tips interview kerja online

10 Tips Interview Kerja Online yang Harus Kamu Perhatikan

Diposting pada 122 views

10 Tips Interview Kerja Online yang Harus Kamu Perhatikan – Interview kerja merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Semaksimal mungkin lakukanlah interview kerja dengan baik dan lancar. Jika memungkinkan, persiapkan interview sejauh mungkin dan berlatihlah agar interview yang kamu lakukan dapat berjalan dengan baik dan tentu saja dapat mengurangi rasa grogi.

Interview kerja biasanya dilakukan para HRD dengan bertemu langsung atau tatap muka. Tapi di jaman yang serba canggih ini mayoritas interview dilakukan secara online. Maka dari itu, untuk sedikit membantumu dalam persiapan interview online, yuk simak 10 tips interview kerja online.

10 Tips Interview Kerja Online

tips intervie kerja online

1. Pastikan koneksi internet lancar

Namanya juga online, interview akan dilakukan via internet. Salah satu hal yang paling penting dan cukup fatal ialah memperhatikan koneksi internet. Kamu akan berhadapan dengan para HRD perusahaan atau bahkan yang akan menjadi calon atasanmu nanti. Usahakan saat melakukan sesi tanya jawab internetmu mendukung sehingga tanya jawab berlangsung dengan lancar dan tidak putus-putus.

2. Persiapkan tempat yang baik dan layak untuk interview

Saat interview secara online, kamu juga harus mempertimbangkan tempat mu saat interview. Usahakan tidak berada di tempat yang cukup ramai atau melakukan interview dengan background yang kurang layak. Contoh dengan keadaan kamar yang terlihat lusuh dan kurang rapi penuh dengan pakaian yang digantung. Usahakan gunakan background yang polos.

3. Pastikan pencahayaan yang baik

Masih berhubungan dengan tempat untuk wawancara online, siapkan juga tempat yang memiliki pencahayaan yang baik. Jangan sampai backlight. Usahakan untuk berada pada ruangan dan cahaya yang pas. Jika memungkinkan pasanglah ring lampu di belakang laptop atau lampu kanan kiri untuk memberikan pencahayaan yang pas saat interview kerja online berlangsung.

4. Tetap gunakan pakaian formal dan rapi

Untuk para pelamar yang akan interview online bukan berarti pakaian yang kamu gunakan bebas ya. Usahakan tetap gunakan pakaian ketika kamu akan interview secara offline.

Gunakan pakaian formal rapi dan sopan. Persiapan pakaian dan grooming untuk interview secara online sebenarnya sama dengan interview offline. Tetap berhias diri selayaknya agar terlihat segar dan rapi.

5. Pastikan eye contact

Eye contact merupakan hal yang sangat penting diperhatikan oleh pelamar. Jangan sampai saat interview berlangsung kamu tidak menatap mata pewawancara. Hal ini akan membuat pewawancara merasa tidak dihargai.

Maka dari itu eye contact sangatlah penting di interview online maupun offline. Agar kamu menatap tepat pada pewawancara saat interview online pastikan kamu melihat pada kamera dan bukan pada layar monitor.

Baca juga : 9+ Tips Saat Interview Yang Perlu Anda Pahami

6. Fokus saat interview

Karena interview dilakukan dengan online dan sudah pasti berhubungan dengan internet, pastikan anda saat interview hanya fokus dengan pewawancara.

Jangan mencoba untuk interview secara online dengan beraktivitas lain melalui internet seperti mendownload film, lagu, atau browsing sesuatu yang lain. Ini akan sangat mengganggu interviewmu.

7. Punya rencana lain jika hal tak terduga terjadi

Hal tak terduga yang dimaksud ialah saat koneksi internet kamu terputus-putus, kamu harus mempunyai rencana lain agar interviewmu tetap berlanjut.  

Semisal saat di tengah-tengah interview yang belum selesai tiba-tiba internet terputus, kamu sebaiknya tetap tenang dan pastikan memiliki alamat email atau nomor telepon perusahaan yang kamu lamar sehingga nantinya interview tetap dapat berlanjut melalui email atau metode lain.

8. Latihan sebelum interview kerja online

Jangan lupa sebelum interview dimulai tetap utamakan berlatih. Mulai dari menguasai pertanyaan interview sampai berlatih gesture. Walaupun online, tapi tetap usahakan untuk berlatih agar interview berjalan dengan baik dan lancar.

9. Tunjukkan sikap percaya diri dan semangat

Tunjukkan sikap percaya diri dan antusiasmu. Tataplah para pewawancara dengan dengan wajah yang ceria, tersenyum, dan mencoba tetap percaya diri agar rasa grogimu sedikit demi sedikit berkurang.

10. Siapkan catatan kecil

Keuntungan interview online kamu bisa menyiapkan catatan kecil yang dapat kamu gunakan untuk mencatat hal-hal yang penting berkaitan dengan interview kerja online. Kamu juga bisa mencatat hal-hal yang dapat membantumu saat menjawab pertanyaan. Tapi pastikan jangan terlalu terpaku pada catatan.

Itu tadi merupakan 10 tips untuk interview kerja secara online yang dapat kamu manfaatkan untuk persiapanmu sebelum interview kerja. Tetap semangat dan selalu berdo’a agar interviewmu berjalan dengan lancar dan lolos ke perusahaan yang kamu inginkan.

Baca juga : 10 Tips Berhasil Interview Via Telepon

Gambar Gravatar
Seorang Sarjana Bahasa dan Sastra yang suka menulis. Linked in