tips jawaban motivasi kerja

7 Tips Jawaban Interview Motivasi Kerja

Diposting pada 176 views

7 Tips Jawaban Interview Motivasi Kerja – Interview merupakan tahapan yang akan dilalui oleh seorang pelamar setelah tahapan pertama yang biasanya mengunggah CV, Portfolio, dan Resume kepada perusahaan yang akan dilamar.

Sebelum memulai interview biasanya ada hal-hal yang perlu disiapkan mulai dari riset profile perusahaan dan mempersiapkan jiwa dan raga agar tetap sehat. Sebelum menghadapi wawancara pun, pelamar biasanya akan melatih gesture tubuh maupun sikap saat menghadapi seorang recruiter.

Satu hal yang sering dilakukan oleh banyak pelamar adalah mencari tahu bagaimana pola pertanyaan dan tips menjawab pertanyaan-pertanyaan saat interview.

Salah satu pertanyaan yang biasanya muncul pada saat interview ialah “Apa Motivasi Anda Bekerja di Perusahaan Ini?” Walaupun pertanyaan tersebut terkesan sederhana, tapi ternyata untuk menjawabnya cukup rumit. Maka dari itu yuk, simak poin-poin di bawah ini untuk menjawab dengan jawaban yang tepat dan berbobot.

Tips Menjawab Interview Motivasi Kerja

jawaban interview motivasi kerja

1. Hindari karena alasan uang atau gaji

Walaupun motivasi sebenarnya dalam diri anda untuk bekerja di perusahaan tersebut  karena gaji, tapi untuk menjawab pertanyaan motivasi kerja usahakan untuk tidak secara lantang menjabarkan alasan karena gaji.

Berikan alasan yang memiliki kesan pada HRD lebih elegan seperti “Untuk maju dan berkembang bersama perusahaan ini” mungkin menjadi alternatif jawaban yang layak dibanding menjawab karena motivasi gaji.

2. Berusaha semaksimal mungkin memberikan alasan yang jujur

Jawaban yang jujur juga merupakan kunci anda diterima oleh perusahaan. Ini karena motivasi yang jujur akan memberikan kesan yang baik oleh HRD. Seperti alasan bahwa anda memiliki keahlian atau keterampilan yang sesuai dan sejurusan dengan posisi yang anda lamar saat ini.

3. Menunjukkan rasa antusiasme dan semangat yang tinggi

Berikan jawaban untuk pertanyaan motivasi kerja dengan antusias dan bersemangat. Sepandai mungkin rangkailah kalimat jawaban untuk tetap terkesan menarik para recruiter/HRD perusahaan yang kamu lamar.

Seperti pernyataan bahwa perusahaan yang anda lamar dapat memberikan ruang untuk berkarya sehingga potensi yang anda miliki dapat semakin berkembang di perusahaan tersebut.

Baca juga : 10 Tips Berhasil Interview Via Telepon

4. Jawaban yang tangguh dan enerjik

Alasan berikutnya adalah dengan menjawab menggunakan jawaban yang tangguh dan bersemangat. Berikan alasan bahwa anda merasa tertantang dengan bidang yang anda akan tekuni karena terdapat target yang harus dicapai. Jawaban seperti ini biasanya cukup menarik para recruiter/HRD.

5. Jawaban penuh positif dan harapan

Anda juga dapat memberikan alasan mengenai harapan dan hal positif apa yang akan anda berikan pada perusahaan. Alasan seperti ini terkadang cukup logis dan memberikan kesan positif pada recruiter.

Jawaban tersebut dapat anda jelaskan bahwa anda akan memberikan kontribusi yang terbaik dan positif untuk perusahaan dan para rekan kerja sama agar membangun citra perusahaan dan konsumen yang positif.

Baca juga : Tips Lancar Jawab Pertanyaan Saat Interview Kerja

6. Jawablah dengan ringkas dan terhubung

Terkadang beberapa jawaban telah disiapkan dan menarik untuk dijawab dengan panjang lebar. Tapi ketahuilah para recruiter hanya menginginkan inti dari jawaban yang dijawab secara ringkas dan terhubung. Artinya, jangan menjelaskan detail yang kurang penting dan berbelit. Hal ini akan memberikan kesan kurang efisien pada anda.

7. Alasan ambisi yang positif

Anda juga dapat memberikan jawaban interview motivasi kerja dengan ambisi anda. Seperti bahwa anda benar-benar termotivasi untuk bekerja di posisi tersebut karena merupakan passion dan hal yang sangat benar-benar anda ingin tekuni sehingga di perusahaan tersebut anda dapat menimba ilmu baru terkait posisi yang anda tekuni.

7 poin tersebut merupakan alternatif jawaban interview motivasi kerja yang dapat anda gunakan sebagai referensi ketika akan menjalani interview kerja di perusahaan yang anda tuju. Mayoritas pertanyaan mengenai motivasi kerja akan selalu ada dalam sesi interview. Beberapa jawaban di atas tidak harus kamu gunakan ya.

Apabila kamu memiliki jawaban yang lebih menarik dan berbobot tak ada salahnya menjawabnya dengan lugas dan percaya diri. Usahakan tidak memasukkan alasan gaji sebagai jawaban motivasi kerja. Akan ada sesi pertanyaan dan pembahasan mengenai gaji oleh perusahaan. Semangat interview kerja ya!.

Baca juga : 10 Tips Interview Kerja Online yang Harus Kamu Perhatikan

Gambar Gravatar
Seorang Sarjana Bahasa dan Sastra yang suka menulis. Linked in