Baca juga : Cara Berorganisasi yang Baik, Simak 10 Hal Ini

3. Jangan asal pilih bagian kepanitiaan

Untuk kamu yang berniat bergabung di suatu kepanitiaan tentu saja akan dihadapkan dengan berbagai pilihan sie atau bagian jobdesk sesuai minat, pengalaman, dan tentu saja keahlianmu. Beberapa sie yang tersedia biasanya terdapat acara, humas, dokumentasi, perijinan, konsumsi, dan lain sebagainya.

Pilihlah sie yang sesuai dengan keahlian atau pengalamanmu. Saat wawancara berlangsung, kamu akan diberikan pertanyaan alasan kamu memilih bagian tersebut. Berikan alasan yang logis dan sesuai dengan jobdesk kepanitiaanmu. Usahakan jangan menjawabnya hanya karena ingin memiliki pengalaman baru.

4. Jawablah pertanyaan dengan lugas dan percaya diri

Kamu akan dihadapkan dengan beberapa pertanyaan tentang kepanitiaan yang biasanya fokus pada pengalaman kepanitiaanmu selama ini dan bidang yang kamu pilih. Sebaiknya jawablah pertanyaan pewawancara dengan lugas dan percaya diri. Ceritakan pengalaman kepanitiaanmu sebelumnya dengan percaya diri dan jangan lupa eye contact ya.

5. Jangan lupa persiapkan jawaban terbaikmu untuk pertanyaan studi kasus

Biasanya pewawancara akan memberikan studi kasus yang pernah dan biasanya terjadi di sie bagian yang akan kamu ikuti nanti. Untuk menjawabnya kamu perlu mempersiapkan jawaban untuk menyelesaikan masalah tersebut. Usahakan jawabanmu logis dan relevan dengan contoh kasus tersebut.

Baca juga : 10 Tips Interview Kerja Online yang Harus Kamu Perhatikan

6. Jawaban untuk pertanyaan kelebihan dan kekurangan

Dalam interview kepanitiaan biasanya terdapat pertanyaan berupa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Jawablah kelebihan dan kekuranganmu dengan jujur. Untuk kelebihan tidak masalah kamu menonjolkan beberapa kompeten yang kamu miliki yang nantinya akan bermanfaat untuk koordinasi kepanitiaanmu. 

Untuk menjawab kekurangan, jawablah dengan jujur agar koordinator mengerti kekuranganmu yang nantinya dapat dijadikan sebagai evaluasi kepanitiaan maupun untuk evaluasi diri sendiri.

7. Attitude

Sepertinya untuk interview di mana saja dan dengan siapa saja kita harus memperhatikan sikap yang dimiliki. Untuk kepanitiaan, walaupun kamu terlihat lebih senior dan cukup banyak memiliki pengalaman, jangan sombong dan pastikan tetap rendah hati dan menjawabnya dengan santun. Hal ini juga akan mempengaruhimu untuk lolos tidaknya pada suatu kepanitiaan.

Mengikuti sebuah kepanitiaan merupakan hal yang cukup diperlukan untuk setiap mahasiswa, ini karena sebuah kepantiaan merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa untuk melatih berorganisasi maupun sebagai pengalaman sukarela.

Tentu saja untuk bergabung dalam kepanitiaan biasanya terdapat seleksi untuk masuk pada bidang tertentu. Ini agar terciptanya tim yang solid, kreatif, dan bertanggung jawab yang akan membangun acara luar biasa dan bisa berjalan dengan baik.

Baca juga : 7 Tips Jawaban Interview Motivasi Kerja

Gambar Gravatar
Seorang Sarjana Bahasa dan Sastra yang suka menulis. Linked in