tips interview dengan user

10 Tips Interview dengan User Agar Diterima

Diposting pada 139 views

Tips Interview dengan User – Interview user merupakan proses interview yang dilakukan pelamar dengan seseorang yang akan menjadi atasanmu langsung. Jenis interview ini biasanya merupakan tahap akhir setelah interview dengan para HR. Saat interview dengan user inilah kamu harus lebih percaya diri berhadapan dengan calon atasanmu nanti. Tunjukkan bahwa kamu merupakan kandidat yang tepat untuk perusahaan yang kamu lamar.

Untuk menghadapi interview dengan user, kamu juga memerlukan beberapa persiapan dan hal-hal yang harus kamu perhatikan agar kamu semakin maksimal dan interviewmu berjalan dengan baik dan lancar. Lantas apa saja yang harus disiapkan para pelamar untuk menghadapi interview dengan user? Berikut ini tips-tips yang harus diperhatikan dan bisa kamu manfaatkan sebagai referensi sebelum melakukan interview user.

10 Tips Interview dengan User Agar Diterima

tips interview user

1. Tetap tenang dan positif thinking

Hal pertama saat kamu dikabarkan akan interview dengan user yang nantinya bakal menjadi calon atasanmu atau bos mu nanti ialah tetap tenang dan jangan gegabah.

Walaupun dirasa sangat membuat nerveous tapi berusahalah untuk mengurangi hal tersebut agar saat interviewmu nanti berjalan lancar dan kamu tetap fokus. Selalu positif thinking. Toh, kamu masih punya waktu untuk mempersiapkannya.

Baca juga : 10 Tips Berhasil Interview Via Telepon

2. Persiapkan seperti interview sebelumnya

Sama dengan persiapan sebelumnya, untuk menghadapi interview dengan user tetaplah dengan persiapan sama seperti kamu mengahadapi interview dengan HR.  Seperti datang tepat waktu, berpakaian formal dan rapi. Saat interview, masih belum mengerti potensi dan keahlian yang kamu miliki. Maka dari itu jelaskan dengan santun dan jangan terlalu percaya diri.

3. Mengetahui informasi profil maupun posisi yang akan dilamar

Tak jauh beda dengan interview HR, kamu diwajibkan untuk riset informasi mengenai perusahaan dan posisi yang akan kamu lamar. Jika memungkinkan, galilah informasi mengenai user yang akan berwawancara denganmu.

Dengan kamu menggali informasi selengkap dan sedetail mungkin, kamu akan lebih mudah dan percaya diri menjawab segala pertanyaan interview yang diajukan oleh user.

4. Jawab dengan jujur dan terbuka

Saat user menanyakan pertanyaan yang kurang lebih sama dengan pertanyaan yang diajukan interview sebelumnya dengan HR, tentu saja kamu harus menjawab dengan jawaban yang sama dan jujur. Jangan melebih-lebihkan dan mengada-ada jawaban.

5. Bawalah dokumen yang lengkap

Jangan lupa untuk tetap membawa segala dokumen yang lengkap seperti CV, Resume, Portfolio, tanda pengenal, dan berbagai dokumen penunjang lamaranmu. Untuk mengantisipasi apabila dokumen tersebut diperlukan.

6. Jangan sungkan untuk bertanya

Walaupun kamu berhadapan dengan user tapi jika diberi kesempatan untuk bertanya, jangan menyianyiakan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan kepada user langsung.

Kamu bisa mengajukan pertanyaan mengenai perusahaan maupun posisi yang kamu lamar. Tetap gunakan bahasa yang santun dan hormat.

Baca juga : 7 Tips Jawaban Interview Motivasi Kerja

7. Selalu ucapkan salam dan terima kasih

Attitude merupakan nomor satu yang diperhatikan para HR maupun interview dengan user. Selalu ucapkan salam ketika memasuki ruangan interview dan mengucapkan terima kasih ketika meninggalkan ruangan interview.

8. Persiapkan peralatan yang harus dibawa

Siapkan beberapa peralatan yang perlu dibawa seperti peralatan tulis, buku catatan, dan peralatan lainnya untuk persiapanmu interview user. Jangan lupa untuk membawa air minum agar tubuhmu tetap fresh dan mengurangi rasa grogi.

9. Antisipasi pertanyaan mengenai gaji

Pertanyaan tentang gaji dapat dilontarkan oleh siapapun, maka dari itu sebelum interview berlangsung usahakan kamu tetap riset mengenai gaji dengan posisi yang kamu lamar. Ini berguna agar jawaban yang kamu sampaikan tepat dan meyakinkan.  

10. Selalu berdo’a

Semua tak lepas dari kekuatan Tuhan. Tetap berusaha semaksimal mungkin dan pasrahkan semua pada yang maha Kuasa. Jangan lupa untuk selalu berdo’a ketika hendak wawancara maupun menunggu hasil interviewmu. Tetap semangat dan jangan mudah menyerah.

Baca juga : 10 Tips Interview Kerja Online yang Harus Kamu Perhatikan

Nah itu tadi tips interview dengan user. Sebenarnya hal-hal yang dipersiapkan kurang lebih sama dengan interview HR. Tetap utamakan attitude dan kedisiplinan. Jawablah pertanyaan dengan terbuka dan jujur sehingga user lebih mengerti karaktermu melalui interview yang dilakukan. Semoga sukses!

Gambar Gravatar
Seorang Sarjana Bahasa dan Sastra yang suka menulis. Linked in